Thursday, November 26

Meja Lipat

Bagi Anda yang memiliki masalah keterbatasan ruangan tempat tinggal, meja yang dapat dilipat merupakan alternatif yang dapat digunakan. Seperti namanya, meja jenis ini dapat dilipat saat tidak digunakan. Dengan begitu, ruangan yang sempit pun tidak akan menjadi semakin sempit karena meja ini dapat disimpan saat tidak digunakan.

Meski tampaknya sederhana, meja yang dilipat hadir dalam berbagai pilihan baik dari segi material, warna, dan harga. Oleh karena itu, sebelum memilih, Anda harus menentukan meja lipat seperti apa yang diinginkan sejak awal. Dengan begitu, Anda tidak akan tergiur dengan desain meja yang bagus dan kuat, tetapi kurang sesuai dengan kebutuhan.

Tips membeli Meja yang Dapat Dilipat

Pixabay.com

Sebelum memutuskan untuk membeli meja yang dapat dilipat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pertimbangkan fungsinya

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli meja yang dapat dilipat adalah fungsi dari meja tersebut. Jenis meja ini ada yang dapat digunakan di dalam ruangan dan ada juga yang dapat digunakan diluar ruangan.

Biasanya, meja yang dapat digunakan diluar ruangan dibuat menggunakan material yang lebih tahan dari cuaca panas maupun hujan, serta lebih ringan sehingga lebih mudah dipindahkan.

Selain itu, ada juga meja yang dapat dilipat dan disimpan ketika tidak digunakan, dan ada juga yang dapat berubah fungsinya saat dilipat. Contoh meja jenis ini yang dapat berubah fungsinya adalah meja yang tampak seperti lemari penyimpanan biasa ketika tidak dipakai. Namun, saat digunakan, meja ini memiliki permukaan yang cukup lebar.

  1. Pilih yang materialnya sesuai dengan kebutuhan

Sama seperti meja lain pada umumnya, meja yang dapat dilipat pun dibuat dari bahan baku yang beragam. Bahan yang sering digunakan untuk membuat meja jenis ini adalah kayu, plastik, logam, dan papan multipleks. Namun, hal yang perlu menjadi perhatian adalah material yang digunakan pada bagian permukaan dan kaki meja.

Pada bagian kaki meja, sangat direkomendasikan untuk memilih meja yang menggunakan material logam (besi atau alumunium) dibanding kayu. Ini karena pada meja yang dapat dilipat, bagian kaki meja-lah yang dilipat.

Dari segi kekuatan, kaki meja yang menggunakan logam akan lebih kuat dibanding kaki meja yang terbuat dari kayu. Ini karena sambungan kayu yang menggunakan baut logam biasanya lebih mudah longgar. Oleh karena itu, meja yang bisa dilipat dengan kaki yang terbuat dari kayu cenderung lebih mudah rusak.

Untuk permukaan meja, sebaiknya Anda memilih yang terbuat dari kayu dibanding plastik. Ini karena material yang terbuat dari plastik akan lebih mudah tergores meski lebih mudah dibersihkan. Dengan mempertimbangkan hal ini, Anda dapat memilih permukaan meja dari kayu yang dilapisi cat duco atau HPL.

  1. Sistem pelipatan dan penyimpanan

Sebelum membeli, Anda juga disarankan untuk mempelajari sistem pelipatan dan penyimpanan meja. Hal ini penting karena ada meja yang dapat dilipat dengan mudah dan ada juga yang membutuhkan tenaga lebih untuk melipatnya.

Demi kemudahan dalam pemakaian, sangat disarankan untuk memilih meja yang dapat dilipat dengan mekanisme yang mudah. Dengan begitu, Anda tidak perlu sampai membutuhkan bantuan orang lain hanya untuk melipat meja.

Jangan lupakan kalau meja yang dapat dilipat akan sering dibuka, dilipat, dan dipindahkan. Jika setiap melipat meja Anda membutuhkan bantuan orang lain, tentunya hal ini hanya akan menyulitkan Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu memilih meja yang sistem pelipatannya kuat dan tahan lama.

  1. Garansi

Jika Anda ingin mendapatkan jaminan kualitas, Anda dapat memilih brand meja lipat yang memberikan garansi satu tahun untuk produknya. Meski begitu, produk meja yang dapat dilipat yang bagus seharusnya dapat bertahan dalam kurun waktu minimal tiga tahun.

Demi kemananan, sangat disarankan untuk memilih meja yang bergaransi. Garansi produk yang diberikan bisa berupa penggantian barang jika ada kerusakan pada produk yang digunakan secara normal.

  1. Kemudahan perawatan

Pixabay.com

Selain menentukan kekuatan dan ketahanan meja yang dapat dilipat, material juga menentukan kemudahan perawatan dari suatu meja. Perawatan yang dimaksud adalah ketahanan meja terhadap noda dan cara membersihkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari meja yang dapat dilipat dengan prosedur perawatan yang mudah sehingga tidak perlu membeli alat pembersih khusus dan tidak repot.

Selain beberapa tips yang telah disebutkan, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan standard countertop depth. Hal ini berkaitan dengan meja yang dapat dilipat untuk penggunaan dalam ruangan di mana standard countertop depth yang disarankan adalah 24–25 inci. Dengan memperhatikan strandar ini saat menggunakan meja jenis ini, Anda tidak akan merasa terlalu sesak atau sempit dalam beraktivitas.