Thursday, October 22

Rekomendasi Makanan untuk Bayi Tumbuh Gigi

Bayi yang baru tumbuh gigi umumnya akan sering mengalami rewel dan akibatnya sering menolak makanan. Hal ini amat alamiah karena mereka merasakan rasa nyeri yang mengganggu. Jadi, jika bayi Anda sedang mengalami hal tersebut, tidak perlu terlalu khawatir. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba memberikan makanan untuk bayi tumbuh gigi berikut ini.

Makanan untuk Bayi Tumbuh Gigi

  1. Buah Dingin

Makanan yang dingin akan mampu mengurangi nyeri pada gusi sehingga bayi akan merasa nyaman. Bayi yang tumbuh gigi biasanya telah berumur lebih dari 6 bulan sehingga dan sudah boleh mendapatkan makanan pendamping ASI. Anda dapat membuat smoothies dari buah-buahan yang telah dibekukan atau memberikan buah-buahan dingin. Cara ini akan membuat bayi mau makan karena nyeri berkurang.

  1. Makanan Bertekstur Keras

Tidak semua bayi akan rewel karena nyeri, sebagian bayi akan merasa gusi mereka gatal sehingga lebih sering menggigit benda-benda yang lebih keras untuk meredakan gatalnya. Untuk itu, Anda dapat menyiasati dengan memberikan makanan yang bertekstur lebih kasar dibandingkan biasanya. Perlu diperhatikan, makanan kasar akan lebih berisiko membuat bayi tersedak. Untuk itu, Anda perlu hati-hati.