Thursday, July 9

Lapangan Pekerjaan Baru

Pengangguran adalah salah satu masalah utama yang menjadi perhatian pemerintah. Semakin banyak pengangguran akan semakin memperparah kondisi perkonomian. Karena itulah masalah pengangguran harus dapat diatasi sesegera mungkin agar tidak berlarut-larut. Satu-satunya cara untuk mengurangi atau menurunkan angka pengangguran adalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Lapangan pekerjaan adalah suatu wadah yang menampung orang-orang yang bekerja. Lapangan pekerjaan juga dapat diartikan sebagai peluang bekerja yang dapat diperoleh oleh setiap orang yang ingin bekerja. Lapangan pekerjaan dapat berasal dari berbagai sektor yang ada dalam kehidupan seperti sektor pertanian, jasa dan manufaktur, dan masih banyak lagi.

Ketersediaan lapangan pekerjaan sangat dipengaruhi berbagai faktor di antaranya kebutuhan tenaga kerja serta jumlah pengangguran. Indonesia telah memasuki masa di mana sebagian besar warganya telah memasuki usia produktif.

Namun, hal ini justru menjadi permasalahan karena lapangan pekerjaan yang ada tidak mampu memberikan banyak kesempatan bagi para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan. Karena itulah angka pengangguran yang tinggi menjadi salah satu permasalahan utama yang harus segera ditangani agar kesejahteraan warga dapat ditingkatkan.

Lapangan pekerjaan dari sektor industri memang dapat menjadi tujuan bagi para pengangguran. Namun, hanya sektor industri saja tidak cukup karena kenyataannya memang tidak sedikit masyarakat Indonesia yang tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bisa masuk ke dalam sektor industri atau manufaktur.

Karena itulah dibutuhkan lapangan pekerjaan baru yang dapat menampung pengangguran dengan kemampuan yang terbatas. Salah satu lapangan pekerjaan yang dapat menjadi solusi adalah menjadi agen suatu produk.

Pengertian Agen

Agen adalah salah satu lembaga yang melakukan perdagangan dengan menyediakan barang, jasa atau fungsi khusus yang berkaitan dengan penjualan maupun distribusi barang. Namun, agen tidak memiliki hak kepemilikan terhadap barang yang diperdagangkan tersebut. Dengan kata lain, agen hanyalah perantara yang menghubungkan perusahaan induk dengan konsumen.

Selain agen, ada istilah dengan definisi atau pengertian yang hampir sama yaitu distributor. Namun, distributor dan agen adalah dua hal yang berbeda. Tidak seperti agen, distributor bekerja atas nama perusahaan sendiri sehingga memiliki hak atas pembelian, penyimpanan, penjualan serta pemasaran barang atau produk tertentu.

Ciri-ciri Agen

Agen memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan distributor yaitu sebagai berikut.

  1. Jumlah barang yang dijual

Ciri-ciri agen yang pertama yang membedakannya dengan distributor adalah jumlah barang yang dijual. Distributor yang beroperasi atas nama perusahaan membuat distributor dapat menjual barang dalam jumlah besar. Sebaliknya, jumlah barang yang dijual oleh agen biasanya lebih kecil atau lebih sedikit dibanding distributor.

  1. Wilayah pemasaran

Distributor menjual lebih banyak barang dibanding agen dan wilayah pemasarannya pun lebih luas. Berbeda dengan agen yang wilayah pemasarannya umumnya tidak begitu luas.

  1. Hanya menjual satu produk

Ciri agen yang lain adalah tidak boleh menjual produk dari pesaing. Dengan kata lain, agen hanya bisa menjual produk dari satu produsen.

  1. Tidak harus memiliki izin

Agen tidak harus berbentuk badan usaha yang artinya tidak harus pula memiliki izin badan usaha.

  1. Sistem pembelian

Pada agen, sistem pembelian barang maupun jasa dapat dilakukan dengan sistem komisi maupun beli putus.

Kelebihan dan Kekurangan Agen

Setiap tindakan usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk agen. Keuntungan yang dapat diperoleh agen yang pertama adalah potensi keuntungan yang  diperoleh cukup besar dari hasil penjualan.

Dengan kata lain, penghasilan yang dapat diperoleh dari menjadi agen pun lumayan. Selain pendapatannya yang lumayan, agen juga tidak perlu menciptakan atau membuat produk dengan merek ataubrand sendiri.

Selain kelebihan, menjadi agen juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan yang pertama adalah butuh modal yang cukup besar. Agen memang tidak selalu membutuhkan modal yang besar, tetapi umumnya Anda akan membutuhkan modal yang cukup besar untuk menjadi agen.

Agen juga harus memiliki tempat penyimpanan barang yang cukup memadai untuk menampung barang-barang yang akan dijual. Selain itu, menjadi agen juga berarti memiliki resiko menanggung kerugian jika terjadi kerusakan barang selama proses penyimpanan maupun pengiriman.

Salah satu lapangan kerja baru yang dapat dijadikan pilihan adalah dengan menjadi agen air mineral OK OCE. Air mineral ini merupakan air mineral dengan brand lokal yang diprakarsai oleh pemerintah DKI Jakarta. Sebagai salah satu produk dari pemerintah, air OK OCE diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta pelaku UMKM.

Usaha air OK OCE juga telah dirancang untuk dibuka di berbagai daerah di Indonesia sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Program ini diharapkan tidak hanya membantu masyarakat sebagai penyedia lapangan kerja tetapi juga dapat membantu masyarakat kurang mampu melalui sedekah yang disisihkan dari usaha air mineral ini.