Friday, July 3

Tanaman Herbal di Indonesia

Masyarakat Indonesia sejak dulu terkenal gemar mengkonsumsi obat herbal. Sebelum menggunakan obat dari resep dokter, banyak masyarakat yang lebih dulu mengandalkan obat-obatan herbal dari tanaman khusus obat. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang akar, batang, daun, bunga, hingga bijinya bisa dimanfaatkan sebagai obat atau dijadikan bahan untuk obat alami.

Tanaman ini memiliki ribuan spesies yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. Dalam banyak literatur disebutkan, bahwa ada sekitar 40.000 jenis tanaman obat yang 30.000-nya diyakini ada di tanah air. Sayangnya, pemanfaatan tanaman khusus obat ini masih sedikit sekali dimanfaatkan di Indonesia. Resep obat herbal di Indonesia belum begitu banyak.

Padahal, manfaatnya sangat banyak untuk berbagai keperluan berbeda-beda. Pertama, bagian tanaman digunakan sebagai bahan obat herbal atau jamu. Kedua, dijadikan sebagai bahan utama atau bahan baku obat. Ketiga, bagian tanaman bisa diekstraksi dan kemudian ekstraknya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat atau dijadikan obat khusus.

Kecenderungan masyarakat mengkonsumsi obat herbal dari tanaman khusus obat ini tak lepas dari gaya hidup alami. Apalagi, masyarakat sangat meyaykini, tanaman yang dikonsumsi sebagai obat alami ini tidak akan menimbulkan efek samping yang terlalu signifikan dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Sehingga, sampai sekarang obat herbal masih menjadi andalan banyak orang di Indonesia.

Tanaman Obat Herbal

Tanaman khusus obat ini juga sudah diakui di Indonesia secara resmi. Menurut perundang-undangan di Indonesia, tanaman jenis ini termasuk dalam kelompok tanaman hortikultura. Ada beberapa jenis tanaman yang sudah dinyatakan patut dibudidayakan di Indonesia. Jenis-jenis tanaman tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jahe

Jahe sudah menjadi tanaman herbal yang penting bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Apalagi, jahe sangat mudah ditemukan dan ditanam. Manfaat jahe untuk kesehatan juga sudah sangat terkenal seantero negeri hingga penjuru dunia. Jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan, meredakan  nyeri sendi, menghangatkan tubuh, mencegah iritasi, dan lain sebagainya.

  1. Lengkuas/Laos

Lengkuas atau yang juga populer dengan nama Laos juga merupakan salah satu bumbu dapur yang kerpa menjadi bumbu masakan Indonesia. Selain dijadikan bumbu masakan, lengkuas juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kandungan galangin, beta-sitosterol, flavonoid dan berbagai vitamin di dalamnya mampu mengatasi berbagai peradangan pada tubuh, melawan infeksi, hingga antikanker.

  1. Kunyit

Sebagai bumbu dapur yang populer, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk jamu kesehatan dan kecantikan. Kunyit mengandung senyawa aktif bernama curcumin yang bermanfaat sebagai antirandang dan antioksidan. Kunyit juga mampu menjadi obat herbal penurun kolestrol, menjadi imun, menjaga sistem pencernaan, mengurangi resiko penyait jantung, dan masih banyak lagi.

  1. Kencur

Kencur masih satu keluarga dengan jahe, sehingga banyak orang sulit membedakannya. Selain kegunaannya sebagai bumbu dapur, kencur juga dapat dijadikan salah satu obat herbal untuk megobati berbagai penyakit secara alami. Kencur memiliki berbagai macam manfaat, di antaranya memperlancar haid, mengatasi batuk, diare, meredakan sakit kepala, hingga radang lambung.

  1. Serai

Serai tentu bukanlah tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. Banyak sekali masakan Indonesia yang menjadikan serai sebagai bumbunya. Namun, rupanya serai juga bisa digunakan untuk mengobati banyak masalah kesehatan. Serai mengandung lemak, protein, kalori, karbohidrat, asam volat, vitamin B kompleks, vitamin C dan A, serta masih banyak lagi.

  1. Daun kumis kucing

Daun kumis kucing merupakan salah satu tanaman obatyang dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti ginjal, radang kandung kemih, diabetes, hingga asam urat. Daun kumis kucing juga sangat mudah di temukan di mana saja di Indonesia. Bahkan, tanaman ini bisa ditanam sendiri dan bisa tumbuh dengan baik meski hanya ditanam di sebuah pekarangan kecil.

  1. Daun sirih

Tanaman yang satu ini sudah menjadi tanaman untuk obat tradisional sejak zaman dahulu dan dipercaya mampu mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Daun sirih mengandung vitamin A, B1, B2, dan asam nikotinat. Antioksidan tannin di dalam daun sirih juga mampu mempercepat respon tubuh untuk penyembuhan luka.

  1. Ciplukan

Buah ciplukan memang tidak begitu familiar seperti tanaman untuk obat lainnya. Buah ini dapat ditemukan di pinggir sawah atau pekarangan, bahkan sering dijadikan mainan anak-anak. Padahal, makanannya sangat banyak untuk kesehatan. Buah ciplukan dipercaya dapat menjadi obat bagi penyakit hepatitis, malaria, reumatik, dermatitis, asma, bahkan pereda sel kanker.

Itulah beberapa tanaman yang biasa dijadikan obat herbal dan bisa diolah sendiri di rumah. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk meracik obat-obatan herbal sendiri di rumah, Anda bisa mengunjungi langsung toko herbal Semarang yang terpercaya. Di sini menyediakan berbagai macam varian obat herbal yang asalnya dari berbagai jenis bahan tumbuh-tumbuhan obat yang ada di Indonesia.