Friday, July 1

Mengenal Tari Kecak

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budayanya. Salah satu seni dan budaya yang menjadi warisan Indonesia adalah tari yang mana memiliki ciri khas tersendiri di tiap desa. Sebut saja tari kecak berasal dari Bali. Tari kecak ini merupakan sebuah pertunjukkan drama dan tari nusantara yang terkenal hingga ke mancanegara.

Seni tari ini biasanya dipertunjukkan secara massal oleh puluhan bahkan ratusan penari laki-laki yang duduk dengan pola melingkar. Tari kecak ini berasal dari ritual sanghyang yang mana penarinya berada pada kondisi tidak sadar atau kesurupan. Ritual ini merupakan bentuk komunikasi dengan Tuhan atau ruh para leluhur. Kemudian menyampaikan harapan-harapannya pada masyarakta

Lantas tahukah Anda mengapa tarian yang berasal dari  Bali ini dinamakan tari  kecak? Jadi dinamakan tari kecak karena pada saat irama dimainkan, para penari akan mengangkat tangan dan menggerakkan kedua lengannnya. Kemudian para penari tersebut  menyerukkan kata “ cak ke cak ke cak”. Biasanya penari akan mengenakan kostum bermotif kotak-kotak putih hitam, mirip dengan pola papan catur.

Sedangkan jika dalam Ramayana tarian ini digambarkan saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Sehingga selain penari, ada para penari yang memerankan tokoh Ramayana. Mulai dari Rahwana, Hamoman, hingga Sugriwa. Lakon Ramayana dalam pertunjukkan tari kecak ini sendiri diketahui dari tata rias dan para penarinya.