Thursday, October 22

Makna dan Pesan Moral Lagu Heal the World

Heal the World merupakan salah satu lagu Michael Jackson yang mengusung tema tentang dunia dan kemanusiaan. Lagu ketujuh dari album Dangerous yang dirilis pada tahun 1991 ini mencermikan kondisi masyarakat dan masih relevan hingga sekarang. Lagu ini terinspirasi dari kondisi anak-anak yang tinggal di daerah konflik atau perang. Meski begitu, lagu ini juga menceritakan tentang sebuah cita-cita akan hidup yang lebih baik. Agar dapat lebih meresapi makna lagu Heal the World, mari kita simak ulasan berikut ini.

Ulasan makna lagu Heal the World

Pixabay.com

Setiap lagu pasti mempunyai arti dan maksud tertentu, tak terkecuali Heal the World. Berikut ini makna yang tersirat dalam setiap baris liriknya.

  • Bait pertama:

There’s a place in your heart

and I know that it is love
And this place could be much
Brighter than tomorrow

And if you really try

You’ll find there’s no need to cry

In this place you’ll feel

There’s no hurt or sorrow

Makna tersirat dari bait pertama menunjukkan bahwa terkadang manusia mengabaikan rasa kasih sayang antar sesama dan lebih mementingkan diri sendiri. Meski begitu, sebenarnya setiap manusia memiliki sisi penuh kasih jauh di dalam hatinya. Jika rasa kasih sayang serta ketulusan manusia terus ditumbuhkan maka keadaan akan menjadi lebih baik.

  • Bait kedua:

There are ways to get there
If you care enough for the living

Make a little space

Make a better place

Bait kedua menyerukan bahwa jalan menuju kehidupan yang lebih baik adalah dengan rasa saling peduli, menghargai dan memahami perbedaan, serta mengasihi satu sama lain. Rasa toleransi dalam bersosialisasi dapat menciptakan ruang hidup yang lebih tenteram.

  • Bait ketiga:

Heal the world

Make it a better place
For you and for me

and the entire human race

 

There are people dying

If you care enough for the living

Make a better place
For you and for me

Bait ketiga menunjukkan bahwa manusia hendaknya tidak menutup mata atas segala permasalahan dan penderitaan yang dialami orang-orang di sekitarnya. Dengan rasa saling peduli dan menyayangi, kita mampu menyembuhkan segala penderitaan dan menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih layak untuk semua orang.

  • Bait keempat:

If you want to know why

There’s a love that cannot lie
Love is strong
It only cares for joyful giving


If we try we shall see
In this bliss we cannot feel
Fear or dread
We stop existing and start living

Makna dari bait keempat adalah kebutuhan hidup paling mendasar bagi umat manusia adalah cinta. Cinta mampu menguatkan dan menghapus segala kesedihan dan kesengsaraan. Manusia hendaknya selalu berbagi cinta pada sesama.

  • Bait kelima:

Then it feels that always
Love’s enough for us growing
Make a better world

make a better world

Bait kelima menunjukkan bahwa cinta mampu mengubah dunia. Rasa cinta juga meliputi pelaksaan kewajiban dan pemenuhan hak. Apabila hak dan kewajiban terlaksana dan terpenuhi maka tidak ada lagi pertikaian.

  • Bait keenam:

And the dream we would conceived in
Will reveal a joyful face

And the world we once believed in

Will shine again in grace

Then why do we keep strangling life

Wound this earth, crucify its soul

Altahough it’s plain to see, this world is heavenly

Be God’s glow

Bait keenam menyiratkan tentang keadaan dunia yang lebih baik jika semua manusia menjaga perdamaian dan keselarasan lingkungan. Maka dari itu, segala yang diperbuat  hendaknya baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Menjaga bumi tetap sehat juga merupakan wujud syukur manusia atas anugerahNya.

  • Bait ketujuh:

We could fly so high
Let our spirits never die
In my heart I feel
You are all my brothers

Create a world with no fear
Together we’ll cry happy tears
See the nations turn their swords

into ploughshares

Bait ketujuh menunjukkan bahwa rasa persaudaraan dalam diri manusia akan menciptakan perdamaian. Setiap permasalahan hendaknya diselesaikan dengan kekeluargaan untuk menghindari pertengkaran apalagi peperangan.

Pesan moral dalam lirik lagu Heal the World

Pixabay.com

Meski terinspirasi dari anak-anak yang hidup di area konflik, lagu Heal the World tidak hanya sekedar menyuarakan tentang penderitaan. Lirik Lagu ini menyampaikan pesan bahwa setiap manusia dapat menciptakan dunia yang lebih baik jika dapat menumbuhkan rasa saling menyayangi dan menghargai. Meski berbeda ras, suku, bahasa, dan negara, manusia hendaknya saling menjaga toleransi dan memupuk rasa persaudaraan.

Melalui lagu Heal the World, Michael Jackson mencoba menyuarakan bahwa segala permasalahan dan penderitaan di dunia dapat teratasi dengan ikatan yang kuat antar sesama manusia. Manusia juga diharapkan selalu menjaga perdamaian dan menghindari pertikaian. Meski sekecil apapun usaha yang dapat dilakukan, namun bukan tidak mungkin manusia dapat membuka ruang hidup yang penuh ketentraman.

Jadi berbagilah kasih sayang pada sesama umat manusia dan jangan berhenti untuk menebar kebaikan demi masa depan dunia yang lebih baik. Untuk kita dan anak cucu kita kelak.