Friday, September 24

Harus Tau Inilah Daftar Oli Yang Bagus Untuk Motor Matic

Motor matic saat ini menjadi banyak pilihan bagi para pengendara motor di Indonesia. Ini karena mudah dan simpel ketika mengendarainya. Asal sudah bisa mengenderai sepeda, pasti sudah bisa dipastikan dapat mengendarai motor matic. Tinggal menyalakan mesin lalu main pada gasnya sedikit kemudian sudah dapat menaiki motor. Jadi tidak susah mengatur kopling atau persneling ketika belajar motor yang manual.

Tetapi di balik semua kemudahan yang ditawarkan oleh motor matic ada yang perlu perhatian yang serius. Terlebih saat pemilihan oli yang bagus untuk motor matic memang berbeda dengan pilihan oli moto manual biasa. Oleh sebab itu kamu perlu memilih oli untuk motor matic kamu dengan tepat supaya motor selalu dalam keadaan yang prima.

Tips merawat motor matic

  1. Memanaskan motor setiap hari

sama dengan kita ketika berolahraga, tentu perlu melakukan pemanasan lebih dulu. Ini sama halnya dengan mesin motor matic juga seperti itu. Mesinnya perlu untuk dipanaskan lebih dulu. Ini bertujuan supaya oli motor dapat menjangkau semua bagian di dalam mesin. Sehingga mesin siap untuk digunakan untuk berjalan-jalan lagi. Lakukan hal tersebut setelah motor sudah lama tidak digunkan. Ketika saat pagi hari setelah semalam motor menganggur. Tidak butuh waktu yang lama hany 4-10 menit saja.

  1. Ganti oli dengan rutin

Sebab mesin motor matic berbasi mesin 4 tak yang seluruhnya tergantung di pelumasan oli mesin maka oli motor ini merupakan hal yang vital. Kamu perlu rajil untukmengecekkeadaan oli motor matic kamu. Biasanya oli motor matic untuk pelumasannya akan di tambah dengan oli tranmisi atau oli gardan. Waktu yang tepat mengganti oli saat motor mencapai jarak tempuh 1000 KM dan untuk oli gardan diganti ketika sudah 2 kali mengganti oli mesin.

  1. Memeriksa aki dan juga busi

Motor matic biasanya memakai pengapian dengan cara eletronik. Sehingga peting untuk mengetahui keadaan aki dalam kondisi kelistrikan serta pengapian motor tersebut tetap bagus. Busi juga perlu diperhatikan kondisinya. Sebab merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk mesin, kamu juga perlu menggantinya dengan berkala.

  1. Menyetabilkan kecepatan gas

Memakai motor matic sebaiknya digunakan dengan kalem. Kamu perlu menyetabilkan gas ketika menggunakannya dalam perjalanan. Selain untuk melakukan berkendara dengan nyaman, dengan menyetabilkan gas akan menghemat penggunana bahan bakar.

  1. Memeriksa V-Belt dan Roller

Komponen tersebut harus kamu perhatikan juga, sebab dua komponen tersebut adalh komponen untuk menyalurkan tenaga mesin untuk memutar roda belakang. Sebab fungsinya yang penting itu kmau perlu juga menggantinya dengan berkala.

Pilihan merk oli yang  bagus untuk motor matic

  1. Oli TOP 1 action Matic Series

Merk oli satu ini adalah pilihan oli yang paling bagus untuk motor matic kesayangan kamu. Memiliki kualitas oli dengan bahan dasar sintetin sudah teruji dan telah mendapatkan komen positif dari berbagai kalangan dan juga komunitas pecinta motor matic. Ini disebabkanoleh kualitasnya yang melebihi spesifikasi standar pelumas pabrikan dengan kadar sintetik yang tinggi.

  1. AHM SPX2

Para pemakai motor matic dari honda tentunga tidak asing lagi dengan mer oli AHM SPX 2. Oli ini merupakan oli mesin yang di khususkan untuk formuasi motor matic khususnya honda. Oli ini adalah oli sintetik yang sangat stabil saat berada di suhu tinggi. Teknologi Honda Visco Improver Technologi telah membuat oli yang awet dan tetap memudahkan kamu untuk menyalakan mesin dengan adanya kandungan cleansing agent mmebuat mesin menjadi tetap bersih.

  1. Yamalube Matic

Untuk penggunaan motor matic, produsen Yamaha memakai oli standarnya yaitu Yamalube Matic. Oli mesin motor matic ini telah di buat khusus produsen Yamaha untuk motor-motor matic dari Yamaha misalnya Mio, Aerox, Xeon RC, Soul GT dan yang lain. Oli ini merupakan jenis oli semi sintetik yang sangat prima untuk bisa menjadi pelumas pada bagian mesin motor matic kamu. Untuk penggantianya harus dilakukan setiap motor jalan 3000 km.

  1. Castrol Scooter 4T

Merek oli satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Untuk motor matic sendiri castrol menawarkan beberapa pilihan yaitu Castrol Power1 Scooter 4T SAE 10W/40 SL 800 ml. Sebagai produsen oli mesin yang sudah berpenglaman, castrol menciptakan oli mesin atic yang stabil dan dapat bekerja di suhu yang tinggi. Kekentalannya juga bisa tetap terjaga ketika mesin sedang bekerja.

  1. Suzuki Genuine Oil SGO

untuk kamu yang memiliki motor matic Suzuki kamu dapat memilih oli dari standart Suzuki yaitu Suzuki Genuine oil. Oli mesin matic ini telah dibuat khusu untuk motor matic Suzuki. Dengan spesifikasi 10W-40, API SL, JASO MB. Oli mesin Suzuki ini juga sangat stabil saat digunakan di suhu tinggi tidak mengendap atau membuat korosi pada mesin.

Itulah beberapa pilihan merek oli motor matic yang dapat membantu kamu saat kebingungan memilih oli. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang dunia motor dan ingin memiliki ketrampilan mekanik kamu dapat mengikuti kursus mekanik motor. Yang akan mengajari kamu berbagai hal tentang motor matic atau motor manual biasa.