Wednesday, September 30

Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan Saat Masa Pandemi Covid-19

Di masa pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti saat ini, banyak sekali usaha yang akhirnya gulung tikar. Terutama usaha yang berhubungan dengan hospitality seperti hotel. Dan ini juga berkaitan dengan bisnis laundry karena bisnis ini biasanya menjalin kerjasama dengan hotel.

Jika Anda juga punya bisnis laundry kiloan yang selama ini bekerjasama dengan beberap hotel atau penginapan, Anda bisa ubah cara bisnisnya. Jangan mengandalkan hotel karena hotel sekarang sudah tutup selama pandemi. Anda harus aktifkan survival mode agar Anda tetap bisa menjalankan bisnis laundry ini.

Tips Mempertahankan Bisnis Laundry di Masa Pandemi

Pixabay.com

Ada dua pilihan yang setiap pengusaha bisa lakukan di masa pandemi seperti saat ini. Yang pertama, banting setir. Ketika usaha sudah tidak lagi bisa dipertahankan, maka cara yang paling tepat adalah mengganti usaha lain. Sayangnya, memulai usaha baru dari awal bukan perkara mudah. Anda harus siapkan modal. Belum lagi Anda belum tahu pasti apakah bisnis baru Anda tersebut bakal laku atau tidak.

Opsi yang kedua adalah bertahan. Banyak kok usaha yang tetap bertahan di tengah pandemi. Tentunya mereka harus menerapkan berbagai upaya agar bisa bertahan. Inovasi harus dilakukan.

Jika Anda memilih opsi yang kedua ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memastikan bisnis laundry kiloan Anda bertahan.

  1. Tingkatkan Kebersihan

Anda harus memahami bahwasannya sekarang masyarakat parno dengan masalah kesehatan. Ini ada sisi baiknya. Sisi baiknya adalah masyarakat lebih concern mengenai masalah kesehatan. Karena ini sebagai cara yang mereka lakukan untuk memastikan mereka sekeluarga tidak terkena corona.

Untuk itu, Anda harus merespon dengan cara lebih meningkatkan kebersihan. Anda bisa sampaikan kepada pelanggan bahwa tidak hanya parfum laundry yang wangi saja yang Anda gunakan melainkan juga sabun antibakteri. Karena dengan sabun ini, jika ada virus menempel di pakaian, maka virus tersebut akan mati ketika pakaian dicuci.

  1. Berikan Layanan Antar Jemput

Di masa pandemi virus covid-19 seperti saat ini, masyarakat diimbau untuk tidak sering ke luar rumah. Dengan tujuan agar mereka tidak berisiko terkena virus corona.

Hal tersebut membuat berbagai bisnis menjalankan usaha dengan menerapkan delivery system. Lihat saja kebanyakan restoran hanya melayani delivery service saja. Jadi, makanan tidak boleh dimakan di tempat melainkan dibungkus. Dan sistem pelayanannya dengan menggunakan sistem online. Orang memesan melalui gadget lalu makanan diantar.

Hal yang sama juga bisa Anda tiru. Jadi, Anda menerapkan sistem antar jemput pakaian. Pakaian kotor Anda ambil di rumah pelanggan. Ketika pakaian sudah selesai dilaundry, pakaian Anda antar ke rumah pelanggan.

Mungkin dengan layanan ini Anda akan sedikit lebih repot. Namun, ini menjadi cara yang efektif jika Anda ingin tetap mempertahankan usaha laundry kiloan selama pandemi.

  1. Maksimalkan Media Sosial

Ada banyak sekali orang yang sekarang ini bekerja dan beraktivitas di dalam rumah. Apalagi anak sekolah harus belajar di rumah. Itu artinya setiap orang tua punya banyak pekerjaan di rumah. Kemungkinan mereka juga tidak punya waktu untuk mencuci pakaian

Ini peluang menarik, bukan? Maksimalkan media sosial Anda untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Posting konten informative, eduaktif, dan juga promosi di media sosial Anda. Jika perlu, Anda bisa budgetkan uang untuk iklan agar konten promosi Anda menjangkau lebih banyak orang.

  1. Berikan Potongan Harga

Di masa seperti saat ini, banyak orang yang harus berhemat. Karena mereka tahu ada banyak yang kena PHK. Di sisi lain, ada juga yang penghasilannya menurun disebabkan corona.

Untuk itu, Anda juga harus bisa merespon dengan cara yang cerdas. Karena masyarakat terus berusaha berhemat, tawarkan potongan harga laundry kiloan. Ini akan membuat mereka tidak akan merasa keberatan untuk menggunakan jasa laundry Anda.

  1. Buat Program Donasi

Pixabay.com

Ada banyak sekali orang yang saling membantu satu sama lain. Lihat saja banyak sekali program donasi yang diberikan untuk tenaga medis atau orang-orang yang terdampak corona.

Anda juga bisa mengadakan program seperti ini. Beritahukan kepada pelanggan bahwa ada seberapa persen dari setiap transaksi yang akan didonasikan. Ini akan mengundang orang untuk laundry di tempat Anda. Karena bukan hanya pakaian mereka bersih tapi juga mereka bisa melakuka donasi.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan agar bisnis laundry kiloan Anda tetap bertahan. Mereka yang inovatif dan adaptif di setiap kondisi lah yang mampu bertahan di tengah pandemi seperti saat ini.