Thursday, July 29

Apa Beda Kondominium dan Apartemen? Simak Baik-Baik!

Beberapa tahun terakhir, apartemen banyak diminati oleh kaum urban sehingga menjadi lebih populer daripada kondominium. Lalu, apa beda kondominium dan apartemen? Kedua bangunan ini memang sekilas tampak sama, tetapi memiliki perbedaan dan keunikan masing-masing. Baik kondominium maupun apartemen, keduanya merupakan aset properti yang cukup menjanjikan.

Istilah kondominium populer di luar negeri, sedangkan masyarakat Indonesia lebih familier dengan hunian vertikal berupa apartemen atau rumah susun yang lebih ekonomis. Pangsa pasar dari apartemen dan kondominium juga berbeda, dengan cara dan sistem sewa yang berbeda pula. Hal ini perlu diketahui oleh para pelaku bisnis investasi agar bisa mengelola bisnis dengan baik dan menguntungkan.

Apa Beda Kondominium dan Apartemen?

Pixabay.com

Hunian vertikal seperti apartemen atau kondominium umumnya banyak dibangun di perkotaan untuk memenuhi kebutuhan hunian masyarakat. Lahan yang sempit membuat para pengembang atau developer berpikir cerdas untuk membuat hunian dengan konsep vertikal atau bertingkat. Dengan begitu, bangunan yang terdiri dari ratusan unit tersebut tidak akan memakan banyak lahan.

Alasan praktis dan hemat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat di daerah perkotaan, mengingat harga tanah/rumah cukup mahal. Investasi apartemen pun bisa menjadi cara mendapatkan passive income yang menjanjikan.

Namun sayangnya, masyarakat maupun investor juga masih banyak yang salah paham tentang istilah apartemen dan kondominium. Karena itu, sebelum terjun ke dunia investasi apartemen, Anda perlu tahu dulu apa beda kondominium dan apartemen, antara lain:

  1. Kondominium

Istilah kondominium dan apartemen masih dianggap sama oleh masyarakat karena sama-sama berupa bangunan bertingkat yang disewakan. Padahal, ada beberapa poin yang membedakan keduanya.

Kata kondominium atau condominium berasal dari kata con yang artinya bersama dan dominium yang artinya kepemilikan. Artinya, condominium merupakan bentuk hak guna perumahan yang memiliki akses pribadi dan akses bersama.

Akses kepemilikan pribadi yang dimaksud yaitu kamar kondominium itu sendiri. Sedangkan akses atau kepemilikan bersama berupa lorong, elevator, sistem pendingin, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, kondominium lebih menekankan pada hak guna atas bangunan, sedangkan apartemen lebih ditekankan pada kepemilikan fisik bangunan.

  1. Apartemen

Selanjutnya, pengertian apartemen adalah satuan hunian yang menempati unit atau bagian tertentu dari sebuah gedung bertingkat. Gedung apartemen bisa memiliki ratusan bahkan ribuan unit apartemen yang diambil dari sebagian kecil ruang pada bagian gedung tersebut. Apartemen itu sendiri ada banyak jenisnya, tergantung pada luasan apartemen, jumlah kamar, dan lain sebagainya.

Lalu, apa beda kondominium dan apartemen? Perbedaan antara kondominium dan apartemen sering dikaitkan dengan status kepemilikan. Apartemen biasanya dihuni dengan cara disewakan oleh pihak pengelola apartemen. Sedangkan kondominium bisa diartikan sebagai apartemen yang dimiliki oleh seseorang dan bebas disewakan kepada orang lain.

Namun, saat ini juga sudah banyak apartemen yang bisa dimiliki atau dibeli, bukan hanya disewa. Untuk memulai bisnis investasi unit apartemen, Anda perlu tahu dua istilah di bawah ini.

  • Apartemen Servis

Istilah apartemen servis sebenarnya mirip dengan hotel karena memberikan pelayanan harian atau daily service. Apartemen servis ini disewakan lengkap dengan berbagai jenis layanan yang dibutuhkan oleh penyewa. Jenis layanan juga sangat berpengaruh pada harga sewa apartemen.

  • Apartemen Sewa

Apartemen sewa merupakan jenis apartemen yang disewakan tanpa ada pelayanan harian atau daily service. Apartemen sewa lebih populer di masyarakat karena umumnya apartemen banyak digunakan oleh pekerja atau keluarga kecil yang tidak membutuhkan servis harian seperti di hotel.

Tips Investasi Bisnis Apartemen Menguntungkan

Pixabay.com

Setelah mengetahui apa beda kondominium dan apartemen pada penjelasan di atas, Anda pasti tertarik untuk bisnis investasi. Investasi pada unit apartemen belakangan ini memang cukup populer, mengingat tingginya minat dari kalangan masyarakat. Gaya hidup modern dan serba praktis membuat masyarakat kaum urban lebih suka tinggal di apartemen ketimbang di rumah yang harganya mahal.

Lantas, bagaimana strategi bisnis dan apa saja tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi investor sukses dalam bisnis investasi apartemen? Simak poin-poin berikut ini.

  • Pilih apartemen yang lokasinya strategis, dekat dengan area perkantoran dan pendidikan atau kampus.
  • Cari apartemen yang memiliki sistem keamanan yang baik untuk mendapatkan kepercayaan dari penyewa.
  • Lengkapi fasilitas interior apartemen agar harga jual atau sewanya lebih tinggi.
  • Jangka waktu sewa lebih fleksibel, bisa jangka waktu pendek maupun panjang.
  • Bisa ditawarkan sebagai lokasi shooting atau studio foto.

Nah, itulah penjelasan tentang apa beda kondominium dan apartemen yang perlu diketahui agar Anda bisa lebih maksimal dalam menjalankan bisnis investasi. Investasi apartemen bisa jadi pilihan yang tepat karena permintaan serta harga jual maupun harga sewanya terus meningkat.