Friday, July 1

Yuk Simak 5 Langkah Membuat Keripik Nangka Tanpa Mesin

Buah nangka mempunyai beberapa bagian yang bisa dimanfaatkan, dan terbukti baik untuk kesehatan. Belakangan ini orang-orang mengolah nangka menjadi satu olahan, yang kerap kali menjadi oleh-oleh wisata. Awalnya pasaran masih sepi karena produknya belum banyak yang mengenal. Namun lambat laut olahan keripik nangka ini mulai dikenal di masyarakat, dan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Simak cara pengolahannya berikut ini.

Cara Mengolah Nangka Menjadi Produk Makanan

  1. Persiapkan Bahan-bahan

Buah nangka menjadi tumbuhan yang paling subur di daerah iklim tropis, seperti Indonesia. Karena banyaknya jumlah buah beberapa orang berinovasi, dengan mengolahnya menjadi produk makanan. Pertama anda perlu siapkan buah nangka segar 1 kilogram, dan air sirih secukupnya. Kemudian minya goreng sebanyak 2 liter, garam 75 gram, serta gula pasir sebanyak 150 gram. Terkahir siapkan air 1,5 liter dan peralatan untuk memasak biasanya.

  1. Pisahkan Daging Buah

Pohon nangka dikenal dengan bentuknya yang tinggi, hampir mencapai 80 meter. Buahnya pun terlihat bulat memanjang, dengan beberapa daging di dalamnya. Tekstur buah tidak terlalu lembek, sehingga cocok untuk dijadikan keripik nangka. Untuk mengolahnya anda perlu memisahkan daging buah dengan biji, lalu belah menjadi dua bagian. Tujuannya agar keripik nantinya mudah diolah, dan tidak mudah pecah saat diproses.

  1. Cuci Nangka dan Keringkan

Daging buah nangka sangat licin saat dipegang di permukaan kulit, maka dari itu perlu proses pengeringan. Sebelumnya pastikan anda sudah mencuci buahnya dengan bersih, supaya buah tampak lebih segar. Karena sifat buah nangka yang cenderung basah maka dari itu perlu adanya proses pengeringan. Hal ini bertujuan agar keripiki terasa lebih renyah dan krispi, tidak lembek seperti memakan buahnya.

  1. Goreng Nangka yang Sudah Kering

Butuh waktu hampir 2 hari penuh untuk membuat buah benar-benar kering, sehingga cepat renyah saat diolah. Untuk membuat keripik nangka anda perlu mempersiapkan wajan penggorengan. Setelah itu tuangkan minyak goreng secukupnya, bila perlu sampai memenuhi isi wajan. Panaskan dengan api besar sambil sesekali masukkan buah nangka ke dalam wajan. Pastikan buah tenggelam ke dalam minyak lalu masak hingga matang dan kering.

  1. Tiriskan Hasilnya

Jika warna buah nangka sudah kecoklatan dan terasa kering, segera angkat dari penggorengan. Setelah tidak ada lagi buih yang muncul segera tiriskan, di dalam wadah terbuka. Apabila keripik terlihat sudah dingin baru masukkan ke dalam toples, atau bungkus di dalam plastik.

Mengolah buah nangka menjadi aneka makanan sepertinya sedang menjadi tren. Hal ini dibaca para pebisnis kuliner sebagai sebuah peluang. Bahkan mereka berhasil mendirikan outlet oleh-oleh, yang menjual aneka olahan nangka. Akhir-akhir ini yang menjadi sorotan ialah keripik dari buah nangka. Selain rasanya yang manis legit dan terasa renyah, cara pembuatannnya cukup mudah.