Tuesday, May 11

Mengenal Antomi Pankreas

Peran pankreas yang amat penting dalam membantu fungsi pencernaan didalam tubuh tidak terlepas dari apa yang dihasilkannya. Sebagai organ yang penting, pankreas disusun oleh dua kelenjar besar yaitu endokrin dan eksokrin. Endokrin terdiri dari pulau Langerhans dan menghasilkan hormon insulin, sedangkan eksokrin menghasilkan enzim. Untuk menambah pengetahuan, simak anatomi pankreas berikut ini.

Anatomi Pankreas

Sebagai suatu organ, pankreas memiliki ukuran panjang kurang lebih 12 cm dengan lebar kurang lebih 2 cm. Organ ini terdiri dari tiga bagian yaitu:

  1. Bagian kepala, yaitu merupakan bagian yang paling besar dan lebar. Letaknya berada pada sebelah kanan rongga perut dan ada di dalam lekukan duodenum. Merupakan bagain pertama dari usus kecil
  2. Bagian badan, yaitu merupakan bagian utama dari pankreas. Letaknya yaitu berada tepat pada belakang lambung dan vertebrata lumbalis yang pertama.
  3. Bagian ekor, yaitu merupakan bagian belakang yang berbentuk paling runcing. Letaknya berada pada sisi kiri dekat dengan limpa hingga menyentuhnya.

Sekresi pankreas yang bersifat alkali atau biasa kita kenal sebagai enzim pencernaan diatur oleh hormon sekretin dan kolesistokinin yang diproduksi oleh duodenum. Adanya cairan ini maka zat-zat gizi pada makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan.