Wednesday, January 19

Ini Dia Tips agar Motor tidak Mogok saat Hujan

Pada saat hujan, pemandangan motor mogok merupakan hal yang biasa dan kejadian ini sering terjadi. Pasti akan sebel ketika diguyur hujan tiba-tiba motor mogok di tengah jalan. Apalagi jika air banyak menggenang di jalan. Selain tidak segera sampai di tempat tujuan, mogok karena hujan dapat menurunkan imunitas tubuh juga. Hal ini akan menyebakan kemampuan konsentrasi menurun dan menyebabkan bahaya.

Pastikan untuk menjaga kendaraan bermotor Anda saat hujan tiba tetap dalam keadaan baik. Berikut adalah beberapa tips agar motor tidak mogok saat hujan yang dapat dilakukan sebagai pencegahan.

Tips agar Motor tidak Mogok saat Hujan

  1. Memeriksa penutup busi

Busi merupakan bagian yang penting dalam kinerja kendaraan bermotor dan komponen ini amat mengkhawatirkan ketika terkena air. Hal ini karena ketika busi terendam air hujan, mesin motor tidak dapat dinyalakan sehingga menjadi mogok. Untuk itu, selalu rutin mengontrol tutup busi untuk memastikan busi tidak ada air yang dapat menyebabkan terganggunya kinerja motor.

  1. Memeriksa selang karburator

Selang karburator digunakan untuk mengalirkan bahan bakar dan udara. Jika selain dua material tersebut, maka kinerja mesin motor dapat terganggu bahkan mengalami mogok. Apalagi saat hujan dan banyak tergenang air yang berpotensi merembes pada mesin motor.

Untuk itu, pastikan bahwa selang karburator tidak mengalami kebocoran sehingga air tidak merembes ke dalam mesin yang menyebabkan kemogokan. Lakukanlah perawatan secara rutin pada selang untuk memastikan tidak adanya kebocoran.

  1. Tidak memodif knalpot

Knalpot standar yang merupakan bawaan motor sudah dapat dipastikan sesuai dengan kebutuhan motor baik saat musim panas maupun musim hujan. Untuk itu, selalu gunakan knalpot standar yang ada pada motor karena memiliki sistem pembuangan air yang bermanfaat saat knalpot terkena air. Jika motor-motor yang menggunakan knalpot racing hal ini akan menyusahkan Anda.

Knalpot racing tidak memiliki sistem pembuangan air yang baik seperti knalpot standar. Hal ini akan membuat mesin motor sering mengalami mogok karena air dapat masuk ke dalam mesin.

  1. Mengontrol saringan udara

Saringan udara yang ada pada mesin motor terhubung pada karburator ataupun injektor. Jika pada saringan udara terdapat banyak air, maka akan menyebabkan motor tidak dapat menyala karena komponen pembakaran tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan bahan bakar menjadi tercampur dengan air sehingga tidak dapat dibakar secara sempurna. Akibatnya motor menjadi mogok.

Untuk itu, selalu memastikan bahwa saringan udara bebas dari adanya air dapat menjaga kinerja mesin tetap berjalan dengan baik. Lakukan perawatan dan pengontrolan selama musim hujan pada saringan agar motor tidak mudah mogok.

  1. Rutin memanaskan mesin motor

Mesin motor yang terlalu dingin dapat membuat kinerjanya menjadi menurun dan menyebabkan mudah mogok. Oleh karena itu, saat sering turun hujan lakukan perawatan pada mesin agar suhu pada mesin tetap stabil. Selain itu, sebaiknya menggunakan kick starter saat menyalakan mesin motor untuk membuat kinerja mesin tetap optimal dan terjaga keawetannya.

Bisa juga dengan melakukan kick starter saat motor belum dinyalakan dan dilakukan beberapa kali, kemudian baru menyalakannya. Hal ini untuk memicu pelumas dan bahan bakar dapat mengalir dengan normal dan mesin bekerja secara optimal.

  1. Mengecek gir dan rantai

Gir dan rantai merupakan dua komponen penting yang membuat motor dapat berjalan. Kedua komponen ini menghubungkan antara mesin dengan roda sehingga motor dapat berjalan. Musim yang berganti antara panas dan hujan dapat menurunkan kinerja dua komponen. Apalagi jika sering terkena hujan. Akibatnya akan menjadi berkarat. Selain itu, gir dan rantai yang terlalu kering juga akan mudah terkikis oleh kotoran.

Untuk melakukan perawatannya, Anda dapat mengikuti petunjuk buku prosedur dengan cara download kawasaki vulcan manual. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelumas pada kedua komponen tersebut agar tetap basah dan terhindar dari karat serta pengikisan oleh kotoran yang dapat menyebabkan motor mogok.

  1. Rutin mengecek aki

Aki merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan kendaraan bermotor Anda. Untuk itu, memastikan kinerjanya baik adalah suatu kewajiban. Apalagi saat musim hujan yang rentan akan konslet ketika terkena air. Anda dapat mengamati kedua kutub yang ada pada aki. Jika terdapat warna putih pada sisi-sisi tersebut dapat diperkirakan bahwa air hujan telah merembes ke dalam aki.

Saat air hujan merembes ke dalam aki akan membentuk suatu garam yang dapat menghambat aliran arus listrik pada mesin kendaraan bermotor Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa aki motor tidak terkena air sehingga kendaraan tidak mogok.