Thursday, November 26

Panduan Kepala hingga Kaki Anda untuk Meredakan Gejala Psoriatic Arthritis

“Biasanya, gejala psoriatis arthritis terdiri dari rasa tidak nyaman, bengkak, serta sesak yang mempengaruhi persendian Anda – mulai dari persendian kecil tangan dan kaki hingga persendian besar pinggul dan juga lutut,” jelas Rochelle Rosian, MD, a rheumatologist dengan Fasilitas Cleveland di Ohio.

Namun ini bukan satu-satunya gejala yang mungkin Anda alami jika Anda mengalami peradangan sendi psoriatis. Peradangan yang terkait dengan kondisi ini dapat menciptakan berbagai tanda dan gejala yang dapat memengaruhi seluruh tubuh Anda – dari kepala hingga jari kaki. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi gejala-gejala ini sejak dini memungkinkan Anda untuk segera mendiskusikannya dengan profesional medis Anda sehingga Anda dapat menemukan terapi yang paling efektif untuk Anda. Di bawah ini adalah apa yang perlu Anda pelajari tentang tanda dan gejala peradangan sendi psoriatis, serta tindakan yang mungkin disarankan oleh profesional medis Anda untuk mengendalikannya.

Peradangan sendi psoriatis adalah penyakit autoimun inflamasi persisten yang berdampak pada 10 hingga 30 persen individu dengan psoriasis, menurut National Psoriasis Foundation (NPF).

Uveitis Dapat Memicu Sakit Mata dan Kemerahan

Psoriatic arthritis dapat memicu peradangan, kemerahan, serta ketidaknyamanan pada mata, biasanya disertai dengan frustrasi dan penglihatan kabur atau berkurang, klaim Dr. Rosian. Sekitar 7 persen orang dengan peradangan sendi psoriatis membuat uveitis, atau peradangan pada area dalam mata, menurut NPF. “Ini lebih dari sekadar mata merah atau konjungtivitis,” jelas Rosian. Uveitis dapat membawa efek yang bertahan lama, termasuk kehilangan penglihatan, jika dibiarkan tanpa pengawasan.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan penurunan mata steroid untuk membantu mengurangi pembengkakan. Jika tidak berhasil, Anda mungkin memerlukan tablet atau suntikan steroid. Kadang-kadang, imunomodulator dapat digunakan untuk mengobati uveitis. Rosian menekankan relevansi bekerja sama dengan dokter mata untuk menjaga penglihatan Anda.

Pembengkakan Tulang Belakang Dapat Menyebabkan Kekakuan

Banyak orang dengan artritis psoriatis mengalami kekakuan yang berlangsung satu jam atau lebih saat mereka bangun di pagi hari. Ketidaknyamanan biasanya dapat dikurangi dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), kata Rosian.

Kolom tulang belakang juga dapat dipengaruhi oleh peradangan arthritis psoriatis. Ini disebut spondilitis psoriatis, yang memengaruhi sekitar 20 persen penderita radang sendi psoriatis, menurut Spondylitis Association of America (SAA). Masalahnya ditentukan oleh rangsangan besar yang menjembatani, atau melebar, sendi di belakang dan juga ankylose, atau sekering, jelas Rosian. Individu dengan peradangan sendi psoriatis mungkin mengalami perpaduan lengkap dari tulang belakang, atau mungkin hanya terjadi di lokasi tertentu seperti punggung atau leher yang berkurang, klaim SAA.

Kulit Bersisik Merupakan Gejala Psoriasis

Menurut NFP, 85 persen healthida.com orang dengan peradangan sendi psoriatis pertama kali membuat tanda-tanda psoriasis pada kulit mereka. Gejala psoriasis biasa terdiri dari bercak putih keperakan atau merah pada kulit yang menunjukkan pendarahan jika terkelupas, klaim Linda Wong, MD, dokter kulit di Kaiser Permanente di California Selatan. Psoriasis juga dapat muncul di kulit wajah, tangan, kaki, kulit kepala, dan bahkan alat kelamin.

Jenis terapi dapat bergantung pada bagian tubuh mana yang terpengaruh, tetapi krim hidrokortison 1 persen yang dijual bebas dan obat resep dapat meningkatkan kualitas kulit. Mengoleskan pelembab yang tebal dan rata, seperti petroleum jelly, juga dapat meredakan tanda dan gejala, kata Dr. Wong.

Jari Bengkak dan Jari Kaki Mungkin Disebut sebagai “Digit Sosis”

Satu lagi gejala radang sendi psoriatis yang dikenal sebagai daktilitis, biasa disebut “jari sosis”. Anda mungkin mengalami peradangan dan juga bengkak hanya pada satu jari tangan atau kaki atau di semua bagian di tangan atau kaki, yang juga bisa meradang dan merah di seluruh ukuran. Sebuah evaluasi yang diterbitkan pada bulan September 2014 di World Journal of Orthopaedics mengamati lebih dari 850 penelitian tentang peradangan sendi psoriatis dan menemukan bahwa sebanyak 32 hingga 48 persen klien dengan peradangan sendi psoriatis mengalami daktilitis. “Ini karena tidak hanya sendi tetapi semua tendon dan tendon dari gambar dipengaruhi, hingga salah satu sendi paling distal di dekat kuku,” kata Rosian. NSAID dapat membantu meredakan pembengkakan dan nyeri.

Psoriatic Arthritis Dapat Meningkatkan Bahaya Kondisi Saluran Pencernaan Radang Anda

Jangan abaikan tanda peringatan seperti diare atau darah di tinja, Rosian menyatakan. Beri tahu dokter perawatan medis Anda, yang dapat bekerja dengan ahli reumatologi Anda untuk menangani masalah usus

Beberapa orang dengan penyakit psoriatis juga menghadapi risiko peningkatan kondisi saluran pencernaan inflamasi seperti Crohn atau kolitis ulserativa. Dalam analisis data dari Riset Kesehatan Perawat Terdaftar yang dirilis pada Juli 2013 di jurnal Record of the Rheumatic Condition, para peneliti di Brigham serta Rumah Sakit Wanita dan juga Harvard Medical College di Boston menemukan bahwa sebanyak 10 persen wanita itu menderita psoriasis pada awal penelitian benar-benar terjadi untuk membentuk penyakit Crohn atau kolitis ulserativa.

Enthesitis Dapat Memicu Rasa Sakit sekaligus Pembengkakan di Kaki

Peregangan ringan, mengoleskan hangat atau es, belat, serta minum obat tertentu dapat membantu mengontrol pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan, kata Rosian.

Orang dengan peradangan sendi psoriatis sering kali menyebabkan enthesitis – pembengkakan, pembengkakan, atau ketidaknyamanan yang dipicu oleh pembengkakan di lokasi di mana tendon atau tendon terhubung ke tulang. Lokasi yang biasa mungkin timbul enthesitis terdiri dari tumit (tendinitis Achilles) dan telapak kaki (plantar fasciitis).

Kuku Jari Kaki dan Kuku Jari Cacat Memenuhi Psoriatic Arthritis

Setidaknya 80 persen orang dengan peradangan sendi psoriatis pasti akan mengalami masalah kuku, menurut NPF. Kuku jari tangan dan jari kaki bisa membuat lubang atau lubang; berbeda dari alas kuku; mengentalkan; menguning atau oranye; atau terlihat cacat, kata Wong. Psoriasis kuku sulit diobati dengan obat topikal, tetapi fototerapi serta suntikan kortikosteroid langsung ke kuku dapat memperbaiki tanda dan gejala.