Thursday, November 26

7 Halaman Penting Yang Harus Anda Tahu Untuk Hadirkan Website Bisnis Terbaik

Salah satu hal yang dapat membuat profil bisnis terlihat meyakinkan, adalah dengan adanya informasi valid yang dimuat di website resmi. Karena itulah, membuat website perusahaan saat ini dinilai sangat penting, karena mampu membuat konsumen merasa lebih percaya. Untuk membuat website bisnis terbaik, pastikan untuk menambahkan tujuh halaman penting di website berikut.

Halaman yang harus Ditambahkan agar Website Bisnis Lebih Baik

  1. Contact Us (Hubungi Kami)

Fitur satu ini merupakan halaman yang bisa anda tambahkan di website online bisnis anda. Contact us menjadi salah satu metode untuk menyampaikan informasi yang valid mengenai perusahaan anda. Umumnya, contact us akan berisikan beberapa informasi mengenai letak dan alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, dan juga seluruh akun sosial media milik perusahaan.

Contact Us menjadi fitur pelengkap, untuk membuat konsumen lebih mudah dapat menjangkau dan berinteraksi langsung dengan perusahaan bisnis milik anda. Untuk membuat halaman inipun, tidak memerlukan proses yang sulit. Di dalam fitur ini, terdapat formulir kontak yang dapat memudahkan klien untuk menghubungi perusahaan langsung, tanpa melalui proses yang berbelit-belit.

  1. About Us

Profil usaha dengan informasi yang sangat jelas dan rinci, akan meningkatkan kepercayaan klien terhadap penggunaan jasa perusahaan bisnis anda. About Us biasanya berisikan tentang sekilas tentang perusahaan, latar belakang perusahaan, dan juga visi misi perusahaan yang dijadikan acuan. Anda juga bisa menambahkan kata kunci khusus, agar perusahaan anda dapat muncul di halaman depan, pada saat dicari.

Adanya fitur about us juga menjadi satu ciri website bisnis terbaik. Karena, anda bisa menyebutkan staf yang terlibat dalam pendirian bisnis ini. Memasukkan nama-nama staf anda membuat peluang perusahaan bisnis anda dikenal menjadi lebih luas. Selain itu, menambahkan beberapa foto juga turut meningkatkan konversi website dan juga kredibilitas website dan perusahaan anda.

  1. Frequently Asked Question (FAQ)

Ketika membaca suatu website, tentunya banyak pertanyaan yang ditanyakan oleh pengunjung mengenai beberapa hal. Namun, tak jarang pengunjung tidak mengetahui kemana mereka harus bertanya. Karena itu, untuk buat website toko online menjadi lebih baik lagi, anda bisa menambahkan informasi mengenai pertanyaan yang sering muncul, atau ditanyakan oleh client.

Keuntungan menambahkan fitur ini adalah, anda tidak perlu lagi mengalami kerepotan untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulang-ulang dari pengunjung website. Untuk fitur yang lebih canggih, anda dapat mengaktifkan halaman Knowledge Base yang berisikan tentang pertanyaan-pertanyaan umum mengenai perusahaan atau jenis layanan yang ditawarkan.

  1. Pricing

Dalam berbisnis, tentunya terdapat harga yang dipatok dan harus dibayarkan pada client ketika menggunakan jasa sebuah perusahaan. Karena itulah, website bisnis terbaik biasanya akan menampilkan bermacam-macam harga dari produk yang ditawarkan. Namun, fitur seperti ini biasanya hanya bisa digunakan pada bisnis produk ataupun jasa dengan penerapan fixed price.

Untuk mempermudah anda dan juga pelanggan, ada berbagai macam model yang dapat anda terapkan terkait informasi mengenai harga ini. Anda bisa memodifikasi halaman pricing, dengan penggunaan tabel ataupun daftar harga. Sehingga, visitor website dapat dengan mudah membandingkan berbagai macam pilihan paket yang anda tawarkan pada bisnis atau website tersebut.

