Thursday, October 22

Mengatuhi Cara menurunkan Panas Pada Bayi 7 Bulan

Ketika bayi panas atau deman, Anda sebagai orang tua pastinya merasa khawatir dan panik. Ditambah bayi Anda baru berusia 7 bulan dan menangis terus menerus. Hal tersebut tentunya membuat Anda tidak akan tega melihatnya dan merasa kebingungan. Namun, sebenarnya panas pada bayi tidak selalu menandakan masalah yang serius. Anda hanya perlu mengetahui cara menurunkan panas bayi 7 bulan.

Demam atau panas sendiri sebenarnya merupakan suatu gejala. Kondisi ini biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh si kecil sedang melawan bibit penyakit atau virus yang masuk atau terdapat di dalam tubuhnya. Demam juga bisa dianggap menjadi bukti bahwa sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik. Misalnya, demam karena efek imunisasi.

Selain itu, demam juga bisa menyerang pada bayi 7 bulan jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Bayi dianggap mengalami demam atau panas jika suhu tubuhnya antara 37,6-39,1 derajat celcius. Sebenarnya, jika bayi Anda mengalami demam, Anda dapat memberikan paracetamol atau ibuprofen pada bayi. Obat-obatan tersebut tentunya harus sesuai dengan anjuran dokter.

Namun, alangkah lebih baiknya Anda menggunakan cara-cara yang tradisional atau tanpa menggunakan obat-obatan terlebih dahulu. Hal tersebut dikhawatirkan efek samping yang terdapat dalam obat-obatan tersebut. Berikut cara menurunkan panas bayi 7 bulan yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Memberikan cairan lebih banyak

Jangan biarkan bayi Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi pada bayi justru akan menghambat turunnya panas pada bayi bahkan bisa memperparah demamnya. Anda dapat memberikan ASI secara sering pada bayi Anda. Apabila bayi Anda alergi terhadap ASI, Anda dapat mengganti ASI dengan susu formula.

 

  • Mandi dengan menggunakan air hangat

Selain memberikan cairan lebih banyak pada bayi Anda cara menurunkan panas bayi 7 bulan yang lainnya yaitu dengan memandikan bayi Anda dengan menggunakan air hangat. Memandikan bayi Anda dengan air hangat akan membuat bayi Anda merasa nyaman dan rileks. Selain itu juga hindari pakaian yang tebal untuk bayi. Hal tersebut justru akan membuat bayi tidak nyaman.