Wednesday, December 8

Mengenal Lebih Dekat Tanah Haram dan Isinya

Tanah Haram menjadi sebutan untuk Mekkah, Masjidil Haram, dan sekitarnya. Hal tersebut berlaku karena zona itu termasuk kawasan khusus untuk orang-orang Islam. Bahkan menurut berbagai ulama besar penyebutan Tanah Haram yang ditujukan pada Mekkah telah terabadikan  dalam Al-Quran QS At-Taubah ayat 28. Jika ditelusuri lebih jauh Anda bakal melihat bahwa pembatasan tersebut terjadi karena sejarah panjang yang menyelimutinya.

Bahkan kodrat nama Tanah Haram tidak hanya dijelaskan pada satu surat dalam Al-Qur’an. Melainkan terdapat deretan surat yang juga merujuk pada tempat yang sama. Jika tema ini difokuskan pada Mekkah. Maka akan muncul arti mendesak. Secara lebih luas diartikan mendesak orang kafir atau berbuat maksiat untuk meninggalkan kawasan tersebut. Tingkat eksklusif yang dimiliki Tanah Haram begitu masyhur hingga tempat ini seringkali disebut Rosulullah.

Bahkan beliau menerangkan bahwa Allah telah menjaganya sejak pertama kali pembentukan. Sehingga bukan sesuatu yang aneh ketika dalam melaksanakan ibadah haji ataupun umroh. Jama’ah diwajibkan mengikuti semua aturan yang diberlakukan. Bahkan sering dijelaskan bahwa haji bukan sekedar ibadah. Melainkan perjalanan ritual yang menguji keimanan.

Itu kenapa salah satu syaratnya ialah kemampuan secara fisik dan ilmu. Sedangkan bagi mereka yang melakukan pelanggaran dikenakan dam pada waktu itu juga. Tanah Haram bukan tempat biasa kekhususannya tercipta karena disini terdapat Ka’bah, Masjidil Haram, dan tempat sakral lainnya.

Pengertian Tanah Haram yang Wajib Diketahui

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Tanah Haram menjadi sebutan ekslusif untuk Mekkah, Masjidil Haram, dan lingkungan sekitarnya. Penyebutan itu tersemat karena banyaknya aturan yang tidak boleh dilanggar. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas. Rosulullah menjelaskan bahwa Allah memuliakan Tanah Haram pada haris penciptaan langit dan bumi. Disinilah kota suci yang kemuliaannya ditetapkan hingga hari Kiamat.

Kemuliaan tersebut yang kemudian membuat siapapun yang memasukinya harus menjaga sikap. Pastikan Anda mematuhi semua aturan yang diberlakukan. Hal tersebut yang kemudian mereka yang ingin menunaikan ibadah haji selalu dianjurkan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Pasalnya, haji bukan ibadah sembarangan. Selain harus beribadah dengan ketenangan hati secara penuh. Anda juga diwajibkan membelaki diri dengan kekuatan fisik.

Sebab, jamaah haji akan melakukan aktivitas yang hampir semuanya mengandalkan kemampuan fisik. Ka’bah menjadi bangunan yang sangat terjaga di Tanah Haram. Dimana setiap sudut Ka’bah terpenuhi oleh kenikmatan yang berarti untuk mereka yang mengimaninya. Saking istimewanya Allah memberikan kebaikan untuk siapapun yang memanding Ka’bah.

Bayangkan saja akan seberapa besar kasih sayang yang dilimpahkan Allah. Saat Anda mampu melakukan sholat, thowaf, dan beribadah menghadapnya? Keterangan lebih detail bisa dilihat di hasana.id. Semoga selalu diberikan kemudahan untuk beribadah kepadaNya.