Wednesday, January 19

Sudah Tahu Aneka Makanan Burung Kepodang? Yuk Cek Penjelasannya Disini

Terdapat beragam hal yang dapat dilakukan agar burung yang dipelihara dapat memiliki performa yang terbaik. Mulai dari pemilihan kandang dan juga perawatan yang dilakukan setiap hari. Hal lain yang tidak kalah penting adalah mengenai masalah pemilihan jenis pakan yang diberikan kepada burung peliharaan. Berikut ini mari simak aneka jenis makanan burung kepodang yang harus Anda tahu.

Aneka Macam Asupan Makanan untuk Burung Jenis Kepodang

  1. Voer

Voer adalah jenis pakan yang dibuat oleh pabrik untuk berbagai jenis burung yang ada. Setiap kandungan dari voer ini sendiri biasanya juga akan berbeda pula. Jenis makanan untuk burung tersebut juga memiliki banyak kelebihan. Misalnya adalah kandungannya yang kaya akan nutrisi dan juga cara memperolehnya yang mudah. Salah satu opsi yang dapat Anda pilih untuk pakan burung tersebut adalah voer ini.

  1. Buah Buahan

Tak hanya makanan yang dibuat dari pabrik saja, burung peliharaan yang dimiliki juga dapat diberi makan dari bahan yang alami. Makanan atau pakan alami yang diberikan bisa disesuaikan dengan makanan mereka selama di habitat aslinya. Contoh makanan burung kepodang alami yang bisa Anda berikan adalah buah buahan. Jenis buah yang dapat diplih pun terbilang beragam. Misalnya ialah buah yang manis dan segar seperti pepaya dan mangga.

  1. Serangga

Selain buah buahan , makanan untuk burung yang berbulu cantik ini juga dapat berupa serangga. Misalnya adalah jangkrik dan juga ulat jenis tertentu. Pemberian dari serangga pun bisa diatur sedemikian rupa. Contohnya adalah pakan jangkrik sejumlah 2 sampai 3 ekor saat pagi serta 1 sampai 2 ekor saat sore. Pakan berupa ulat bambu  juga bisa diberikan sebanyak 1 ekor dan hanya diberikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu saja.

  1. Biji Bijian

Untuk mempermudah perawatan, pakan berupa voer dapat dipilih untuk burung jenis ini. Namun di habitat aslinya jenis burung tersebut memakan buah buahan dan juga serangga. Jenis makanan lain yang juga dapat sesuai untuk jenis burung ini adalah biji bijian. Masalah variasi makanan burung kepodang pun harus diperhatikan. Hal ini tentu saja dilakukan demi keadaan burung menjadi lebih baik.

  1. Multivitamin

Demi menunjang kesehatan burung peliharaan yang ada, Anda bisa memberikan asupan tambahan berupa multivitamin. Namun tentu saja dosis yang diberikan dapat disesuikan dengan kondisi dan usia si burung. Hal ini dilakukan sebagai upaya perawatan untuk performa dari burung jenis ini. Untuk memperoleh multivitamin yang ada juga terbilang mudah dilakukan saat ini.

Beragam jenis makanan atau asupan dapat diberikan untuk burung yang pandai berkicau ini. Tentu saja pemberian pakan juga diatur sedemikian rupa sehingga tidak akan membaut burung yang ada akan merasa bosan. Tak hanya makanan alami saja, makanan berupa voer buatan baprik juga bisa Anda berikan untuk burung jenis ini beberapa kali dalam kurun waktu tertentu.