Saturday, November 26

Rambutan Rapiah

Dilihat dari bentuknya, rambutan rapiah dengan jenis lainnya tidak memiliki warna yang merah tetapi warnanya hijau kekuningan dengan ukuran yang lebih pendek. Bahkan, bijinya juga berbentuk bulat tidak memanjang seperti biji rambutan lainnya. Terdapat keistimewaan dari buah yang satu ini yaitu rasanya yang manis.

Bahkan, buah rambutan rapiah memiliki permintaan yang tinggi dari masyarakat tentunya dengan harga yang jual tinggi sehingga membuat banyak orang ingin menanamnya sendiri.

Teknik Pembudidayaan Rambutan Rapiah

Siapa sih yang tak ingin mengetahui teknik pembudidayaan rambutan rapiah agar tumbuh subur? Yuk ketahui penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

  1. Bibit Tanaman Berjarak 12-14 Meter

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam teknik menanam rambutan rapiah yaitu dengan memeberikan jarak sekitar 12-14 meter agar akarnya dalam berkembang dengan baik sehingga pohon cepat tumbuh subur. Hal yang harus diperhatikan berikutnya yaitu harus menanam pohon yang sudah berusia 1,5 bulan dengan jarak 10×10 cm.

  1. Kebutuhan Sinar Matahari

Kebutuhan hal yang harus diperhatikan saat menanam rambutan Rapiah yaitu di bawah sinar matahari sehingga akan memenuhi kebutuhan nutrisi cahaya matahari. Nah, jangan lupa tanamlah diĀ  bawah atap yang miring ke bawah sehingga akan lebih mendapat sinar matahari di pagi hari.

  1. Mempersiapkan Lubang Tanam

Berikutnya, janganlah lupa untuk menyiapkan lubang tanaman apabila bibit sudah berusia 1.5 bulan ke lubang dengan ukuran 1 x 1 x 0,5 Meter. Sebelum menanam tanaman tersebut maka kalian harus mengistirahatkan lubang tersebut selama 2 minggu terlebih dahulu.

  1. Perhatikan Lokasi Penanaman dan Suhu Udara Disana

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan lokasi penanaman dan suhu udara yang dapat tumbuh secara optimal yang ditanam dengan ketinggian 500 MDPL. Nah, pohon rambutan rapiah ini sangatlah menyukai iklim basah dengan tingkat curah 1500 sampai 3.000 per tahaunnya.

  1. Merawat Rambutan Rapiah di Awal Penanaman

Hal yang harus diperhatikan yaitu menyiapkan perawatan pohon rambutan agar tumbuh kuat, tidak rentan roboh karena angin ataupun sengatan binatang liar. Selain itu, kalian harus rajin menyiram tanaman dan melakukan pemupukan dengan tepat.

Dari penjelasan di atas maka dapat diketahui teknik pembudidayaan rambutan rapiah yang menjadi kesukaan masyarakat.