Thursday, July 9

Resep Rendang Padang

Rendang merupakan salah satu makanan khas dari Sumatera Barat, Indonesia yang menjadi salah satu kuliner paling favorit. Rendang memiliki citarasa yang pedas dan mantab. Olahan yang satu ini merupakan olahan yang dibuat dari daging sapi yang dicampuri dengan bumbu dari bahan rempah-rempah. Rendang dihasilkan dari proses memasak yang berulang-ulang dengan menggunakan santan dan membutuhkan waktu hingga berjam-jam. Bahkan untuk memasak sebuah rendang ada yang membutuhkan waktu hingga 2 atau 3 hari.

Proses memasak rendang memang agak lama, sebab harus menunggu bumbunya menjadi coklat tua atau setengah kehitaman. Olahan semacam rendang dengan bumbu yang lebih sederhana dan masih berwarna cokelat terang disebut dengan kalio. Nah sedangkan rendang, yakni bumbunya lebih lengkap serta dimasak hingga bumbunya sampai berwarna coklat tua.

Di Sumatera Barat atau tepatnya di Padang, olahan rendang sangat mudah ditemui di berbagai rumah makan, sebab olahan yang satu ini merupakan olahan yang sangat khas dari daerah tersebut. Untuk soal rasa, rendang memang memiliki citarasa yang cukup lezat. Bahkan dari beberapa sumber bahwa rendang merupakan salah satu makanan terenak di Dunia.

Apakah untuk menikmati rendang kita harus ke Padang? Tidak kok, bermasa resepmami.info Anda bisa membuat olahan rendang sendiri dirumah dengan citarasa yang tak kalah lezat. Iya beberapa bahan-bahan yang harus digunakan serta cara pengolahan yang tepat akan sangat mempengaruhi citarasa rendang.

Resep Rendang Padang Ala Resepmami.info

Pixabay.com

Siapa sih yang gak kenal dengan masakan khas Padang Sumatera Barat yang satu ini? Iya rendang namanyo. Rendang memang menjadi salah satu olahan khas dari Padang yang sudah dikenal dunia. Tentu bukan karena tampilannya yang begitu wah, melainkan juga citarasanya yang sangat memanjakan lidah. Nah bagi Anda yang ingin mencoba citarasa rendang tapi jauh dari Kota Padang, Anda dapat membuatnya sendiri dirumah loh.

Untuk membuat olahan rendang ala resepmami.info, terdapat beberapa bahan yang harus disiapkan mulai dari daging sapi 1 kg yang telah dipotong kotak dan dikeringkan dengan menggunakan kertas tissue, santan 10 gelas yang diambil dari 3 butir kelapa tua, serai 2 batang yang sudah digeprek, daun kunyit ikat 2 lembar, daun salam 2 lembar, daun jeruk purut 3 lembar yang sudah disobek-sobek, dan asam kandis ½ sdt. Selain bahan tersebut, siapkan juga bahan-bahan untuk pembuatan bumbu uleg yang diantaranya adalah bawang merah 10 siung, bawang putih 6 siung, cabai merah keriting 10 buah, lengkuas 4 ruas jari, jahe 2 ruas jari, pala 1 biji, kemiri 2 butir yang telah disangrai, cengkeh 3 buah, kunyit ½ ruas jari, garam secukupnya, dan lada secukupnya. Setelah bahan-bahannya sudah siap, yuk lanjut memasak rendangnya dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silahkan siapkan bumbu ulegnya dengan cara diuleg semua bumbunya sampai benar-benar halus.
  2. Selanjutnya Anda bisa memasukkan santan kental ke dalam wajan. Panaskan dengan api kecil, dan masukkan bumbu halusnya bersama dengan daun jerukk, daun kunyit, daun salam, asam sandis, dan juga serai. Silahkan aduk seluruh bagiannya hingga tercampur merata. Dan silahkan tunggu hingga santan berubah warna.
  3. Kemudian Anda bisa memasukkan daging sapi, dan aduk sesekali agar dagingnya tidak gosong.
  4. Masak terus dengan menggunakan api yang kecil sampai warnanya coklat kehitaman. Dan jika sudah matang, maka rendang pun siap untuk disajikan.
  5. Anda dapat memasakan olahan rendang ini setiap pagi dan sore selama tiga hari dengan menggunakan api kecil.

Tips Memasak Rendang

Pixabay.com

Memasak rendang memang agak berbeda dengan olahan daging pada umumnya. Diperlukan ketelitian serta ketepatan dalam memasak sehingga citarasa yang khas benar-benar di dapatkan. Anda bisa mendapatkan resep rendang khas Padang dari resepmami.info untuk menciptakan olahan yang lebih lezat. Nah untuk memasak rendang yang lezat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan yaitu sebagai berikut:

  1. Memasak rendang memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu pastikan Anda memotong daging dengan ukuran yang pas sehingga tidak mudah hancur meskipun dimasak dalam jangka waktu yang cukup lama.
  2. Untuk memasak rendang, juga diperlukan bumbu yang begitu banyak salah satunya adalah bagian bumbu ulegnya. Nah agar Anda lebih mudah menguleg bumbunya, Anda dapat memotong kasar bawang merah, bawang putih, jahe, cabai keriting, lengkuas, kemiri, dan cengkeh yang selanjutnya dapat dicincang menggunakan food processor terlebih dahulu. Setelah itu baru Anda dapat menguleg bumbu-bumbu tersebut.
  3. Perlu diketahui juga bahwa olahan rendah tidak harus dihabiskan dalam sekali saja, melainkan dapat disajikan dalam waktu hingga beberapa hari. Untuk itu Anda dapat menyajikan olahan rendang secukupnya saja dan membiarkan sisanya tetap diwajan dan Anda tinggal memanaskannya pagi dan sore.
  4. Selain cara dapat diawetkan selama beberapa hari dengan cara dipanaskan dengan menggunakan api kecil, rendang juga bisa disimpan di dalam kulkas dan dipanaskan setiap akan dihidangkan.
  5. Rendang memiliki citarasa pedas dengan rasa rempah-rempah yang begitu khas. Jadi untuk Anda pecinta masakan pedas, rendang sangat recomended untuk dicoba.