Saturday, November 26

Kandungan dan Manfaat Telur Ayam Kampung

Dari dulu hingga sekarang, masyarakat percaya bahwa telur ayam kampung dapat meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh. Telur yang dihasilkan oleh ayam kampung ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam ras lainnya. Berbeda dengan biasanya, ayam kampung dibesarkan tanpa memanfaatkan bahan-bahan kimia. Tak mengherankan jika pertumbuhan ayam kampung dirasa lebih lambat jika membandingkannya dengan ayam negeri. Telur yang berasal dari ayam kampung memiliki ukuran yang kecil dan cangkang telur yang berwarna putih. Telur jenis ini banyak digunakan sebagai bahan campuran jamu dan dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Di dalam satu butir telur ayam kampung, kita akan mendapatkan asupan vitamin A, omega 3, betakaroten, vitamin D dan lemak jenuh. Lemak jenuh yang dimiliki oleh telur ini memiliki jumlah yang sedikit. Kandungan nutrisi yang ada pada telur ayam kandung memiliki jumlah yang lebih besar dibanding dengan telur ayam negeri. Untuk kandungan betakaroten misalnya, telur yang berasal dari ayam kampung memiliki jumlah 7 kali lebih besar daripada kandungan betakaroten yang ada pada telur ayam negeri. Dengan banyaknya jumlah nutrisi yang ada, tak mengherankan jika telur ayam kampung dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Dengan kandungan vitamin D pada telur, kesehatan tulang dan kesehatan gigi dapat terjaga dengan baik. Dari kandungan vitamin D pula, kadar fosfor dan kalsium yang ada pada darah dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya baik bagi tulang, vitamin D juga dapat menjaga kesehatan kulit, mengadar kadar insulin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat dari telur ayam kampung, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Menjaga kesehatan otak

Kolin yang dikandung oleh telur dapat menjaga kesehatan otak dengan baik. Dalam kinerjanya, kolin akan membangun sel otak dimana sel nantinya mengirimkan pesan menuju ke otak. Manfaat dari kolin sendiri adalah untuk meningkatkan memori dan meningkatkan fungsi kognitif.

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Menjaga kesehatan mata
  3. Mendukung kesehatan hati