Friday, September 24

Kenali Sejak Dini, Berikut Ciri Ciri Trisomi 18 Pada Si Kecil

 

Pernah mendengar Sindrom Edward? Dikenal dengan istilah trisomi 18, sindrom ini seringkali menyerang si kecil dalam kandungan. Bahkan bisa dibilang Sindrom Edward sangat membahayakan pada kehamilan, lantaran kelak bayi akan terlahir cacat. Tentunya, buah hati anda tak ingin mengalami hal semacam ini, bukan? Untuk itu, simak ciri ciri trisomi 18 berikut.

Ciri Ciri Sindrom Edward pada Si Kecil

  1. Miliki Masalah Pencernaan Sejak Lahir

Ciri pertama yang menandakan buah hati terkena Sindrom Edward yakni adanya permasalahan pada sistem pencernaannya sejak lahir. Masalah pencernaan semacam ini terjadi sebab keadaan otot perut bayi buruk akibat sindrom. Bahkan kabar buruknya lagi, si kecil nantinya mengalami masalah pencernaan seperti sembelit seumur hidupnya.

Keadaan seperti inilah yang membuat bayi menjadi lebih rewel dan tidak nyaman tatkala menyantap makanannya. Buah hati pula tidak akan bisa mengolah makanan dengan baik, serta akan merasakan kelelahan secara berlebihan. Alhasil, si kecil akan ketergantungan pada obat obatan guna melancarkan sistem pencernaannya.

  1. Alami Kelainan Fisik

Bagi si kecil yang menderita Sindrom Edward akan terlahir dengan fisik yang kurang sempurna. Tak hanya itu saja, selama masa perkembangannya juga akan terlihat jauh berbeda dibandingkan anak pada umumnya. Misalnya saja bentuk kepala yang kecil, adanya benjolan yang terdapat pada bagian ubun ubunnya, dan bentuk rahang yang lebih kecil.

Tak hanya itu saja, si kecil penderita trisomi 18 pula memiliki kelainan pada bibirnya yang terlihat sumbing, kelopak mata akan menyempit, tulang dada sangat pendek, tangan terkepal, jempol tangan yang mengarah ke belakang, dan masih banyak lainnya. Tidak semua bayi Sindrom Edward alami semua kelainan ini, terkadang hanya ada satu ataupun dua kelainan saja.

  1. Bobot Badan yang Sangat Rendah

Buah hati yang terlahir dengan kelainan sindrom trisomi 18, lazimnya akan memiliki berat badan rendah dibandingkan bayi pada umumnya. Bahkan tatkala ia menangis pun akan terlihat sangat lemah. Dimana tubuh mereka dari awal telah memiliki masalah terutama pada bagian pencernaannya, sehingga membuatnya kesusahan tatkala menyantap makanannya.

Sebelum dilahirkan, berat badan si ibu pula tidak alami kenaikan signifikan layaknya ibu hamil biasanya. Bila melihat ciri ciri trisomi 18 ini, lazimnya bayi yang terkena Sindrom Edward hanya bisa bertahan hidup selama dua hingga tiga bulan lamanya. Namun terkadang ada pula bayi yang berhasil bertahan hidup hingga satu tahun, meski harus mengalami kelainan pada fisik dan mentalnya.

Mungkin sebagian besar pasangan di dunia ini ingin memiliki  buah hati yang sehat dan bisa berkembang secara normal. Akan tetapi, terdapat kemungkinan si kecil akan alami kecacatan jika disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja pada Sindrom Edward ini yang disebabkan adanya kelainan kromosom pada janin. Meskipun begitu, anda tetap harus memberikan kasih sayang selayaknya.