Thursday, July 9

Desas Desus Mengenai Visa Haji Furoda

Biaya naik haji sebenarnya semakin murah. Memang biayanya setiap tahun naik. Namun, jika dilihat dari tingkat inflasi, sebenarnya biaya haji semakin terjangkau.

Buktinya saja, banyak umat Islam di Indonesia yang mampu daftar haji. Hal ini berbeda sekali jika dibandingkan dengan 10 atau bahkan 50 tahun yang lalu. Orang-orang tua dahulu sering bercerita bahwa untuk bisa berangkat haji, mereka harus jual tanah dan bahkan jual sapi sebanyak belasan ekor.

Berapa biaya haji sekarang? Paling-paling senilai dengan tiga atau empat ekor sapi saja. Jadi, apakah biaya haji lebih murah atau lebih mahal sekarang? Jelas lebih murah.

Ada juga satu bukti lagi. Sekarang, banyak lho yang mau ambil haji furoda. Karena lamanya waktu antrian, maka mereka memilih haji furoda. Memang biaya haji furoda mahal. Namun, jika dibandingkan dengan biaya haji regular 50 tahun yang lalu, biayanya sama saja. Atau bisa juga lebih murah karena layanan yang lebih maksimal.

Namun, apakah Anda benar-benar bisa naik haji tanpa harus antri dengan haji furoda ini? Inilah yang sering dijadikan topik pembicaraan di masyarakat.

Benarkah Haji Furoda Berisiko?

pixabay

Ada yang menyarankan agar berhati-hati memilih haji furoda. Pasalnya, banyak sekali oknum yang bermain. Jika ditanya apakah ada kuota haji furoda tanpa antri, jawabannya ada. Namun, sekali lagi, tetap saja ada oknum yang bermain.

Hal ini sudah terjadi. Sudah beberapa tahun ada rombongan jamaah haji yang tidak jadi berangkat. Padahal, mereka sudah menunggu di embarkasi. Bahkan, ada juga yang sudah transit di sebuah negara.

Lalu, bagaimana sebenarnya? Agar semuanya jelas, Anda perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan haji furoda. Apakah ini haji resmi?

Jawabannya resmi. Bahkan sangat resmi. Pasalnya, haji furoda ini haji di mana kuotanya sudah disiapkan langsung oleh Kerajaan Arab Saudi. Jadi, pihak Arab Saudi memberikan kuota khusus kepada pemerintah Indonesia untuk memberangkatkan sejumlah jamaah haji tanpa harus antri.

Lalu, kenapa ada yang tertitup dan akhirnya tidak jadi berangkat? Nah, ini yang harus dipahami. Visa haji furoda ini sangat terbatas. Bahkan, biasanya visa ini diberikan berdekatan dengan waktu pemberangkatan. Dan satu lagi. Tidak semua penyelenggara haji bisa mendapatkan visa ini.

Anda harus pahami bahwa haji furoda itu tidak diselenggarakan oleh pemerintah. Memang kuotanya berasal dari pemerintah yang didapatkan langsung dari Kerajaan Arab Saudi sebagai undangan. Namun, penyelenggaraannya mandiri diserahkan kepada penyelenggara perjalanan haji.

Yang jadi masalah adalah perjalanan haji yang mana yang ditunjuk? Di sinilah masyarakat terkadang tidak tahu. Ada oknum yang bermain dan menawarkan haji furoda padahal mereka tidak mendapatkan jatah visa haji furoda.

Karena celah inilah membuat banyak jamaah haji furoda tertipu. Makanya, ada desas desus mengenai haji ini. Bahkan, ada yang menyarankan agar ambil pakat haji regular saja. Meskipun mengantri, ini jauh lebih aman daripada menyerahkan biaya haji Furoda yang tidak sedikit namun ternyata ditipu.

Hati-Hati Agar Tidak Tertipu Agen Perjalanan Haji

pixabay

Dari penjelasan tersebut di atas, ada dua kesimpulan yang harus Anda pahami. Yang pertama, haji Furoda itu ada dan resmi. Visa haji furoda diberikan langsung dari Kerajaan Arab Saudi sebagai undangan khusus.

Yang kedua, penyelenggaraan haji furoda dilakukan oleh penyedia jasa perjalanan haji, bukan pemerintah. Jadi, sebenarnya mudah sekali agar tidak tertipu dengan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Yang paling penting adalah mencari biro perjalanan haji furoda yang sudah ditunjuk oleh pemerintah, dalam hal ini Departemen Agama. Cari tahu di website Depag biro perjalanan haji mana yang mereka tunjuk untuk menyelenggarakan haji furoda.

Jika Anda sudah dapatkan, silakan Anda daftar di tempat tersebut. Biasanya, Anda harus menyerahkan uang muka. Karena ini haji khusus tanpa antri, tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan sangat tinggi.

Sebenarnya, Anda bisa langsung berangkat di tahun yang sama dengan tahun Anda mendaftar. Akan tetapi, karena banyaknya yang berminat sementara visa haji furoda itu sangat terbatas, tak jarang calon jamaah haji harus antri dulu selama satu tahun. Paling lama biasanya satu tahun dari waktu mendaftarkan.

Jadi, itulah yang perlu Anda pahami tentang haji furoda. Ini haji resmi. Bahkan, ini undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi. Yang perlu Anda lakukan hanya memastikan bahwa biro perjalanan haji yang Anda pilih memang terdaftar sebagai agen perjalanan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan haji furoda.