Wednesday, June 23

Ketahuilah Ciri-Ciri Janin Sehat Usia 6 Bulan Agar Tenang

Usia 6 bulan kehamilan sering dikatakan sebagai akhir tri semester atau juga akhir tri wulan kedua dari suatu masa kehamilan. Pada masa ini biasanya ibu hamil akan benar-benar merasa semakin tidak sabar menyambut sang buah hati lahir ke dunia. Pada masa ini juga dikatakan bahwa kondisi ibu hamil sedang cukup nyaman, baik itu karena sudah terbiasa dengan pola hidup ketika hamil maupun karena memang tidak banyak keluhan yang dirasa.

Pada masa ini wajar kiranya jika seorang ibu hamil penasaran akan kondisi janinnya apakah sehat-sehat saja atau ada masalah. Bagi mereka yang memiliki kebebasan finansial tentu akan langsung memeriksakan kondisi kehamilan, dengan memperhatikan hal-hal seperti berikut.

  1. Bagian wajah bayi semakin terbentuk

Bagi yang kerap kali melakukan pemeriksaan USG, jelas mereka bisa melihat bagaimana wajah sang buah hati sudah mulai terbentuk di usia ini. Apabila hasil USG menunjukkan demikian maka sudah hampir bisa dipastikan kondisi janin baik-baik saja.

  1. Tendangan dan pukulan dari si janin

Pada usia kehamilan ini gerakan-gerakan dari si janin sudah benar-benar terasa sekali. Bahkan bisa dikatakan gerakan tersebut sudah menyerupai tendangan dan pukulan yang meski ringan tetapi cukup terasa bagi sang ibu.

  1. Janin kerap mengubah posisi

Perubahan posisi janin di dalam kandungan biasanya lebih mudah diketahui ketika melakukan USG. Meski bagi sebagian ibu ketika sang janin melakukan gerakan ubah posisi itu agak terasa. Aktifnya si janin bergerak seperti itu jelas tanda ia baik-baik dan sehat-sehat saja.

  1. Tumbuh kembang yang stabil setiap bulan

Pertumbuhan dan perkembangan janin setiap bulan memang penting dilakukan, karena sebagai tanda mengetahui apakah janin sehat atau tidak. Itulah mengapa banyak ahli yang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin itu.

Apabila kondisi-kondisi di atas sudah dialami oleh janin dan sang ibu yang mengandungnya, maka tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal. Pasalnya sang janin sudah memberikan tanda dengan sendirinya dari dalam bahwa ia dalam keadaan yang cukup sehat dan siap segera hadir di dunia.