Wednesday, September 30

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Dan Aspek Terkait Bisnis

Anda sering mendengar bisnis bahkan sudah menjadi sebuah kata yang umum. Pembahasan bisnis pasti akan berhubungan dengan aktivitas ekonomi, usaha, perusahaan, dan kegiatan apapun untuk mendapatkan profit. Agar lebih memahami apa itu bisnis, beberapa ahli merumuskan pengertiannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini.

Beberapa Pengertian Bisnis Berdasarkan Para Ahli

Cara paling mudah mengetahui sebuah istilah adalah dari asal kata dan arti secara literal. Bisnis adalah kata saduran business dan berhubungan dengan busy. Istilah ini berkembang seiring dengan perubahan kondisi sosial dan ekonomi. Secara harfiah, bisnis adalah aktivitas yang bertujuan untuk memperoleh profit. Namun, arti tersebut dapat diterapkan secara umum untuk kegiatan non ekonomi tetapi masih berorientasi profit.

  • Hooper

Bisnis adalah keseluruhan kegiatan yang kompleks di bidang industri dasar, manufaktur, penjualan, distribusi, perbankan, dan sebagainya.

  • Urwick dan hunt

Bisnis adalah perusahaan yang melakukan kegiatan produksi dan distribusi serta menyediakan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat yang bersedia membeli barang tersebut.

  • Lr dicksee

Bisnis adalah aktivitas utama yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan mengusahakan aktivitas tersebut agar terjadi.

  • Willian spregal

Bisnis adalah aktivitas perusahaan seperti produksi dan penjualan.

  • Steinford

Bisnis adalah institusi yang memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi permintaan masyarakat.

  • Hughes dan kapoor

Bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Masih banyak ahli lain berkontribusi dengan memberikan definisi bisnis. Secara garis besar, pengertian bisnis antara satu ahli dan lainnya tidak jauh berbeda. Masing-masing menggunakan konteks dan perspektif berbeda tetapi tujuan dan maksudnya tetap sama. Bisnis dapat berupa kegiatan, organisasi, individu, perusahaan, dan sistem. Bisnis adalah kata benda meskipun dapat berbentuk kata kerja sesuai dengan konteks dimana bisnis tersebut diterapkan. Definisi tersebut dapat dikembangkan lagi secara spesifik sesuai dengan bidang yang lebih khusus lagi.

Konteks bisnis ada beberapa macam seperti kegiatan atau aktivitas, individu, perusahaan, sistem, organisasi, dan pemerintah. Bisnis sebagai aktivitas berarti fokus ke kegiatan yang sedang dilakukan atau dalam proses untuk mewujudkannya. Contoh kegiatan bisnis adalah penjualan barang dan jasa. Pedagang menjual barang mereka di toko. Perusahaan mengadakan kerjasama penjualan kepada klien dan customer. Dari sudut pAndang ini, bisnis adalah aktivitas apapun yang sengaja dilaksanakan untuk memperoleh keuntungan atau profit.

Bisnis juga berkaitan dengan perusahaan dan individu. Seorang pedagang dikatakan sebagai bisnis karena berperan sebagai entitas yang melakukan kegiatan untuk memenuhi permintaan dan mendapatkan keuntungan. Hal yang sama juga berlaku untuk perusahaan. Entitas bisnis ini berkembang serta mencakup organisasi dan pemerintah.

Konteks lainnya adalah bisnis sebagai sistem ekonomi atau pasar. Bisnis makanan artinya semua entitas dan kegiatan yang terlibat dalam sistem ekonomi makanan. Sistem tersebut mencakup perusahaan, penjual, pembeli, regulasi, proses pembuatan makanan, transaksi keuangan, dan apapun yang berkaitan dengan usaha makanan tersebut.

Secara umum, bisnis memiliki orientasi profit dan keuntungan. Cara paling mudah untuk mengukurnya adalah dengan mata uang atau nominal jumlah uang. Bisnis untung apabila mendapatkan profit dan rugi jika tidak memperoleh profit. Namun, kegiatan dan entitas bisnis juga termasuk organisasi nirlaba dan kemasyarakatan serta pemerintah. Mereka melakukan kegiatan bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan. Keuntungan dan profit yang dimaksud tidak harus dalam bentuk uang. Organisasi memberikan bantuan dan tidak memperoleh imbalan. Ini termasuk kegiatan bisnis tetapi hasilnya adalah profit dalam bentuk nama baik, donasi melimpah, dan lainnya.

Aspek Dan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Bisnis

Bisnis mempunya banyak aspek tetapi sebagian besar berasal dari lingkup ekonomi dan sosial. Bisnis juga berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, keuangan, dan kesejahteraan masyarakat. Beberapa hal terkait bisnis akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

  • Kegiatan ekonomi langsung

Cara paling mudah memahami bisnis adalah melihat kegiatan ekonomi langsung. Contohnya adalah jual pasang alat depot air minum isi ulang. Sebuah usaha isi air minum membutuhkan peralatan agar bisnis bisa berjalan. Mereka membeli alat-alat yang dibutuhkan dari supplier, distributor, atau lainnya yang mampu menyediakan peralatan tersebut. Selain membeli, bisnis juga memberikan jasa instalasi. Ini adalah contoh bagaimana bisnis bekerja secara langsung antara dua pihak yang saling membutuhkan.

  • Distribusi produk dan jasa

Dari contoh tersebut, Anda bisa melihat bahwa terjadi distribusi produk dan jasa. Penyedia alat depot air minum menawarkan produk berupa peralatan untuk bisnis air minum. Mereka berperan sebagai distribusi produk dari produsen utama ke konsumen. Selain itu, produk yang dijual membutuhkan jasa seperti instalasi dan perbaikan. Konsumen membelinya untuk memenuhi kebutuhan yaitu persiapan menjual air minum isi ulang.

  • Pengambangan usaha

Contoh tersebut juga bisa dianalisis dari sudut pandang berbeda. Anda sudah memiliki depot air minum dan melihat peluang untuk menambah alat baru. Agar pengembangan usaha dapat terpenuhi, Anda memesan peralatan tersebut langsung dari mereka yang menyediakannya.

Memahami bisnis paling mudah adalah lewat kegiatan usaha atau jual beli langsung. Setelah mengetahui konsep dasar, Anda bisa mengembangkannya ke bidang dan cakupan lain. Dari transaksi sederhana kemudian berkembang menjadi lebih kompleks karena melibatkan entitas dan kegiatan yang lebih luas.