Wednesday, August 12

Perut kembung

Meskipun Perut kembung bukanlah suatu penyakit berbahaya, akan tetapi keberadaan nya akan membuat penderita tidak nyaman untuk beraktifitas. Sebenarnya ada beberapa kriteria orang yang cukup berpotensi sering mengalami perut kembung. Siapakah mereka?

Langsung saja berikut ini beberapa kriteria seseorang yang berpotensi mengalami perut kembung:

  1. Gemar mengonsumsi alkohol

Para ahli kesehatan menyampaikan bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi alkohol maupun soda lebih beresiko mengalami masalah perut kembung dibandingkan bukan konsumen. Kedua jenis minuman tersebut memang tidak terlalu ramah terhadap tubuh, sehingga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering.

  1. Kebiasaan makan cepat

Kelompok beresiko selanjutnya ialah orang-orang yang memiliki kebiasaan makan terlalu cepat atau suka makan sambil berbicara. Pola makan seperti ini dapat mengakibatkan terlalu banyak angin yang masuk melalui mulut sehingga menyebabkan perut penuh gas dan terasa kembung.

Selain itu, dampak tidak baik lainnya yakni meningkatkan beban kerja usus sehingga proses pencernaan akan terhambat.

  1. Merokok dengan intensitas tinggi

Untuk merokok, seseorang perlu menghisap rokok berulang kali demi mendapatkan zat-zat yang terdapat di dalamnya. Pada sisi lain, hal ini sangat memungkinkan udara masuk ke dalam perut sehingga menimbulkan kembung.

Oleh karena nya, tidak ada salahnya mengurangi intensitas rokok untuk meminimalisir terjadi masalah perut kembung.

  1. Konsumsi makanan yang tidak higienis

Masih ada beberapa orang yang suka makan sembarangan dan tidak memperhatikan dahulu bagaimana makanan tersebut diolah serta kesegaran bahan yang dipakai. Apabila makanan tersebut mengandung bakteri, salah satu akibatnya ialah perut menjadi kembung.

Pada kasus yang parah, bakteri bisa menimbulkan efek yang hampir sama dengan keracunan. Oleh karena itu, penting meneliti kembali makanan yang akan masuk ke dalam mulut. Pastikan bergizi dan higienis.

  1. Jarang olahraga

Seseorang yang jarang olahraga lebih berpotensi mengalami perut kembung disebabkan gerak pencernaan yang lambat. Jika sudah demikian, maka mulai saat ini biasakan olahraga ringan dan jaga aktifitas tubuh dengan stabil.

Demikian penjelasan lengkap mengenai orang-orang dengan potensi Perut kembung. Semoga bermanfaat.