Thursday, October 22

Rentetan Sosial Media Paling Popular dan Banyak Digunakan di Dunia

Sosial media yang paling banyak digunakan di dunia tersebut tentu sudah banyak Anda ketahui selama ini karena sering digunakan sehari-hari. Tak apa, kali ini akan diulas kembali mengenai masing-masing jenisnya agar Anda paham peruntukkannya. Selain itu, Anda pun bisa mengunduh ulang jika aplikasi tersebut telah usang. Yuk, baca informasi lengkapnya hanya di artikel berikut ini atau langsung simak pada situs kangsandi.id.

Sosial Media dan Peruntukkannya

Pada intinya sosial media adalah sebuah media online yang menghubungkan antara satu pihak dengan lainnya. Para pengguna sosial media tersebut tak hanya dapat berkirim pesan teks saja, format lain berupa gambar, video, dan audio pun bisa dikirim. Tak harus mengenalnya di dunia nyata, seseorang dari belahan dunia lain pun bisa Anda ajak komunikasi menggunakan perantara sosial media.

Sedangkan untuk peruntukkannya sendiri berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Misalnya saja aplikasi linkedin, selain dapat digunakan untuk mempromosikan suatu perusahaan. LinkedIn pun lebih sering dipakai dalam proses perekrutan karyawan di suatu perusahaan.

15 Sosial Media yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Sebagai bahan informasi, setidaknya ada 15 jenis sosial media yang paling banyak digunakan di dunia. Ulasan masing-masing jenis aplikasi dapat Anda simak pada poin-poin berikut.

1.      LinkedIn

Jika dahulu seseorang akan menggunakan linkedin hanya ketika dirinya akan melamar suatu pekerjaan. Kali ini aplikasi tersebut telah berkembang lebih profesional, dimana para pakar industri akan membagikan berbagai konten terbaiknya. Tak hanya itu saja, para profesional di berbagai perusahaan pun turut menawarkan dan mempromosikan perusahaannya.

2.      Reddit

Minat masyarakat dunia untuk menggunakan aplikasi ini terbukti cukup tinggi. Tak hanya dapat digunakan sebagai aplikasi untuk berkirim pesan dan media, penggunanya pun bisa melakukan diskusi antar anggota. Anda bisa mengajukan pertanyaan pun bisa menjawab beberapa bahan diskusi yang ada di beranda.

3.      Tik Tok

Aplikasi yang berasal dari negara Tiongkok ini banyak digemari masyarakat dunia khususnya generasi millenial. Pengguna sosial media ini memiliki akses untuk berkirim video dengan berbagai bahan editing dan latar belakang musik yang unik.

4.      Pinterest

Tak seperti sosial media lainnya yang mengutamakan keterlibatan aktif antar pengguna. Pinterest lebih mengutamakan nilai estetika dan sarana mempromosikan karya pribadi. Anda bisa menemukan beberapa foto dan desain unik di situs tersebut, untuk selanjutnya melanjutkan ke tahap pembelian atau tidak.

5.      Messenger

Jika sebelumnya aplikasi ini tergabung dengan facebook khususnya dalam hal perpesanan. Kini messenger telah memisahkan diri dan menjadi sosial media sendiri. Beberapa fitur baru seperti pengiriman newsletter, beriklan dan lain sebagainya dapat Anda gunakan setelah mengunduhnya.

6.      Line

Sosial media ini memungkinkan para penggunanya untuk berkirim stiker, berbelanja online, bermain game dan lain sebagainya. Meski banyak digunakan oleh masyarakat dunia, namun sosial media ini lebih popular di Jepang dan beberapa kawasan Asia lainnya.

7.      Instagram

Berbagai konten dapat Anda share dengan menggunakan sosial media yang satu ini. Tak hanya video pendek saja, kini IGTV pun hadir untuk memberikan penawaran yang menarik bagi pengguna. Tak heran jika sosial media ini sangat banyak digunakan di dunia.

8.      Twitter

Sosial media ini lebih menekankan pada informasi real time, dimana antar pengguna bisa saling berkirim informasi seputar olahraga, hiburan, berita, politik dan sebagainya. Hal yang unik dari twitter yakni adanya penggunaan tagar untuk setiap topik pembahasan.

9.      Facebook

Sosial media ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Selain sebagai aplikasi untuk mengirimkan pesan baik teks, audio, dan video. Lazimnya pengguna aplikasi ini akan memanfaatkannya sebagai media untuk mempromosikan dagangannya.

10.  Sina Weibo

Pengguna sosial media ini cukup banyak paska munculnya larangan penggunaan twitter di Cina. Untuk fiturnya sendiri mirip seperti twitter, dimana Anda bisa mengunggah video maupun foto dan akses mikroblogging 140 karakter.

11.  WhatsApp

Aplikasi perpesanan ini banyak digunakan untuk media berkomunikasi baik antar keluarga maupun teman. Jika Anda memiliki bisnis dengan skala menengah ke bawah maka Anda dapat menggunakan API WhatsApp Business. Sedangkan untuk skala besar, whatsapp telah menyediakan aplikasi terpisah berupa WhatsApp Business.

12.  Telegram

Dikenal memiliki keamanan yang tinggi, telegram banyak digunakan oleh masyarakat dunia sebagai media untuk berkirim pesan. Selain itu Anda pun bisa memanfaatkan fitur penyiaran pesan ke pelanggan lainnya dengan jumlah tak terbatas.

13.  Tumblr

Masuk dalam jaringan mikroblogging, hal ini memungkinkan penggunanya untuk bisa berkirim pesan dalam berbagai versi. Selain itu Anda pun bisa menyisipkan link tautan layaknya sosial media pada umumnya. Bagaimana, menarik bukan?

14.  YouTube

Platform yang satu ini semakin menunjukkan tren kenaikan penggunaan. Selain dapat menonton dan mengunduh beberapa video dan tayangan live streaming. Pengguna aplikasi ini pun dapat meninggalkan berbagai komentar maupun berbagi video. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa mengoptimalkannya sebagai media untuk promosi.

15.  WeChat

Terakhir ada aplikasi multifungsi yang banyak digunakan di beberapa kawasan Asia dan Cina. Tak hanya untuk media perpesanan saja, Anda pun bisa menggunakannya ketika akan melakukan reservasi, mentransfer uang, berbelanja online, memsan taksi dan masih banyak fitur lain yang tak kalah saing.

 

Itu dia penjelasan rinci seputar sosial media yang sering digunakan di dunia. Anda bisa memperoleh informasi serupa di kangsandi.id atau sumber lain yang relevan. Semoga bermanfaat.