Wednesday, December 8

Mengenal Berbagai Jenis Pohon Cemara 

Cemara dikenal sebagai salah satu pohon yang dapat bertahan hidup hingga ratusan tahun. Pohon ini juga dapat hidup di berbagai macam kondisi lingkungan mulai dari pesisir pantai hingga dataran tinggi. Cemara juga memiliki perawatan yang mudah sehingga banyak orang yang membudidayakan pohon ini. Selain itu, cemara memiliki banyak jenis dengan karakteristik masing – masing. Sehingga, masyarakat bisa memilih jenis mana yang ingin mereka budidayakan.

Salah satu jenis cemara yang cocok untuk tanaman hias adalah Cemara Buaya. Jenis cemara ini sering dijadikan tanaman bonsai sehingga tingginya hanya sekitar 30 cm saja. Oleh karena itu, tanaman ini cocok di tanam dengan pot dan dijadikan tanaman hias. Jenis cemara lainnya adalah Cemara Chinese Golden Tree. Seperti namanya, cemara ini memiliki warna daun yang berwarna kuning dan tidak mudah rontok. Cemara ini berasal dari Tiongkok.

Sementara itu, jenis cemara yang cocok ditanam di taman rumah adalah Cemara Udang. Seperti namanya, bentuk dari cemara ini memang memiliki bentuk mirip udang. Daun cemara ini bentuknya lancip serta memiliki batang besar. Tanaman ini asli dari Indonesia dan banyak ditemukan di Jawa Timur. Jenis cemara lainnya adalah Cemara Wangi. Seperti namanya, cemara ini memang mengeluarkan bau wangi yang khas. Tinggi maksimal dari tanaman ini adalah sekitar 10 m. Selain itu, tanaman ini juga bisa hidup di dataran tinggi maupun rendah.