Thursday, November 26

Sederhana Namun Berkesan, Yuk Simak 6 Inspirasi Model Rak Dapur Minimalis

Sebagai salah satu jantung dari rumah, keberadaan dapur berikan fungsi dan juga kesan tersendiri. Baik dari segi tatanan hingga pilihan perabot pun harus ikut dipertimbangkan untuk menyesuaikan desain rumah. Di era yang semakin modern ini, desain minimalis kerap dipilih untuk hadirkan pesona tersendiri. Di balik keserbagunaannya, perabot rak pegang peran penting dalam tampilan dapur. Tertarik? Cek model rak dapur minimalis berikut ini.

Inilah 6 Desain Atau Inspirasi Rak Dapur Dengan Desain Minimalis

  1. Menggunakan Rak Dapur Sederhana Dengan Warna Putih

 

Warna putih memiliki kesan mudah berbaur dan juga sederhana. Karena itulah desain minimalis kerap gunakan furnitur dengan warna netral ini. Dalam hal ini, model atau bentuk dari rak tidak akan terlalu menarik perhatian. Pada dasarnya, itulah tujuan utama dari penggunaan warna putih ini. Meskipun rak yang digunakan memiliki gantungan, model atau ukuran yang cukup besar, namun warna ini akan membuatnya menyatu dengan tembok dapur.

Selain itu, rak dengan warna putih juga berikan kesan yang bersih dan steril. Bahkan warna ini juga sangat mudah untuk dipadu padankan dengan berbagai macam jenis atau warna peralatan dapur. Anggap saja piring keramik putih, mug vintage berwarna emas, hingga botol wine penuh warna. Untuk modelnya sendiri, Anda bisa gunakan rak kayu horizontal simpel, rak dapur dengan gantungan untuk mug dan lap, atau rak penyimpanan di dalam tembok.

  1. Menggunakan Rak Dapur Dengan Bahan Stainless Steel

Jika Anda berkeinginan untuk memiliki dapur dengan banyak model rak, maka Anda bisa pilih yang berbahan stainless steel. Bahan baja anti karat ini cukup popular untuk dijadikan perabotan atau peralatan dapur. Karena itulah, cukup banyak model yang bisa dipilih. Mengapa harus bahan ini? salah satu alasannya adalah mudah dibersihkan dan juga memiliki banyak varian jenis dan model yang bisa dipilih.

Mulai dari rak untuk mengeringkan piring hingga rak tinggi besar untuk segala kebutuhan. Rak stainless stell dengan desain berongga sangat cocok untuk diletakkan tepat di atas pencucian atau wastafel. Model rak dapur minimalis ini bisa dijadikan tempat mengeringkan piring dan mug plus sebagai perabot untuk menggantung alat masak lainnya. Terdapat pula jenis rak dinding dengan tatakan horizontal dan juga gantungan serba guna.

Apabila Anda gunakan desain ini, Anda bisa letakkan toples, piring, panci, gelas, atau tutup di tatakan horizontal. Kemudian menggunakan hook untuk menggantung peralatan lain seperti gunting, spatula, hingga teflon. Sedangkan rak besar dengan banyak tingkat bisa digunakan untuk simpan toples penuh bumbu, menyimpan bahan makanan, atau segala peralatan masak besar. Disinyalir, bahan ini lebih kuat, cocok untuk banyak desain, dan tahan lama.

  1. Rak Dapur Segala Bentuk Berbahan Kayu

Jika ingin pilihan rak dengan tampilan lebih sederhana namun mudah berbaur, maka Anda bisa pilih perabot berbahan kayu. Selain sangat cocok untuk desain minimalis, nuansa kayu berikan kesan alami di dapur. Selebihnya, bahan ini juga cukup banyak ditemukan untuk berbagai macam jenis dan model perabotan. Anda bisa pilih desain sederhana rak kayu horizontal, rak kayu besar dengan berbagai tingkat, bahkan kotak peti kayu.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan rak minimalis dengan bahan kayu, ada baiknya untuk memilih yang terbuat dari kayu berwarna cerah. Seperti contohnya adalah kayu pinus yang memiliki kekuatan tinggi dan juga awet. Rak kayu berbahan lemari besar bisa jadi pilihan jika Anda punya banyak koleksi peralatan dapur. Tambahkan beberapa pot tanaman dengan daun besar dan berbagai peralatan dapur penuh warna agar rak tampil lebih menarik.

  1. Lemari Atau Rak Dengan Desain Tinggi Dan Ramping

Desain minimalis juga berkaitan dengan penggunaan lokasi optimal. Dalam hal lemari, penyimpanan dan model rak dapur minimalis, ada baiknya untuk pilih produk dengan desain ramping dan tinggi. Selain tampil sederhana, namun cara ini juga cocok untuk hunian dengan tempat yang terbatas. Lemari tinggi biasanya memiliki tingkatan yang bervariasi, Anda bisa pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga penempatannya.

Untuk desain ini, dimensi dan ukuran memegang peran penting. Karenanya, pastikan rak yang dipilih cocok dengan desain dan juga lokasi penempatan. Tidak hanya itu, memilih material yang tepat harus disesuaikan dengan kegunaan. Apabila Anda cenderung simpan barang pecah belah, maka gunakan produk berbahan stainless steel atau kayu. Agar berkesan lebih minimalis, gunakan desain terbuka dan berwarna netral.

  1. Rak Dan Meja Multifungsi

Kombinasi meja dapur dan rak kian hari makin banyak dicari. Secara garis besar, model ini memiliki dasar meja makan dengan permukaan yang cukup luas untuk dipakai 2 orang. Namun di bagian bawah meja atau salah satu sisinya tersembunyi rak untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Meja ini tidak hanya berfungsi untuk meja makan, namun permukaannya juga bisa digunakan untuk mempersiapkan masakan.

Selain itu, ada pula desain unik yang mengombinasikan rak penyimpanan dan meja yang dilengkapi roda. Adanya roda troli ini berikan kemudahan bagi pemilik untuk memindahkan dan juga membawa perabot ke berbagai lokasi. Bahkan tidak sedikit yang setuju, bahwa inovasi meja berjalan ini bisa jadi solusi perabot hemat ruang.  Model ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki desain interior minimalis karena lebih mengajukan fungsi.

  1. Lemari Rak Tersembunyi Dalam Kabinet

Salah satu aspek yang perlu dipahami dari desain ini adalah kemampuan untuk berbaur dan tidak menarik perhatian. Karena itulah Anda bisa memilih model rak dapur minimalis berupa lemari rak dengan pintu atau menyembunyikan rak dalam kabinet. Intinya satu, yaitu buat rak tampak menyatu dengan lingkungan. Rak berpintu bisa jadi tempat penyimpanan serbaguna, sedangkan rak dalam kabinet bisa bantu optimalkan penggunaan ruang untuk koleksi peralatan dapur.

Desain minimalis menggaris bawahi penggunaan warna neutral dan juga desain yang sederhana. Karena itulah berbagai spice rack ideas hadir dengan warna putih, menggunakan desain yang memiliki bentuk jarang, berdimensi tinggi dan ramping, atau mengombinasikan dua fungsi sekaligus. Dengan ke enam ide tersebut, Anda bisa menyesuaikan rak yang akan digunakan dengan lingkungan sekitar atau berdasarkan kebutuhan dan kegunaan.