Thursday, July 29

Penyebab Kelistrikan Motor Mati Total

Sepeda motor yang biasanya digunakan untuk kehidupan sehari-hari terkadang juga bermasalah. Salah satu masalah yang ditimbulkan pada sepeda motor adalah sistem kelistrikannya mati total sehingga menjadi mogok dan tidak bisa menyala.

Tenaga listrik yang terdapat pada sepeda motor akan menyala saat mesin muali dihidupkan. Namun apa jadinya jika sistem kelistrikannya tidak berfungsi atau mati keseluruhan. Pasti akan membuat penggunanya tidak nyaman karena sepeda motor tidak bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Terdapat beberapa penyebab dari kelistrikan sepeda motor yang mati total akan dibahas disini.

4 Penyebab Kelistrikan Motor Mati Total

Sistem kelistrikan pada sepeda motor yang tidak berfungsi mulai dari lampu, mesin, hingga bagian lainnya membuat kendaraan tersebut tidak bisa digunakan. Sepeda motor yang tidak bisa digunakan atau mogok ini karena sistem kelistrikannya tidak berfungsi atau sedang rusak. Diperlukan perbaikan oleh penggunanya agar permasalahan ini dapat diatasi oleh Anda yang misalnya sedang mengalami masalah ini ada beberapa penyebab dari maslaah kelistrikan motor yang tidak berfungsi. Berikut ini adalah ada empat penyebab kelistrikan motor mati total.

1.  Ada Bagian Sekering Terputus

Penyebab pertama dari kelistrikan motor mati total adalah adanya bagian sekering yang terputus. Komponen sekering pada sepeda motor biasanya digunakan untuk mengamankan aliran arus rangkaian listrik yang besar. Apabila kelistrikan dari sepeda motor mati, maka tidak bisa menyalakan sepeda motor. Sama halnya seperti saat menyalakan motor dengan tombol kick start pasti tidak berfungsi dan harus menggunakan selah kaki. Sekering dapat melindungi kabel-kabel yang berada di dalam motor karena dapat menghambat arus yang besar yang menuju aliran lainnya. Aliran kelistrikan dari sepeda motor tidak hanya berada di tombol starter, bagian lampunya juga terdapat sumber kelistrikan. Apabila bagian kelistrikan mamangbengkel.com yang mati total disebabkan oleh sekeringnya, maka dapat diperbaiki di bengkel.

2.      Adanya Korsleting

Pembahasan selanjutnya tentang penyebab kelistrikan sepeds motor mati total adalah adanya korsleting. Sistem kelistrikan pada sepeda motor bisa saja mengalami kerusakan yang disebabkan karena korsleting. Adanya korsleting dapat disebabkan karena komponen kelistrikannya kemasukan air atau kabel yang keluar dan menempel bagian bodi motornya. Sistem kelistrikan yang mengalami korsleting akan menyebabkan sekering terputus. Selain menyebabkan sekering terputus, juga dapat mengakibatkan komponen kelistrikannya mati total.

3.      Rusaknya Spul

Penyebab lainnya mengenai komponen listrik mati total adalah rusaknya spul yang digunakan untuk menyuplai tenaga listrik. Komponen yang mengubah putaran mesin menjadi listrik ini bisa jadi mengalami kerusakan sehingga membuat saluran kelistrikan motor tidak berfungsi. Anda bisa membayangkan apabila spul tersebut rusak maka tidak ada yang merubah putaran mesin menjadi aliran listrik. Bagian ini tidak boleh rusak terutama saat sepeda motor sering digunakan sehari-hari. Jadi, kondisi spul haruas tetap pada performa terbaiknya agar mesin motor dapat tetap menyala dan siap digunakan oleh pemakainnya.

4.     Aki Sudah Soak

Pembahasan terakhir tentang penyebab kelistrikan sepeda motor mati total adalah ada akinya sudah soak. Aki menjadi bagian komponen sepeda motor yang digunakan untuk menyimpan tenaga listrik. Bagian sepeda motor memiliki tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan menyalakan semua lampunya dan semua itu ditampung oleh aki. Bagian ini menampung banyak tenaga listrik sehingga tidak boleh sampai soak. Aki yang hampir soak ini dapat diatasi dengan diberi setrum atau menggantinya saja dengan yang baru. Jadi, kondisi aki yang soak menjadi penyebab terakhir dari kelistrikan motor yang mati total.

Pembahasan mengenai beberapa hal yang membuat sistem kelistrikan motor mati total sudah dibahas dengan beberapa poin yang ada tersebut. Tentunya setelah menyimak penjelasan kami, Anda sudah mengetahui tentang beberapa penyebabnya.