Monday, September 28

  Jangan Salah, 5 Peluang Usaha di Desa Ini Sangat Menjanjikan

 

Mungkin banyak yang berpikir bahwa membuka usaha di kota lebih baik daripada di desa karena lebih menguntungkan. Faktanya, banyak orang yang terbukti sukses menjalankan usahanya di desa. Jika Anda jeli menangkap peluang dan memanfaatkan kesempatan, sebetulnya banyak peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan, contohnya seperti lima jenis peluang usaha berikut ini.

5 Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Membuka usaha di desa biasanya selalu dikaitkan dengan bertani, beternak, atau berkebun. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena memang kondisi di pedesaan sangat mendukung usaha-usaha yang membutuhkan lahan luas dan cuaca khusus.

Namun, bukan berarti usaha lainnya tidak bisa dikembangkan di desa. Mengingat saat ini masyarakat desa pun sudah jauh lebih maju dibandingkan dahulu, jenis usaha yang bisa dijalankan di desa pun makin beragam. Bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis yang cocok dan menguntungkan jika dijalankan di desa, lima peluang usaha di bawah ini bisa dipertimbangkan.

  1. Pom Bensin Mini

Sekarang, masyarakat desa sudah banyak yang menggunakan sepeda motor untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sayangnya, mereka terkadang mengalami kesulitan ketika harus mengisi bahan bakar karena letak pom bensin terlalu jauh.

Kondisi tersebut adalah sebuah peluang yang sangat bagus untuk membuka usaha pom bensin mini. Jika Anda menemukan masalah serupa di lingkungan sekitar, segera ambil kesempatan ini untuk memiliki usaha sendiri. Agar lebih praktis, Anda bisa memilih cara waralaba. Cukup dengan membayar fee kepada pemilik waralaba, Anda sudah mendapatkan satu paket pom bensin mini lengkap untuk mulai berjualan.

  1. Toko Serba Ada

Di desa maupun kota, kebutuhan masyarakat akan sembilan bahan pokok (sembako) selalu tinggi. Namun, tidak seperti di kota, masyarakat desa terkadang harus pergi ke tempat yang jauh untuk berbelanja. Di desa, pada umumnya hanya ada warung-warung kecil dengan barang yang tidak lengkap.

Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk membuka toko sembako yang agak besar dengan produk yang lebih lengkap. Selain memudahkan masyarakat untuk mendapatkan keperluannya sehari-hari, Anda juga tentunya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena keberadaan toko Anda sangat dibutuhkan.

Agar toko Anda makin laris dan berkembang, sediakan barang-barang yang paling banyak dibutuhkan, tata dengan rapi sehingga toko Anda terasa nyaman untuk berbelanja, dan berikan pelayanan yang ramah dan cepat.

  1. Warung Makan

Meskipun di desa kebanyakan orang tidak sesibuk di kota sehingga masih sempat memasak sendiri, bukan berarti warung makan tidak prospektif. Agar menarik, pilih menu yang jarang dijumpai di masyarakat sehari-hari atau makanan yang cara membuatnya cukup rumit dan membutuhkan waktu lama.

Jika Anda menyediakan menu yang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari dan mudah dibuat, tentu orang akan lebih memilih untuk memasaknya sendiri di rumah. Dengan menyediakan menu-menu spesial, masyarakat akan tertarik untuk membeli makanan yang mereka sukai karena tidak perlu repot membuatnya sendiri.

  1. Pangkas Rambut

Usaha yang satu ini juga menarik dan bisa menguntungkan. Tidak semua orang memiliki keahlian untuk memangkas rambut, padahal semua orang pasti sesekali harus memotong atau merapikan rambutnya. Tingkatkan skill Anda dengan kemampuan memangkas rambut aneka gaya, selalu mengikuti tren yang sedang digemari, dan lengkapi peralatan untuk memotong rambut agar bisa memberikan hasil yang memuaskan pelanggan.

  1. Menjual Kerajinan Khas

Jika di desa tempat Anda tinggal terdapat objek wisata yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi, manfaatkan peluang ini untuk membuka usaha kerajinan khas untuk dijadikan oleh-oleh atau souvenir para wisatawan. Anda bisa membuat sendiri atau mempekerjakan orang yang memiliki keterampilan membuat beragam pernak-pernik. Untuk menarik pembeli, buatlah aneka desain yang menarik dengan harga terjangkau.

Tips Agar Usaha di Desa Cepat Maju

Seperti usaha lainnya, Anda juga perlu melakukan upaya untuk membuat usaha dapat bertahan dan terus berkembang. Untuk itu, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Pilih usaha atau barang yang paling dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Jika tingkat kebutuhannya tinggi, peluang untuk mendapatkan laba lebih banyak juga makin besar.
  • Sesuaikan jenis usaha dengan memanfaatkan potensi desa. Misalnya, jika desa Anda sangat subur, manfaatkan untuk membuka usaha sayur/buah organik.
  • Jika target pembelinya adalah masyarakat setempat, jangan memasang harga yang terlalu tinggi, sesuaikan dengan daya belinya.
  • Manfaatkan jasa advertising seperti Apkreasi untuk membuat media promosi agar usaha Anda makin dikenal.

Nah, ternyata impian untuk memiliki usaha yang maju dan sukses juga bisa diwujudkan di desa. Anda bisa mencoba peluang usaha seperti contoh di atas atau mencari peluang usaha lainnya yang dirasa lebih tepat.