Thursday, October 22

Obat Gatal untuk Bayi

Orang tua sering panik jika kulit bayi muncul ruam kemerahan atau gatal dan langsung mencari salep gatal untuk bayi. Perlu diketahui ruam merah belum berarti gatal biasa apalagi jika gatal berlangsung lama, bisa jadi itu gejala adanya penyakit kulit yang lebih serius pada bayi. Alangkah lebih baiknya segera periksakan ke dokter.

Untuk merawat gatal kulit pada bayi Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini untuk meringankan rasa gatalnya.

  1. Mandi air hangat

Air hangat dapat meringankan rasa gatal pada bayi yang efektif. Hindari sabun yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang dapat menambah kondisi kulit kering bayi dan kandungan parfum.

Usap sabun dengan hati-hati dan bilas segera. Jangan keringkan kulit dengan cara digosok, namun tepuk-tepuk perlahan kulit bayi dengan handuk lembut setelah mandi.

  1. Gunakan pelembab

Menjaga kelembaban bayi dapat membantu meringankan rasa gatal. Pelembab bayi yang baik adalah bebas pewangi, paraben, phthalate. Atau lebih mudahnya Anda bisa memilih pelembab yang berlabel hypoallergenic. Gunakan segera setelah mandi secara tipis-tipis.

  1. Salep untuk gatal

Pilih salep yang mempunyai kandungan zinc yang dapat bekerja pada kulit bayi dengan membentuk lapisan pelindung kulit dan menjaga keebaban pada kulit. Sekali lagi, jangan pilih produk yang memiliki aroma karena salep yang beraroma menyengat mengandung alkohol.

Beberapa salep mengandung hidrokortison dan steroid. Bahan itu memang efektif dan dijual bebas di apotik, namun baiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memakainya.

  1. Identfikasi pemicu gatal

Salah satu hal penting yang dapat Anda lakukan untuk gatal pada bayi adalah mencari hal-hal di lingkungan Anda yang tampaknya memicu gatal. Perhatikan kondisi lingkungan kamar bayi Anda, apakah kurang adanya ventilasi dan jendela sehingga udara dan cahaya matahri susah masuk ke kamar. Ini menyebabkan tingginya kelembaban pada kamar sehingga bisa memicu kutu, selalu cuci dan jemur secara berkala peralatan tidur bayi Anda.

  1. Gunakan humidifire untuk kamar bayi

Konstruksi rumah yang menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar menyebabkan udara di dalam rumah menjadi tidak sehat. Alat humidifire dapat membantu menyeimbangkan kelembaban di dalam ruangan.

Jika salah salah satu cara di atas tidak efektif, periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat gatal untuk bayi. Tetap jaga asupan ASI karena itu adalah obat alami terbaik untuk bayi.