Thursday, July 9

Cara Transfer Domain Niagahoster Dengan Mudah

Bagaimana sih cara Transfer Domain Niagahoster? Bagi sebagian orang melakukan proses transfer domain merupakan sesuatu yang membingungkan dan tidak semudah yang dibayangkan. Perlu digaris bawahi bahwa transfer domain berbeda halnya dengan transfer ataupun pindah hosting.

Adapun faktor yang membuat banyak orang merasa kebingungan ketika melakukan transfer domain, hal itu tentu tidak lepas dari banyaknya prosedur yang harus dilakukan. Pasalnya banyaknya prosedur yang harus dilakukan ketika melakukan transfer domain bertujuan supaya lebih terjaga keamanannya.

Misalkan domain kalian diibaratkan property yang kalian miliki. Tentu kalian tidak akan membiarkan orang lain atau siapapun dapat memindahkan property kalian dengan mudah. Maka dari dibuatlah prosedur yang begitu panjang untuk mengamankan domain kalian. Sehingga dapat memastikan bahwa yang memindahkan domain tersebut memang benar kalian dan bukan orang lain maupun pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk melakukan transfer domain. Dimana beberapa alasan seseorang untuk melakukan transfer domain diantaranya karena alasan pindah hosting. Sementara alasan lainnya dikarenakan berubah kepemilikan ataupun adanya transaksi jual beli domain.

Terjadinya proses transfer domain terjadi ketika kalian memindahkan registrasi nama domain dari registrar domain kalian ke registrar domain yang lain. Supaya kalian dapat lebih jelas lagi untuk memahami Transfer Domain Niagahoster, langsung saja kaian menyimak beberapa informasi dibawah ini.

pexels.com

Registrar Domain

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa proses transfer domain bisa terjadi apabila kalian memindahkan registrasi nama domain dari registrar domain kalian ke regisstrar domain yang baru atau lainya.

Dari penjelasan tersebut tentu ada diantara kalian yang masih belum tahu atau bingung dengan apa yang dimaksud dengan registrar domain. Registrar domain merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap pendaftaran domain kalian ke pihak ICANN.

Adapun yang dimaksud dengn ICANN adalah pihak yang berwenang untuk mengatur domain internasional. Dengan kata lain semua domain yang ada di seluruh dunia diatur oleh ICANN. Mungkin diantara kalian ada yang masih beranggapan bahwa registrar dan hosting adalah sama.

Berbeda dengan registrar domain, hosting adalah pihak yang menyediakan layanan server seperti web server. Dengan kata lain hosting bertanggung jawab terhadap website kalian baik disk space yang dibutuhkan hingga page load time website kalian. Namun sekarang ini banyak penyedia layanan hosting yang dalam prakteknya juga menjadi registrar domain.

Dimana salah satu penyedia layanan hosting yang juga menjadi registrar domain adalah Niagahoster. Dengan menggunakan Niagahoster tentu kalian dapat dengan mudah menggunakan layanan hosting sekaligus registrar domain. Pasalnya jika terjadi masalah atau sesuatu terhadap registrar domain ataupun hosting, kalian cukup menghubungi pihak support Niagahoster yang siap membantu kalian.

Perlu digaris bawahi bahwa proses transfer domain tidak akan mempengaruhi kondisi website, DNS ataupun email kalian.

pxhere.com

Syarat Transfer Domain

Untuk dapat melakukan proses transfer domain tentu kalian harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melakukan transfer domain Niagahoster. Kalian dapat melihat beberapa persyaratan tersebut yang ada di bawah ini.

  • Persyaratan pertama yaitu untuk dapat melakukan transfer domain, minimal domain kalian telah aktif selama 60 hari.
  • Adapun persyaratan yang kedua adalah domain yang akan ditransfer tidak boleh dalam keadaan terkunci atau harus di unlock terlebih dahulu. Selain itu tidak boleh juga dalam keadaan tidak aktif maupun dalam keadaan proses penghapusan.
  • Untuk melancarkan proses transfer domain maka kalian harus memasukan kode EPP dengan benar. Dimana kode EPP biasanya terdiri dari 6 sampai 16 karakter.
  • Syarat lainya yaitu menggunakan nama kalian, nama perusahaan dan juga lamat email yang sama dengan yang kalian gunakan pada saat mendaftar domain.
  • Persyaratan lainya adalah menonaktifkan WHOIS Privacy Protection.
  • Adapun persyaratan yang tidak kalah penting dalam melakukan transfer domain yaitu melengkapi dokumen penting bisa berupa KTP, SIUP bahkan akta perusahaan.

Cara Transfer Domain Niagahoster

Setelah melengkapi semua persyaratan seperti yang sudah dijelaskan diatas selanjutnya kalian bisa memulai melakukan Transfer Domain Niagahoster dengan mengikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama-tama kalian harus mengunjungi halaman niagahoster.co.id/transfer-domain. Di halaman tersebut nantinya kalian akan diminta untuk memasukan domain website kalian terlebih dahulu.
  • Jika kalian sudah memasukkan nama domain kalian yang akan kalian transfer ke Niagahoster. Selanjutnya kalian klik tombol transfer domain.
  • Setelah itu kalian masukkan kode EPP yang terdiri dari 6 sampai 16 digit karakter. Adapun untuk mendapatkan kode EPP, kalian bisa masuk ke member area kemudian pilih menu domain lalu pilih menu transfer diakhiri dengan mengklik tombol get EPP code.
  • Jika kode EPP sudah berhasil dimasukkan langsung saja klik selanjutnya, tunggu sampai proses selesai.
  • Apabila proses selesai ditandai dengan adanya tagihan pembayaran yang harus segera kalian bayar.

Itulah beberapa informasi mengenai bagaimana cara melakukan transfer domain ke Niagahoster. Dengan informasi tersebut semoga dapat menambah wawasan kalian serta dapat dijadikan referensi untuk kalian jika sewaktu-waktu kalian ingin melakukan transfer domain ke Niagahoster. Dengan menggunakan Niagahoster kalian akan mendapatkan layanan hosting dan registrar domain yang berkualitas. Untuk mendapatkan harga beli atau transfer domain murah jangan lupa untuk memasukan Kode promosi niagahoster sebelum melakukan pembayaran untuk mendapatkan diskon up to 75%.