Thursday, October 22

Mengenal Beberapa Manfaat Jalan Kaki untuk Bayi Sungsang

 

Sering kali kita mendengar bahwa ibu hamil dianjurkan untuk berjalan kali oleh dokter. Ada yang bilang bahwa dengan berjalan selama kehamilan, proses kelahiran bayi dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, berjalan kaki juga dapat menghindari bayi berada pada posisi sungsang di masa kehamilan. Pada umumnya, bayi akan berada di posisi dekat panggul ketika kehamilan telah memasuki trimester ketiga. Meskipun demikian, ada banyak ibu hamil yang mengalami bayi sungsang ketika trimester ketiga terjadi. Kondisi tersebut merupakan salah satu permasalahan yang banyak dijumpai oleh ibu hamil.

Bayi sungsang dapat terjadi akibat beberapa sebab. Salah satu sebab mengapa bayi dapat berada pada posisi sungsang adalah karena ruang panggul ibu yang sempit. Dengan ruang panggul yang sempit, bayi berubah posisi menjadi posisi sungsang. Bayi sungsang juga dapat terjadi akibat rahim ibu yang terlalu elastis. Bagi ibu yang belum pernah mengalami kehamilan dan memiliki rahim elastis, kesempatan bayi berada pada posisi sungsang sangatlah besar. Guna mengatasi bayi yang sungsang, berjalan kali menjadi cara terbaik yang dapat dilakukan. Dengan berjalan kaki, posisi bayi yang sungsang dapat berada pada posisi yang normal kembali. Untuk melakukan olahraga ini, ibu hamil dapat melakukannya selama 20 menit. Jalan kali sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil setiap harinya agar manfaat dari berjalan kaki dapat dirasakan oleh ibu hamil.

Selain dapat mengembalikan posisi bayi agar berada pada posisi yang normal, berjalan kaki juga dapat memberikan dampak baik bagi ibu hamil. Ibu hamil nantinya akan memiliki kesehatan jantung pernapasan yang baik. Dengan pergerakan selama berjalan kaki, posisi bayi dapat terdorong menjadi normal dan tidak berada pada posisi sungsang lagi.. Karena inilah, ibu hamil dianjurkan untuk rutin berjalan kaki sehingga persalinan dapat berjalan dengan lancar. Tidak hanya berjalan kali, ibu hamil juga dapat menghindari posisi bayi sungsang dengan cara bertelungkup menyerupai posisi sujud selama tiga menit setiap harinya. Olahraga yoga juga dapat menghindari posisi bayi yang sungsang.