Wednesday, January 19

Keindahan Bulu dan Suara Burung Cucak Wilis

Pernahkah kamu mendengar apa itu burung cucak wilis? Burung ini memiliki beberapa nama lain yaitu cucak rante, cucak gunung, dan cucak rengganis. Sementara itu, nama latin dari burung cucak wilis adalah Pycnonotus bimaculatus. Burung cucak wilis relatif mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, burung cucak wilis ini dikenal dengan kicauannya yang sangat merdu.

Suara burung cucak wilis memiliki karakteristik yaitu nyaring dan merdu. Sehingga, banyak orang yang memeliharanya sebagai burung peliharaan karena ingin mendengar kicauannya yang merdu. Selain itu, burung cucak wilis juga sering diikutkan ke dalam berbagai pertandingan kicau burung. Hal ini dikarenakan suaranya yang merdu dan khas.

Bagi orang yang tidak memiliki burung cucak wilis sebagai burung peliharaan, mereka bisa mendengarkan beberapa rekaman video dan suara dari kicauan burung cucak wilis. Rekaman video dan suara itu bisa diunduh di beberapa situs online. Kicauan burung cucak wilis cocok untuk didengarkan saat pagi atau sore hari.

Untuk merawat burung cucak wilis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara merawat burung cucak wilis. Selain itu, dalam perawatan burung cucak wilis, makanan merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini disebabkan nutrisi burung cucak wilis akan mempengaruhi kualitas kicauan burung cucak wilis.

 

pxhere.com

Habitat, Ciri Khas, dan Cara Perawatan Burung Cucak Wilis

Burung cucak wilis merupakan salah satu burung yang sering ditemui di Indonesia, terutama di daerah Jawa, Sumatera, dan Bali. Habitat asli burung cucak wilis adalah hutan di pegunungan atau hutan di daerah yang memiki ketinggian sekitar 3000 mdpl.

Burung cucak wilis merupakan salah satu burung yang lebih menyukai aktivitas sendiri. Burung ini lebih memilih untuk berburu secara mandiri. Akan tetapi, ada beberapa saat burung ini akan terlihat bergerombol meskipun burung ini lebih mudah ditemukan saat berburu sendirian.

Burung cucak wilis memiliki ciri khas yaitu warna bulunya yang cantik. Hal ini disebabkan ada beberapa warna bulu yang berbeda pada burung cucak wilis. Setiap bagian tubuh burung cucak wilis memiliki warna yang berbeda. Pada bagian dagu, dada, dan tenggorokan, warna bulu cucak wilis didominasi oleh warna hitam. Sementara itu, pada bagian punggung tubuh, warna bulu cucak wilis didominasi oleh warna coklat kehitaman dan campuran warna hijau.

Warna bulu burung cucak wilis pada bagian perut didominasi oleh warna putih keabuan. Sementara itu, warna jambul bulu cucak wilis adalah coklat yang dikombinasikan warna kuning pada kedua belah pipi. Warna yang paling mencolok dari burung cucak wilis adalah warna kuning di bagian ekor.

Sementara itu, burung cucak wilis memiliki ukuran tubuh yang cukup besar sekitar 20 cm. Ukuran tubuh yang cukup besar ini dipadukan dengan paruh yang tidak terlalu panjang dan ekor yang cukup panjang.

Burung cucak wilis merupakan salah satu jenis burung yang mudah dirawat. Saat berada di habitat asli, burung cucak wilis ini menyukai serangga dan buah-buahan. Oleh karena itu, kamu bisa memberinya beberapa jenis buah – buahan seperti pepaya, mangga, pisang kepok, dll. Kamu juga bisa memberikan beberapa macam serangga sebagai makanan burung ini.

Selain itu, burung cucak wilis juga menyukai air sehingga burung ini akan lebih suka saat sering mandi. Kamu bisa memandikan burung cucak wilis dengan menyemprot sprayer hingga seluruh tubuhnya basah.

Untuk meningkatkan nutrisi yang diberikan kepada burung cucak wilis, kamu bisa melatih burung ini untuk dapat makan voer. Memberikan voer secara langsung kepada burung cucak wilis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, kamu perlu trik agar burung cucak wilis mau memakan voer.

Kamu bisa mencampurkan voer ke dalam buah yang akan dimakan oleh burung cucak wilis. Hal ini akan menyebabkan burung cucak wilis familiar dengan rasa voer. Setelah mereka terbiasa memakan voer, kamu bisa memberikan voer tanpa tambahan buah atau serangga yang mereka makan.

unsplash.com

Cara Membedakan Burung Cucak Wilis Betina dan Jantan

Kicauan yang dihasilkan oleh burung cucak wilis betina dan jantan terdengar agak berbeda. Burung cucak wilis jantan memiliki suara yang lebih nyaring daripada burung cucak wilis betina. Lantas, bagaimana cara membedakan burung cucak wilis jantan dan betina?

Perbedaan pertama yang dapat dilihat secara fisik adalah pada alis mata burung cucak wilis betina dan jantan. Warna alis mata burung cucak wilis jantan adalah orange. Sementara itu, warna alis mata pada burung cucak wilis betina adalah kuning. Untuk membedakannya, kamu bisa melihat secara seksama karena perbedaan ini agak sulit untuk dilihat scara sekilas.

Kamu bisa dengan jelas melihat perbedaan burung cucak wilis betina dan jantan saat mereka dewasa. Hal ini disebabkan burung cucak wilis jantan saat masih muda juga memiliku alis mata berwarna kuning. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, warna alis mata pada burung cucak wilis jantan akan berubah menjadi orange. Saat inilah, kamu bisa membedakan burung cucak wilis jantan dan betina secara lebih mudah.