Wednesday, August 12

Mengenal TOEFL iBT

TOEFL iBT (Internet Based Test) merupakan salah satu jenis TOEFL terbaru yang diperkenalkan oleh English Testig System (ETS). TOEFL iBT hadir dengan menggantikan pendahulunya yakni TOEFL PBT (Paper Based Test) dan juga TOEFL CBT (Computer Based Test). Iya meskipun hingga saat ini TOEFL PBT atau juga dikenal dengan ITP ini masih digunakan di Indonesia, namun jenis TOEFL yang diakui diseluruh dunia adalah jenis iBT. Untuk pelaksanaanya, iBT juga tidak mudah bahkan banyak yang mengatakan iBT lebih sulit. Untuk itu perlu adanya persiapan belajar TOEFL sejak dini sehingga nantinya sudah siap saat pelaksanaan TOEFL.

iBT dalam pelaksanaannya tentu berbeda dengan jenis PBT yang mana pada iBT tes dilaksanakan dengan menggunakan komputer yang terhubung secara langsung dengan internet dan setiap jawaban yang diberikan akan direkam oleh komputer dan dikirim secara langsung ke ETS. Adapun dalam pelaksanaannya, TOEFL iBT sendiri memiliki 4 bagian yakni:

  • Reading

Reading merupakan bagian yang terdiri dari 3-5 bacaan dengan 12 – 14 jumlah soal. Adapun waktu pengerjaannya yakni antara 60 sampai 100 menit. Isi dari bacaan tersebut biasanya diambil dari berbagai sumber akademis seperti jurnal, buku pelajaran, artiket, surat kabar, dan lain sebagainya.

  • Listening

Listening sendiri dibagi menjadi dua bagian . Bagian yang pertama yang berisi sekitar 2 -3 perckapan dengan 5 soal. Sedangkan bagian kedua yakni terdiri dari 4 – 6 materi kuliah yang di dalamnya terdapat 6 soal. Adapun waktu keseluruhan pengerjaan bagian listening yang ideal adalah 60 – 90 menit. Adapun dalam hal ini biasanya terdapat percakapan antara 2 orang dan juga diskusi atau penyampaian kuliah. Dalam hal in setiap percakapan hanya diputar satu kali saja dan peserta tidak diijinkan untuk membuat catatan. Untuk itu pastinya Anda harus lebih teliti dalam mencermati bagian listening.

  • Speaking

Bagian selanjutnya yakni speaking yang di dalamnya terdapat 6 soal yang di dalamnya terdiri dari 2 soal independen dan 4 soal terintegrasi. Adapun waktu yang ideal untuk menyelesaikan soal speaking adalah 20 menit. 2 soal pertama pada umumnya akan menuntut peserta untuk membicarakan topik yang diberikan penguji. Adapun topiknya meliputi topik informal yang berputar sekitar pengalaman atau kejadian menarik yang pernah dialami. Kemudian pada soal ketiga dan keempat lebih mengarah pada topik akademis. Adapun untuk dua soal terakhir yakni peserta akan diminta untuk mendengarkan rekaman percakapan.

  • Writing

Pada bagian writing dalam TOEFL iBT, Anda dituntut untuk menyelesaikan 2 soal yang terdiri antara 1 soal terintegrasi yang ideal untuk diselesaikan dalam waktu 20 menit dan 1 soal independen yang ideal untuk diselesaikan dalam waktu 30 menit. Pada umumnya sebelum masuk ke waktu speaking, peserta akan diberikan waktu istirahat antara 5 – 10 menit untuk persiapan. Pada bagian integrasi pada umumnya peserta akan diminta untuk mendengarkan percakapan yang membahas tetang bacaan, selanjutnya peserta diminta untuk membuat tulisan sepanjang 150 hingga 225 kata tentang bacaan dalam percakapan tersebut. Sedangkan pada bagian tersebut peserta akan diminta untuk menuliskan esai sekitar 300 – 350 kata sesuai dengan topik yang diberikan.

Tips Sukses Menakhlukkan TOEFL iBT

TOEFL iBT merupakan jenis TOEFL yang berskala internasional dan nilainya diakui di seluruh dunia karena akan masuk ke dalam website ETS. Secara singkat iBT bisa diartikan sebagai ujian bahasa Inggris secara online. Adapun TOEFL iBT sendiri terdiri dari 4 bagian yaitu reading, listening, speaking, dan juga writing yang harus diselesaikan dalam waktu 4 jam. Selain harus banyak belajar TOEFL sejak dini, ada beberapa tips untuk menakhlukkan TOEFL iBT yang diantaranya sebagai berikut:

  • Reading

Reading adalah sesi yang menyajikan soal yang berupa bacaan dan pertanyaan. Untuk menyelesaikan bagian ini, perhatikan tips berikut:

    • Kerjakan soal dengan tenang dan cermat.
    • Bacalah teks bacaan dengan teknik scanning yakni membaca dengan hati-hati pada kalimat tertentu untuk mengetahui maksud dan inti kalimat tersebut.
    • Identifikasi bagian dan tujuan dari bacaan tersebut sehingga And bisa dengan mudah mamahami isi.
    • Tentukan ide pokok dan poin-poin penting dalam bacaan.
  • Listening

Pada bagian ini peserta akan diminta untuk mendengarkan suara native speaker dari audio. Berikut adalah beberapa tips untuk menyelesaikannya:

    • Pahami ide pokok, poin-poin penting, serta kosakata yang berkaitan dengan ide pokok yang terkandung dalam percakapan.
    • Kenali maksud pembicaraan.
    • Tarik kesimpulan dari percakapan.
    • Kenali arah pembicaraan jika terdapat perubahan topik.
  • Speaking

Speaking merupakan bagian yang akan menguji kemampuan berbicara baik secara langsung maupun yang sudah terkonsep sebelumnya. Perhatikan beberapa tips berikut:

    • Tetap tenang saat berbicara, jangan sampai terbata-bata dan ingin segera menyelesaikan kalimat. Hal tersebut akan membuat artikulasi kalimat Anda menjadi tidak jelas.
    • Tidak perlu bicara panjang lebar yang penting mengarah pada poin-poin penting. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam berbicara, sebab semakin banyak berbicara maka peluang salah akan lebih besar.
  • Writing

Pada bagian ini kemampuan berpendapat peserta akan diuji dengan melalui tulisan. Untuk itu memahami dengan baik tema dari topiik yang dibicarakan tentu akan menjadi modal penting untuk Anda dalam mengungkapkan pendapat dengan baik. Lebih banyak belajar TOEFL akan membantu Anda dalam menyelesaikannya.