Thursday, July 9

Persyaratan Mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara Terbaru 2020

Sekolah Tinggi Sandi Negara setiap tahun selalu membuka peluang dan kesempatan bagi putra dan putri bangsa terbaik untuk berkarir di bidang siber atau sandi negara. Setiap tahun, Sekolah Tinggi Sandi Negara memiliki kuota kurang lebih sekitar 100 orang untuk pendaftar di sekolah tersebut. Nantinya para siswa lulusan Sekolah Tinggi Sandi Negara ini akan bekerja di bidang siber.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap dan tuntas apa saja yang menjadi syarat serta kriteria yang ditentukan untuk di terima di sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Sandi Negara. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai syarat-syarat mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara terbaru 2020.

Persyaratan Mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara

Berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap semua syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi untuk dapat mendaftar dan mengikuti seleksi masuk di Sekolah Tinggi Sandi Negara. Ada beberapa syarat secara umum dalam mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara tersebut. Semua syarat ini harus kamu penuhi jika ingin mencoba peruntungan bersekolah di Sekolah Tinggi Sandi Negara. Berikut ini adalah beberapa syarat mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara.

  1. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan warga negara Republik Indonesia dengan dibuktikan memiliki kartu tanda penduduk atau Ktp.
  2. Peserta yang mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara bebas, baik itu laki-laki maupun perempuan jika telah memenuhi syarat dan kriteria yang berikutnya.
  3. Peserta pendaftaran merupakan siswa yang telah lulus dari sekolah SMA dan Madrasah Aliyah dengan jurusan yang diambilnya adalah IPA. Untuk jurusan IPS tidak bisa atau tidak memenuhi syarat untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara ini.
  4. Selain untuk siswa lulusan SMA atau Madrasah Aliyah, siswa yang lulusan sekolah menengah kejuruan atau Smk juga memiliki kesempatan dan peluang untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara dengan catatan seperti yang ada di bawah ini :

–          Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika dengan beberapa jurusan yang diperbolehkan antara lain adalah jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan  dan jurusan Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi.

–          Program Keahlian Telekomunikasi, dengan jurusan atau Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi.

  1. Peserta yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di Sekolah Tinggi Sandi Negara memiliki nilai ujian nasional untuk pelajaran matematika dan bahasa inggris dengan batas paling minimal dari semua nilai tersebut adalah sebesar 80. Nilai yang dipakai adalah untuk nilai yang diperoleh saat semester IV dan juga Semester V.
  2. Calon peserta didik yang mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara telah berusia paling minimal adalah 17 tahun dan usia paling maksimal yang diperbolehkan untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah sampai dengan 21 tahun. Untuk membuktikan usia tersebut pendaftar wajib melampirkan bukti berupa kartu tanda penduduk atau ktp.
  3. Teruntuk pendaftar laki-laki tidak boleh memiliki tato atau bekas tato di bagian tubuh manapun. Serta tidak boleh juga memiliki tindik atau bekas tindik di bagian manapun. Syarat ini terkecualikan bagi pendaftar yang memiliki tato atau tindik karena disebabkan oleh adat istiadat atau agama.
  4. Untuk pendaftar perempuan, hampir sama yaitu tidak boleh memiliki tato atau bekas tato di bagian tubuh manapun. Tidak boleh juga memiliki tindik atau bekas tindik terkecuali di bagian daun telinga.
  5. Peserta pendaftaran belum pernah menikah dan semua peserta menyatakan bersedia untuk tidak menikah terlebih dahulu selama sedang mengikuti program pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara tersebut.
  6. Peserta pendaftaran tidak pernah memiliki catatan buruk studi semisal putus sekolah dikarenakan dropout dari lembaga pendidikan sebelumnya.
  7. Peserta tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan lembaga atau instansi manapun saat akan mendaftar di Sekolah Tinggi Sandi Negara.
  8. Peserta wajib menandatangani kesepakatan dan wajib mengikuti dinas setelah lulus dari Sekolah Tinggi Sandi Negara tersebut.

Persyaratan Administrasi Sekolah Tinggi Sandi Negara

  1. Mengisi formulir resmi dari Sekolah Tinggi Sandi Negara yang telah memiliki materai 6 ribu dan terikat hukum. Formulir atau surat lamaran tersebut ditulis dengan menggunakan tinta berwarna hitam.
  2. Peserta melampirkan foto copy nilai selama semester 4 dan 5 beserta dengan identitas diri di buku laporan hasil belajar yang telah dilegalisir oleh sekolah yang bersangkutan.
  3. Foto copy transkrip nilai ujian nasional yang telah dilegalisir oleh sekolah dan mendapat tanda tangan kepala sekolah.
  4. Surat keterangan konversi skala nilai rapor 10-100 yang telah dilegalisir oleh sekolah dan mendapat tanda tangan kepala sekolah.
  5. Surat keterangan lulus ujian nasional.
  6. SKCK dari polisi sektor setempat.
  7. Surat pernyataan dari peserta pendaftaran dan ditandatangani oleh kedua orang tua serta bermaterai.
  8. Surat keterangan sehat.
  9. Surat keterangan belum menikah.
  10. Foto copy identitas, ktp atau kk.
  11. Pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 cm sejumlah 2 buah foto.
  12. Membayar biaya seleksi sebesar 50 ribu rupiah.

Nah itulah ulasan lengkap tentang beberapa persyaratan Sekolah Tinggi Sandi Negara terbaru 2020, dan kami menyarankan kalian yang ingin ikut seleksi masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara. Mulai sekarang kalian mengikuti agar bimbel stsn dapat dengan mudah lolos seleksi masuk Sekolah Tinggi Sandi Negara.