  1. Support (Bantuan Pelanggan)

Untuk membuat layanan anda menjadi lebih maksimal, ada baiknya untuk selalu merespon keluhan-keluhan pelanggan yang masuk terkait dengan penawaran bisnis anda. Untuk bertanya, ataupun melakukan keluhan para pengunjung akan memilih untuk melaporkannya secara langsung melalui telepon atau email resmi yang sudah tertera di website perusahaan atau bisnis anda.

Untuk mengoptimalkan untuk memperbaiki keluhan pelanggan, para pemilik bisnis dapat menggunakan fitur bantuan pelanggan. Meskipun sudah menyediakan fitur FAQ yang berisi kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan, namun tetap saja akan ada pertanyaan yang tidak terjawab atau belum ada pada fitur tersebut, untuk itulah fitur support menjadi penting untuk digunakan.

Halaman bantuan pelanggan, dapat membuat pengunjung situs mendapatkan solusi yang lebih cepat ketika melakukan pengaduan. Hal ini dikarenakan, halaman bantuan pelanggan biasanya dapat berupa formulir kontak, live chat, ataupun forum komunitas. Forum komunitas memungkinkan seluruh user dapat menuliskan atau menjawab pertanyaan langsung mengenai produk dan layanan bisnis.

  1. Kebijakan Privasi

Perkembangan dunia internet semakin maju dan terus berubah secara signifikan, salah satunya adalah banyaknya layanan yang dapat diakses secara digital. Untuk membuat website bisnis terbaik, ada baiknya sebuah situs resmi perusahaan memiliki layanan berupa syarat dan peraturan untuk mengamankan perusahaan dan juga kliennya agar terhindar dari berbagai masalah kedepannya.

Untuk itulah, kebijakan privasi pada website bisnis berlaku sebagai langkah antisipasi adanya kemungkinan timbulnya masalah. Kebijakan privasi ini, berguna untuk melindungi perusahaan maupun klien dari pelanggaran hukum, aturan dan segala ketetapan yang berlaku. Terlebih jika perusahaan anda merupakan salah satu bisnis yang memerlukan data pribadi dan informasi klien.

Dengan memasang fitur kebijakan privasi, menandakan bahwa anda sebagai pemilik bisnis bertanggung jawab secara penuh terkait dengan keamanan informasi yang telah diinput oleh klien. Sehingga, ketika terjadi pelanggaran privasi, maka orang pertama yang harus bertanggung jawab adalah anda sebagai pemegang website resmi perusahaan yang anda miliki.

  1. Terms of Service (Ketentuan Penggunaan)

Website bisnis memang seharusnya memiliki berbagai layanan sesuai dengan yang anda tawarkan. Beberapa contoh layanan tersebut adalah layanan pembelian dan pengiriman ataupun pendaftaran akun baru, dan berbagai layanan lainnya yang menunjang website bisnis anda. Untuk itu, fitur Terms of Service dibutuhkan agar klien memiliki informasi yang cukup tentang layanan bisnis anda.

Halaman Terms of Service adalah fitur yang membahas website bisnis anda dari segi hukum yang berlaku. Meski sama-sama menyinggung kebijakan hukum, namun Terms of Service tidaklah sama dengan kebijakan privasi. Terms of Service lebih banyak membahas tentang ketentuan atau aturan yang harus dilaksanakan oleh klien ketika menggunakan layanan bisnis anda.

Website bisnis, menjadi salah satu tolak ukur yang dapat dilihat klien untuk menentukan seberapa besar kredibilitas dari penyedia bisnis atau perusahaan. Untuk itu, pembuatan website bisnis seharusnya dilakukan secara optimal agar terlihat lebih profesional. Penambahan ke tujuh fitur diatas dapat memudahkan klien dalam menggunakan jasa atau layanan bisnis yang anda tawarkan.