Friday, March 5

Penyebab bayi sering kentut

Kentut merupakan hal yang alami dan wajar dialami oleh semua manusia baik oleh orang dewasa bahkan oleh bayi sekalipun. Dengan kentut maka gas yang ada di dalam perut kita akan terbuang sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat karena gas yang tidak baik untuk tubuh telah keluar melalui kentut. Namun bagaimana jika kentut pada bayi? Bagaimana jika bayi sering kentut apakah normal atau ada kelainan pada bayi? Untuk mengetahuinya maka akan kami bahas penyebab bayi sering kentut dan bagaimana cara mengatasinya pada ulasan berikut di bawah ini.

Berkembangnya sistem pencernaan

Bayi sering kentut pada usia satu bulan merupakan hal yang wajar karena justru jika bayi sering kentut di usia ini maka hal tersebut merupakan tanda bahwa sistem pencernaan bayi tersebut sedang berkembang dengan normal. Karena biasanya sistem pencernaan bayi belum begitu sempurna sehingga ketika bayi menyusu maka sistem pencernaanya tidak mengurai makanan dengan benar sehingga ada gas yang terjebak dalam usus dan menyebabkan bayi menjadi sering kentut untuk mengeluarkan gas tersebut.

Memberi susu dari botol

Memberikan bayi susu dari botol juga dapat menjadi salah satu penyebab bayi sering kentut, hal ini dikarenakan bayi menghirup banyak gelembung yang ada di dalam botol kemudian gelembung tersebut tertelan oleh bayi dan menjadi gas di dalam perutnya. Sehingga gas tersebut otomatis akan dikeluarkan oleh sistem pencernaan melalui kentut.

Karena MPASI

MPASI adalah makanan penunjang ASI, atau makanan lain yang dikonsumsi oleh bayi selain ASI. MPASI yang tidak tepat bisa menyebabkan banyak masalah pada bayi terutama masalah pencernaan, jika terjadi demikian maka anda harus lebih teliti lagi dalam memilih makanan penunjang ASI untuk bayi tercinta anda. karena jika salah memberikan MPASI biasanya efeknya tidak hanya membuat bayi menjadi sering kentut namun juga dapat menyebabkan bayi terjangkit penyakit lain yang hubungannya dengan penyakit pencernaan. Misalnya saja sakit perut, mual, mulas, diare dan lainnya.