Friday, July 3

pengertian hutan

Semenjak masa sekolah, para anak di Indonesia telah diajarkan apa itu hutan. Pengertian hutan ialah tanah luas yang ditumbuhi pohon-pohon (biasanya tidak dipelihara orang). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebut juga ‘tumbuhan yang tumbuh diatas tanah yang luas (biasanya di wilayah pegunungan). Kata kunci dari definisi tersebut ialah kumpulan tumbuhan yang hidup secara alamiah.

Kementrian Perhutanan Indonesia menyebut jumlah hutan di Indonesia mencapai luas 133.300.543,98 hektare pada akhir tahun 2010. Adapun persebaran terbanyaknya ada di provinsi Papua Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Maluku. Seluruh jumlah hutan ini dapat dikelompokkan menjadi 5 jenis, yakni hutan bakau, hutan sabana, hutan musim, bakau, rawa, dan hutan hujan tropis.

Unsur-unsur pada hutan

Menurut Undang-undang Nomor 41 tahun 1999 mengenai kehutanan, beraangkat dari definisi hutan diatas, ditetapkan 4 unsur-unsur yang terdapat dalam hutan meliputi: pertama, adanya kesatuan ekosistem yang artinya terdapat makhluk hidup nan kompleks didalamnya. Kedua, berupa hamparan lahan. Ketiga, didalamnya, terkandung sumber daya alam hayati yang sudah menyatu dengan alam sekitarnya. Terakhir, hutan tersebut mampu memberikan manfaat bagi keseluruhan alam.

Ketika unsur-unsur diatas tadi sudah dipenuhi, maka dapat dikatakan bahwa hutan sudah menjalankan fungsinya dengan baik sebagai ‘paru-paru dunia’. Menghasilkan oksigen yang memadai bagi seluruh manusia yang terus bertambah jumlahnya dan menjaga keseimbangan metabolisme alam.

Unsur-unsur tanaman dalam hutan

Sebagaimana sudah disinggung pada pengertian hutan diatas, hutan merupakan sebuah ladang bagi ekosistem makhluk hidup yang sangat kompleks, baik hewan maupun tumbuhan. Kekayaan hayati tersebut tidak hanya berupa pohon-pohon besar nan menjulang saja, akan tetapi juga semak belukar, tumbuhan paku-pakuan, jamur, rerumputan, dan lain sebagainya. Namun, jenis tanaman ini juga tergantung kepada jenis hutan nya.

Dengan demikian, hubungan antar satu tanaman dengan tanaman lain menjadi tak terpisahkan. Belum lagi dengan seluruh rantai makanan yang terdapat di dalamnya berupa hewan. Demikian penjelasan mengenai pengertian hutan dan penjelasan mengenai unsur-unsurnya yang patut untuk dipelajari oleh para generasi muda. semoga bermanfaat.