Friday, July 3

Tempat Wisata Muslim Portugal Timur yang Terkenal

Kira-kira apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar nama kota Portugal? Pasti tokoh sepakbola yang mendunia, Christiano Ronaldo. Selain ada tokoh yang mendunia, keindahan Portugal menjadi sisi yang menarik bagi wisatawan dunia. Seiring berkembangnya wisata muslim, Portugal juga mulai mengikuti perkembangan tren wisata tersebut.

Paket wisata muslim Portugal timur mulai dikembangkan untuk menyediakan perjalanan khusus yang halal dan muslim friendly. Saat Anda mengambil paket tur wisata dengan menggunakan travel dari https://www.hayatuntour.com/ sempatkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata muslim Portugal Timur berikut ini.

Tempat Wisata Muslim Portugal Timur

  1. Lisbon Central Mosque

Lisbon merupakan ibukota negara Portugal yang terkenal akan arsitektur kotanya yang indah. Kawasan ini merupakan salah satu kota tertua yang ada di Eropa. Menariknya, arsitektur kota ini memiliki gaya Eropa kuno dengan jalan-jalan berbatu indah di setiap gang-gang kecilnya. Tingkat keamanan kota ini terbilang bagus sehingga ketika Anda jalan-jalan di Lisbon tak perlu memikirkan adanya kriminalitas.

Saat Anda mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk berkunjung ke Lisbon Central Mosque yang merupakan pusat kegiatan umat Islam di kota Lisbon. Masjid ini merupakan yang terbesar di Portugal. Menariknya, masjid ini memiliki arsitektur modern bergaya metropolitan yang kemewahannya mampu menyaingi bangunan-bangunan di sekitarnya.

  1. Menara Belem

Menara Belem merupakan artefak peninggalan masa kejayaan Portugal saat mengusai jalur perdagangan di laut. Menara ini dibangun sekitar abad ke-15. Menara sekaligus benteng ini memiliki tinggi 30 meter dan menjadi bangunan pertama yang terlihat ketika melakukan perjalanan dari laut menuju daratan Portugal. Menara ini mulai dibuka jam 9 pagi. Namun, setiap hari Senin akan tutup untuk perawatan dan pembersihan.

  1. Masjid Associacao Islamica de Madeira

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang wajib Anda kunjungi ketika pelesir ke Portugal. Pasalnya, bangunan ini terletak di pulau Madeira yang merupakan tanah kelahiran pesebakbola dunia Christiano Ronaldo. Meskipun umat muslim di pulau ini merupakan minoritas, namun mereka mendapatkan perlakuan yang baik dari masyarakatnya maupun pemerintah.

Seperti pembangunan masjid ini, pemerintah setempat memberikan bantuan untuk kelancaran pembangunannya. Pada saat bulan Ramadan tiba, masjid ini tidak pernah sepi oleh jamaahnya, terutama saat mulai imsak dan saat menjelang maghrib. Jalinan silaturrahmi antar agama terbilang baik. Setiap umat beragama hidup saling berdampingan dan menghormati.

  1. Restaurante O Assador Halal

Kuliner suatu negara yang telah dikunjungi wajib dicicipi untuk menambah pengalaman Anda dan memberikan kesan mendalam terhadap negara tersebut. Slah satu tempat makan halal di negara Portugal yaitu Restaurante O Assador Halal. Negara ini berbatasan langsung dengan berbagai negara Islam sehingga makanan-makanan halalnya pun dipengaruhi oleh negara sekitar.

Pada restoran tersebut menyajikan berbagai menu halal khas Maroko seperti Tagine, B’ssara dan Couscous. Tidak hanya restoran ini saja yang menyediakan menu halal bergaya Maroko, ada MK halal dan Sublime Halal yang keduanya juga menyediakan menu-menu yang dapat dinikmati kaum Muslim. Selain itu, ada juga restoran India yang menyediakan menu halal seperti Zaafran, Taste of Punjab, Star Kebab dan lainnya.

  1. Monumen Discovery

Monumen Discovery merupakan salah satu patung peringatan yang ada di kota Lisbon, Portugal. Monumen ini berfungsi untuk mengenang masa penjelajahan yang pernah dilakukan oleh penjelajah Portugal pada abad 15 hingga 16. Portugal dahulunya pernah menjadi kaum penjelajah yang tidak tertandingi.

Bangunan ini digagas pada tahun 1939 sebagai mercusuar sementara dan digunakan sebagai simbol idealis penjelajah Portugis pada masa Estado Novo Antonio. Kemudian dihancurkan karena tidak diformalisasi dan dibangun ulang pada 1958. Hingga saat ini, monumen ini masih berdiri dengan kokoh sebagai ikon tempat tersebut.

  1. Istana Monserrate

Istana Monserrate tidak seperti kastil-kastil lain di Portugal. Menariknya dari istana ini adalah gaya arsitekturnya memiliki sentuhan Islami. Ukiran-ukiran yang menghiasinya bergaya Arab dan India yang mencolok dan membuatnya menarik setiap pengunjung yang mendatanginya. Selain itu, yang menambah keindahan istana ini adalah adanya taman yang ditanami berbagai macam tumbuhan dari berbagai belahan dunia.

  1. Oceanarium Lisabon

Lisbon tidak hanya memiliki keindahan yang mengagumkan, namun juga terdapat Oceanarium Lisabon. Bangunan ini merupakan akuarium indoor terbesar di Eropa. Saat berkunjung ke Portugal, pastikan untuk mengunjungi tempat yang mengagumkan ini. Tidak hanya dapat melihat berbagai macam hewan-hewan laut saja, namun Anda juga dapat melihat berbagai tanaman dan burung-burung yang dilindungin di tempat ini.