Friday, July 1

Mengenal Kandungan Kulit Manggis

Kulit manggis hingga saat ini menjadi primadona untuk penunjang dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Rasanya yang tidak membosankan, perpaduan antara asam dan manis membuatnya menjadi buah yang ditunggu-tunggu saat musimnya tiba. Berbagai kandungan kulit manggis dibahas pada ulasan berikut ini.

Kandungan Kulit Manggis

  1. Xanthone

Xanthone merupakan salah satu zat antioksidan yang terkandung di dalam kulit manggis. Xanthone diketahui memiliki manfaat anti peradangan, anti kanker, anti bakteri, anti jamur, anti diabetes. Selain itu, juga diketahui memiliki manfaat melindungi hati. Xanthone memiliki 14 jenis senyawa turunan termasuk alfa-mangostin yang berkhasiat menekan pertumbuhan kanker.

  1. Tanin

Tanin merupakan salah satu senyawa anti gizi yang jika dikonsumsi mengikuti aturan memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Tanin memiliki aktivitas antioksidan yang mampu menjadi anti diare, anti hemoroid, dan mampu menghambat pertumbuhan tumor.

  1. Antosianin

Antosianin merupakan salah satu zat yang terkandung pada kulit manggis yang memiliki fungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu, antosianin juga memiliki aktivitas antioksidan yang mampu meredam radikal bebas.