Thursday, July 9

Berbagai Macam Cara Melihat IP Komputer Secara Praktis

Internet Protocol atau IP Address merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah jaringan komputer. Ada beberapa fungsi dari IP Address yang ada pada komputer yaitu sebagai indentitas dari perangkat yang mengakses jaringan. Setiap komputer memiliki IP address yang unik dan berbeda satu sama lain. Sehingga, dengan melihat IP address maka akan terlihat komputer mana saja yang mengakses jaringan.

IP Address juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar jaringan yang digunaka. IP address secara umum bisa dibedakan menjadi dua yaitu IP yang hanya terdiri dari 6 digit angka dan IPv4 yang terdiri dari maksimal 12 angka.

IP address juga bisa melacak dimana perangkat yang digunakan untuk mengakses jaringan. Hal ini sangat bermanfaat ketika akan melacak tersangka cyber crime. IP Address juga bisa menginformasikan tentang jejak internet yang telah digunakan oleh perangkat tersebut.

Lantas, bagaimana cara agar bisa melihat IP address dengan mudah? Sebenarnya melihat IP yang ada pada komputer tidaklah terlalu sulit. Akan tetapi, bagi orang yang awam terhadap IP, melihat IP komputer bisa lebih rumit. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk melihat IP komputer dengan mudah.

Tips Melihat IP Komputer secara Mudah

Pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat IP dari sebuah komputer. Salah satunya adalah menggunakan fitur yang ada pada menu Control Panel. Untuk menggunakannya, kamu harus masuk ke menu Control Panel. Caranya, klik start Menu yang ada pada Windows. Setelah itu, masukkan kata Control Panel pada kotak pencarian. Dan klik Control Panel yang telah ditemukan.

Setelah masuk dalam menu Control Panel, kamu bisa memilih menu Network and Internet. Kemudian klik menu Network and Sharing Center. Setelah itu, pilihlah menu View Network Status and Task. Kamu aka mendapati kotak dialog yang berisikan beberapa informasi umum tentang pengaturan jaringan dan nama jaringan Wi-Fi yang kamu gunakan.

Kamu bisa memilih konek Wi-Fi yang kamu gunakan dan klik nama Wi-Fi tersebut. Setelah itu, akan muncul beberapa informasi mengenai Wi-Fi yang kamu gunakan. Pilihlah menu details yang ada pada tengah kotak dialog. Dalam menu details tersebut, kamu akan menemukan alamat IP yang kamu cari.

Kamu juga bisa menemukan IP Address komputer dengan menggunakan Command Prompt. Tool ini dapat diakses melalui dua cara. Salah satunya adalah melalui kombinasi tombol Windows + R. Kamu perlu menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Command Prompt.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan tombol Start Menu. Setelah itu, kamu bisa mengetik Run pada kotak pencarian. Maka, akan muncul kotak Command Prompt yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mengetik ipconfig pada Command Prompt tersebut. Setelah itu, klik enter. Maka akan muncul beberapa informasi yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa melihat informasi tentang alamat IP address dari Command Prompt tersebut.

Alamat IP komputer juga bisa dilihat dengan menggunakan fasilitas dari Network and Connection settings. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, kamu harus membuka pengaturan Wi-Fi. Bagaimana caranya?

Pertama, klik ikon Wi-Fi yang ada pada pojok bawah layar komputer. Setelah itu, kamu bisa klik menu Properties yang ada pada option Wi-Fi tersebut. Setelah itu, akan muncul kotak dialog mengenai Properties Wi-Fi. Carilah informasi mengenai alamat IP yang ada pada kotak Properties Wi-Fi tersebut.

Dari ketiga cara diatas, kamu bisa memilih beberapa cara yang paling mudah. Melihat pentingnya IP address, tidak ada salahnya bagi kamu untuk sesekali melihat alamat IP address yang dimiliki. Jika terjadi masalah dalam suatu jaringan, kamu bisa membuka alamat IP komputer secara mudah.

Berbagai Tips tentang Penggunaan Komputer

Pixabay.com

Dalam menggunakan komputer, seringkali masalah penggunaan timbul seperti komputer yang lambat kinerjanya serta beberapa kali mengalami not responding. Selain itu, permasalahan yang umum adalah adanya virus yang bisa saja menyerang komputer secara mendadak. Tentu kamu tidak ingin jika komputer yang berisi data-data penting kemudian terserang virus dan menyebabkan data-data tersebut hilang. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus mengetahui berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk merawat komputer.

Jika kamu belum mengetahui bagaimana caranya merawat komputer dengan benar, kamu bisa berkunjung pada website https://wasiswa.com/. Dalam website tersebut terdapat beberapa tips untuk merawat komputer dengan benar seperti menjauhkan komputer dari air, penggunaan heatsink dengan kondisi baik, hindari file yang tidak diperlukan, dll. Sehingga, kamu bisa merawat komputer dengan baik dan bekerja secara maksimal.

Website tersebut juga merekomendasikan beberapa antivirus yang bisa digunakan oleh komputer sebagai salah satu cara proteksi dari virus atau malware yang ada. Hal ini penting dilakukan apalagi pada komputer yang secara rutin mengakses internet dan berselancar di dunia maya. Setiap antivirus mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Dalam website tersebut, akan diberikan penjelasan mengenai antivirus yang sebaiknya digunakan pada komputer. Kamu akan dapat melindungi komputermu dari virus dengan mudah.