Tuesday, May 11

Ketahui 16 Tenses Bahasa Inggris Dan Cara Menguasainya

Salah satu hal yang mungkin sulit dipelajari dalam Bahasa inggris adalah mengenai grammar atau tata bahasanya. Grammar bisa anda mulai pelajari dengn mudah dengan mengetahui 16 tenses yang digunakan dan apa saja yang meliputi grammar dalam Bahasa inggris. Belajar grammar bahasa inggris tentu tidak akan mudah, namun anda bisa mencoba untuk membuat list dan mulai dari yang paling awal bagaimana mempelajarinya. Belajar grammar tidak akan sulit karena akan membuat anda lebih mudah menguasai Bahasa inggris, berikut ini adalah hal hal yang harus anda pelajari dalam grammar.

Macam-macam yang dipelajari dalam grammar :

  1. Pronoun digunakan untuk kata ganti
  2. Noun digunakan untuk kata benda
  3. Verb digunakan untuk kata kerja
  4. Adjective digunakan untuk kata sifat
  5. Adverb digunakan untuk kata keterangan
  6. Determiner
  7. Preposition digunakan untuk kata depan
  8. Conjunction digunakan untuk kata penghubung

3 bentuk dasar dari tenses Bahasa inggris :

  1. Present tense, untuk menyatakan Tindakan saat ini.
  2. Past tense, untuk menyatakan tindak yang sudah terjadi.
  3. Future tense, untuk menyatakan Tindakan yang akan terjadi.
stocksnap.io

Macam-macam tenses dalam Bahasa inggris

  1. Simple present. Bentuk kalimat ini digunakan untuk suatu hal atau tinfakan yang dilakukan berulang ulang dan tidak mengalami perubahan.
  2. Present continuous. Bentuk kalimat ini untuk menyatakan suatu Tindakan yang mengalami kelanjutan.
  3. Present perfect. Bentuk kalimat ini digunakan untuk suatu hal yang terjadi dari dulu sampai saat ini tanpa adanya perubahan.
  4. Present perfect continuous. Bentuk kalimat ini untuk menyatakan suatu hal atau Tindakan yang sedang terjadi sebelum adanya Tindakan lain.
  5. Simple past. Bentuk kalimat ini untuk menyatakan Tindakan yang sudah terjadi.
  6. Past continuous. Bentuk kalimat ini untuk menyatakan Tindakan yang terjadi selama kurun waktu tertentu.
  7. Past future. Bentuk kalimat ini digunakan untuk peristiwa yang telah direncanakan dan digunakan di masa depan ketika waktunya sudah berlalu.
  8. Past perfect. Bentuk kalimat ini digunakna untuk menyatakan hal yang sudah dilakukan di masa yang sudah lalu.
  9. Past perferct continuous. Bentuk kalimat ini digunakna untuk membicarakan suatu hal yang sedang berlangsung sebelum adanya kegiatan lain di situasi tersebut.
  10. Simple future. Bentuk kalimat ini digunakan untuk hal yang akan datang atau belum terjadi.
  11. Future continuous. Bentuk kalimat ini digunakan untuk suatu hal yang akan dilakuka dalam periode tertentu di masa yang akan datang.
  12. Future perfect. Bentuk kalimat ini digunakan untuk menyatakan suatu keadaan dalam periode tertentu di masa depan.
  13. Future perfect continuous. Bentuk kalimat ini dugunakan untuk menyatakan suatu hal yang sudah akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang.
  14. Past Future perfect. Bentuk kalimat yang menyatakan suatu Tindakan yang harus sudah dilakukan dalam periode tertentu di masa yang akan datang.
  15. Past Future continuouse. Bentuk kalimat ini digunakan untuk menyatakan Kembali hal yang akan dilakukan.
  16. Past Future perfect continuous. Bentuk kalimat ini untuk menyatakan hal yang diperkirakan sudah akan selesai dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Semua tenses ini akan mudah anda pelajari jika anda sudah paham dengan strukturnya, untuk lebih memahaminya, anda bisa lakukan tips tips belajar grammar dibawah ini.

stocksnap.io

Bagaimana belajar tenses dengan mudah?

  1. Pahami struktur

Memahami struktur akan memberikan anda banyak sekali manfaat, salah satunya mengetahui bagaimana penggunaan suatu kata. Hendaknya bila anda ingin belajar, anda bisa tulis dan ingat semua rumus dan strukturnya secara perlahan.

  1. Gunakan dalam setiap kalimat

Agar membuat rumus semakin mudah digunakan dan diingat, anda bisa menggunakanya dalam semua kalimat yang anda buat. Dalam percakapan sehari hari atau juga bisa anda gunakan ketika menulis kegiatan harian anda. Dengan Latihan menulis anda akan semakin mudah untuk mempelajarinya.

  1. Banyak membaca

Banyak membaca akan memberikan pemahaman kepada anda mengenai rumus dan struktur kalimatnya sehingga akan sesuai dengan apa yang anda mau. Coba selalu berlatih dan anda akan banyak menemukan cara yang mudah dalam memahami grammarnya. Anda bisa mulai dengan membaca bacaan yang ringan dan mulai mengidentifikasi jenis tenses apa yang ada dalam kalimat tersebut. Dengan hal tersebut, maka anda bisa menguasai semua tenses dengan cara yang sangat cepat.

  1. Perhatikan perubahan kata

Setiap perubahan pada waktu kalimat, akan mengubah kata dalam kalimat itu juga, ketahui perubahan perubahan kata berdasarkan tenses yang digunakan, maka anda akan bisa mengerti bagaimana sebuah kalimat bisa dibuat. Perubahan kata akan sangat besar pengaruhnya pada tense kalimat itu sendiri.

  1. Latihan

Latihan terus menerus dengan berbicara atau menulis dan mengerjakan soal soal yang saat ini banyakk terdapat di internet. Anda bisa mencoba banyak platform gratis yang bisa anda gunakan untuk belajar grammar dan tentu saja itu akan semakin membuat anda jago dalam grammar. Ingat selalu bahwa grammar bukan lagi momok yang menakutkan ketika anda belajar Bahasa inggris.