Thursday, November 26

Yuk, Kenali Macam-Macam Obat Herbal Asam Lambung Berikut

Asam lambung merupakan cairan yang berfungsi melunakkan makanan yang ada di lambung. Namun, apabila kadarnya berlebih, asam lambung akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan. Kadar asam lambung yang tinggi dapat naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, akan timbul penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease.

Penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami nyeri di bagian dada, ulu hati, mulut terasa pahit, perut tidak nyaman, hingga sulit menelan. Selain obat-obatan dari dokter, Anda juga bisa menggunakan obat herbal asam lambung. Obat herbal asam lambung ini bisa dijadikan sebagai pendamping ketika menjalani pengobatan secara medis. Berikut ulasan obat herbal asam lambung yang bisa Anda coba.

Pilihan Obat Herbal Asam Lambung

Obat herbal asam lambung sebenarnya sangat beragam. Anda bisa membuat ramuan sendiri dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar. Jika ingin menggunakan ramuan alami ini, berikut beberapa bahan yang dapat Anda gunakan.

  1. Jahe

Jahe memiliki kandungan antiradang yang sangat tinggi. Tanaman yang satu ini ccocok untuk dijadikan obat herbal asam lambung. Di dalam tanaman rimpang ini, terkandung zat anti pembengkakan dan anti nyeri. Untuk mengatasi gejala GERD, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman hangat. Anda dapat mengonsumsinya secara teratur dengan campuran madu.

  1. Akar Manis

Masalah pada sistem pencernaan dapat diredakan dengan akar manis. Akar manis atau licorice cocok sebagai peredam ketika asam lambung sedang naik. Selain itu, akar manis juga berkhasiat untuk mengatasi nyeri ulu hati.

Senyawa yang terkandung di dalamnya memang dikenal sangat optimal untuk mengurangi peradangan. Anda dapat menggunakan ekstrak akar manis agar proses konsumsinya menjadi lebih mudah dan cepat.

  1. Marshmallow

Daun serta akar dari marshmallow dapat digunakan sebagai obat gangguan pencernaan, mulai dari mengatasi sakit mag, konstipasi, peradangan lapisan lambung, hingga diare.

Bahan herbal ini juga memiliki senyawa yang bisa meredakan batuk dan melawan mikroba. Anda dapat memanfaatkan bahan berkhasiat ini sebagai obat herbal yang tepat untuk mengatasi masalah lambung.

  1. Teh Chamomile

Bunga chamomile merupakan salah satu tanaman yang mudah dijumpai di mana pun. Selain bentuknya yang indah, ternyata chamomile miliki banyak khasiat. Teh dari bunga satu ini kerap digunakan untuk meredakan asam lambung.

Nyeri perut dan ulu hati juga bisa diatasi dengan bunga ini karena dalamnya terdapat kandungan senyawa antiinflamasi. Selain itu, untuk mengatasi susah tidur, teh chamomile juga sangat bisa diandalkan.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiradang. Senyawa antiradang yang dimilikinya sangat bersahabat dengan lambung. Radang pada organ pencernaan ini merupakan pemicu utama naiknya asam lambung. Anda dapat mengolah lidah buaya menjadi berbagai macam menu, seperti dibuat jus maupun agar-agar.

  1. Pisang

Makan buah-buahan dapat menjadi salah satu cara paling mudah untuk menetralkan asam lambung. Salah satu jenis buah yang cocok dikonsumsi penderita penyakit lambung adalah pisang. Di dalam pisang, terdapat senyawa yang dapat menekan produksi asam lambung. Perut pun terasa lebih ringan. Selain pisang, Anda juga dapat mengonsumsi buah lainnya, seperti apel dan semangka.

Untuk melancarkan pencernaan, pun pisang dapat diandalkan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet sekaligus ingin mengurangi asam lambung, konsumsilah pisang secara teratur untuk bisa memperoleh kedua manfaat tersebut.

Selain obat-obat herbal di atas, Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum. Bahan makanan yang dibuat dari gandum utuh ini dapat meredakan gejala naiknya asam lambung. Karbohidrat kompleks yang dimilikinya sangat efektif untuk membuat pencernaan bekerja secara lebih optimal. Selain roti gandum, Anda juga bisa mencoba oatmeal.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Penyebab pasti mengapa kadar asam lambung dapat meningkat masih belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, ada sejumlah hal yang bisa meningkatkan risiko terkena GERD, di antaranya adalah:

  • Memiliki riwayat medis tertentu, misalnya peradangan pada dinding lambung, radang esofagus, serta perlambatan gerakan lambung.
  • Memiliki kelainan bawaan pada lambungm, bisa berupa hernia hiatus atau gastroschisis.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Terpapar infeksi bakteri pylori.
  • Kebiasaan merokok dan makan makanan instan.
  • Mengalami efek samping obat-obatan tertentu, misalnya aspirin.
  • Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan beralkohol.

Kondisi asam lambung yang naik memang memerlukan pengobatan secara cepat. Selain dengan bahan-bahan alami di atas, Anda dapat mencari obat-obatan di distributor herbal yang terpercaya.

Demikian beberapa uraian mengenai obat herbal asam lambung yang bisa Anda gunakan. Tetap jaga pola makan dan hidup sehat dan jangan lupa untuk rutin konsultasi ke dokter. Semoga bermanfaat.