Thursday, October 22

Meski Miliki Banyak Kekurangan, Berikut 5 Keistimewaan Bayi Prematur

Banyak orang yang berpikir bahwa bayi prematur merupakan bayi yang lemah dan sakit sakitan. Bagi anda yang memiliki bayi seperti ini, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Karena mereka masih bisa tumbuh secara optimal jika anda bisa merawatnya dengan benar. Tak jarang juga yang menganggap mereka memiliki banyak keterbatasan, padahal terdapat berbagai keistimewaan bayi prematur yang belum banyak diketahui oleh orang. Berikut ulasannya.

Keistimewaan yang Dimiliki oleh Bayi Prematur

  1. Hubungan dengan Orang Tua Lebih Dekat

Dilansir dari laman Healthy Children, bahwa bayi yang terlahir secara prematur dapat mengalami kesulitan untuk bernapas sehingga ia akan membutuhkan ekstra oksigen. Selain itu mereka juga mungkin tidak akan menangis sekencang bayi normal ketika lahir. Hal tersebut justru akan membuat perhatian anda bertambah kali lipat pada si kecil. Karena anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga dan memastikan kesehatannya dengan baik.

  1. Berprestasi Ketika di Sekolah

Meski terlahir secara prematur, namun sebuah studi menyatakan bahwa si kecil tetap mampu sekolah tepat pada waktunya serta menunjukkan bakatnya di sekolah. Sebagai catatannya, si kecil harus mendapatkan dukungan yang ekstra dari keluarga serta dari pihak sekolah. Hal tersebut merupakan salah satu dari keistimewaan bayi prematur. Tak lupa juga, anda harus selalu memantau setiap perkembangannya dengan baik.

  1. Memiliki Respon Otak yang Lebih Peka pada Sentuhan

Dikutip dari sebuah jurnal, mengungkapkan bahwa anak yang lahir prematur akan mengalami penurunan volume otak pada usia 7 hingga 15 tahun. Meskipun begitu, mereka memiliki keistimewaan yaitu respon otak yang lebih kuat terhadap sentuhan lembut melalui kontak fisik. Oleh sebab itu proses skin to skin sangat dibutuhkan ketika si kecil baru lahir, karena menjadi awal yang baik untuk perkembangan otak anak pada masa mendatang.

  1. Tumbuh dengan Optimal

Awalnya pasti anda merasa khawatir ketika si kecil lahir dengan tubuh yang sangat kecil. Sebenarnya anda tak perlu terlalu takut, karena bayi yang lahir prematur juga bisa tumbuh dan memiliki tinggi badan yang normal kedepannya. Dilansir dari Baby Center, mayoritas bayi prematur akan mengejar ketinggalan ukuran bayi normal seusia mereka di tahun pertama. Dengan begitu membuat tinggi badan dari si kecil prematur bisa mencapai ukuran normal seusianya.

  1. Memiliki Interaksi Sosial yang Spesial

Bayi yang terlahir prematur membutuhkan bimbingan dan dukungan orang tua dalam berbagai masalah sosial dan emosional. Dikutip dari laman Raising Children, anak prematur mungkin akan mengalami kesulitan menyesuaikan dirinya serta bersosialisasi dengan anak lainnya. Namun anda tetap bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasi mereka, dengan memberikan sebuah interaksi khusus sebagai salah satu keistimewaan bayi prematur.

Itulah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh bayi yang terlahir secara prematur. Berbagai keistimewaan tersebut harus anda pahami, agar anda tidak merasa kecewa ketika memiliki buah hati yang prematur. Ingat juga, bahwa setiap anak memiliki keunikannya masing masing dan yang paling penting tetap jaga kesehatan tubuh si kecil agar perkembangan dan pertumbuhannya berjalan dengan baik.