Wednesday, August 12

Keindahan Danau Maninjau Dibalik Cerita Legenda

Indonesia terkenal dengan banyaknya keindahan alam di berbagai wilayah. Tanah Minangkabau menjadi salah satu lokasi yang mempunyai banyak keindahan alam. Salah satu keindahan alam di Minangkabau adalah Danau Maninjau. Danau ini mempunyai pemandangan alam yang mampu memikat mata yang melihat. Akses menuju danau ini juga cukup mudah untuk dijangkau wisatawan. Danau ini selalu dipenuhi wisatawan yang ingin melihat secara langsung indahnya Danau Maninjau.

Dibalik keindahan Danau Maninjau tahukah anda bahwa danau ini menyimpan cerita legenda? Ya, Danau Maninjau ini mempunyai cerita yang cukup bermakna bagi masyarakat. Danau Maninjau sendiri merupakan danau yang terbentuk karena adanya letusan gunung berapi. Danau ini terbentuk sudah cukup lama hingga puluhan ribu tahu yang lalu. Cerita lengenda terbentuknya Danau Maninjau ini juga sangat menarik untuk diketahui semua orang.

Cerita legenda dari Danau Maninjau ini mengenai sosok bujang bernama Singiran. Legenda ini mengkisahkan sepuluh orang saudara kakak beradik dimana salah satunya mempunyai seorang gadis. Ceritanya adalah sosok Singiran dengan gadisnya tidak mendapatkan restu dari kesembilan saudara laki – lakinya. Bahkan hubungan antara kedua pasangan tersebut dianggap sudah melampaui batas norma masyarakat.

Demi membuktikan ketulusan cinta kedua pasangan tersebut maka mereka memutuskan untuk melompat ke kawah gunung Sitinjau. Jika setelah melompat gunung tidak meletus maka mereka bersalah. Namun jika setelah melompat gunung Sitinjau meletus maka mereka tidak bersalah. Ternyata setelah kedua pasangan tersebut melompat maka gunung Sitinjau pun meletus sehingga membentuk sebuah danau. Pada akhirnya danau tersebut diberi nama Danau Maninjau.

Keindahan Danau Maninjau ini bisa dinikmati dari Puncak Lawang. Melalui Puncak Lawang tersebut para wisatawan bisa lebih mudah menikmati indahnya Danau Maninjau. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang tebal. Terkadang di danau ini sangat dingin. Hawa sejuknya mampu membuat siapa saja yang datang menjadi nyaman dan betah berlama – lama di danau tersebut. Selama ada di Danau Maninjau para wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru disekitarnya.