Tuesday, September 29

Prinsip Dasar Interior Rumah Jepang

Tertarik untuk membangun rumah Jepang? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Rumah Jepang terkenal dengan beberapa prinsip dasarnya. Ketika anda memperhatikan prinsip – prinsip tersebut maka anda akan lebih mudah dalam membangun rumah dengan desain rumah Jepang. Ulasan kali ini juga akan membahas mengenai prinsip dasar interior yang ada pada rumah Jepang.

Perlu anda tahu bahwa sebenarnya desain rumah Jepang mengedepankan kesederhanaan. Selain itu rumah Jepang juga memberikan nuansa yang damai dengan adanya motif budaya Jepang. Membangun rumah Jepang ini sedikit berbeda dengan membangun rumah model lainnya. Rumah Jepang mempunyai aturannya tersendiri dalam proses pembangunannya. Penasaran? Mari kita ulas lebih detail di bawah ini.

Prinsip Desain Untuk Rumah Jepang

Belakangan ini semakin banyak orang yang tertarik membangun rumah dengan berbagai macam model. Mulai dari menirukan beberapa model rumah yang sudah ada atau bahkan membuat rumah dengan desainnya sendiri. Model rumah Jepang kini juga menjadi tren tersendiri. Bagi orang yang ingin mempunyai tampilan rumah sederhana namun memberikan kesan yang menenangkan maka bisa mencoba membangun rumah Jepang. Membangun rumah Jepang ini ada beberapa prinsip yang bisa diterapkan.

Prinsip yang pertama ada taman di dalam rumah. Coba perhatikanlah beberapa rumah Jepang yang sudah ada. Di dalam rumah selalu dibuatkan sebuah taman walaupun tidak luas. Keberadaan dari taman ini mampu membuat suasana di dalam rumah menjadi lebih nyaman dihuni.

Prinsip ke dua adalah pada bagian gerbang pintu. Gerbang pintu pada rumah Jepang identik dengan tampilan yang menutup secara menyeluruh. Sehingga antara rumah dengan jalan benar – benar ada batasannya. Disini anda bisa menggunakan model pintu gerbang yang modern agar tampilannya lebih menarik.

Prinsip ke tiga adalah adanya batas privasi. Setiap ruangan yang ada pada rumah Jepang diberikan batas privasi. Batas privasi yang bisa digunakan berasal dari beton atau berbahan kayu. Adanya batas privasi ini membuat setiap ruangan akan terlihat hiduo.

Prinsip ke empat adalah atap yang lebar. Hampir semua rumah Jepang mempunyai atap yang lebar. Atap yang lebar ini sangat membantu ketika hujan air tidak akan masuk ke dalam rumah. Hal tersebut memungkinkan membuka ventilasi ketika hujan. Jadi jika anda ingin membuat rumah Jepang anda harus menyertakan atap yang lebar sebagai prinsip dasarnya.

pexels.com

Prinsip ke lima adalah beranda yang luas. Tidak semua rumah mempunyai beranda. Namun untuk rumah model Jepang ini anda harus mempunyai beranda rumah. Keberadaan beranda rumah ini juga harus luas. Prinsip dasar ini tentu harus ada di dalam rumah Jepang yang anda bangun. Tidak hanya sekedar pembatas antar ruangan saja namun keberadaan beranda ini memungkinkan cahaya daj udara masuk rumah dengan lebih maksimal.

Prinsip ke enam adalah ruangan terbuka. Rumah Jepang terkenal dengan desain ruangannya yang terbuka. Keuntungannya mempunyai ruangan terbuka adalah penghuni rumah bisa menikmati keindahan luar ruangan. Anda bisa mengambil contoh ruang keluarga dengan desain terbuka didekat taman yang ada di dalam rumah. Dengan begitu para penghuni rumah bisa menikmati keindahan taman dari dalam rumah.

Prinsip ke tujuh adalah menggunakan kayu dan bambu. Untuk menunjukan kesan yang sederhana maka bisa memilih bahan – bahan seperti bambu dan kayu. Pilih beberapa barang atau interior di dalam rumah dengan mengandung unsur bambu dan kayu. Dengan begitu nuansa rumah akan terasa lebih nyaman untuk ditempati.

Prinsip – prinsip dasar interior yang sudah dibahas di atas harus anda perhatikan. Membangun sebuah rumah Jepang memang tidak bisa asal – asalan. Tentunya anda harus memperhatikan beberapa hal tata cara membangun rumah Jepang sebelum membangunnya. Melalui prinsip di atas kini anda akan lebih mudah dalam membangun rumah ala – ala Jepang.

pexels.com

Rumah Jepang Minimalis Tapi Mewah

Bagi anda yang tidak mempunyai lahan luas maka anda bisa tetap membangun rumah Jepang ini. Anda bisa mengeluarkan ide – ide kreatif anda demi bisa menerapkan semua prinsip dasar yang ada. Misalnya tetap membangun taman di dalam rumah walaupun dengan ukuran yang kecil. Tetap membuat balkon dengan ukuran sesuai dengan lahan yang ada. Bagaimanapun juga prinsip di atas memang harus ada di dalam rumah Jepang yang akan anda buat.

Tanpa menerapkan prinsip di atas maka rumah yang anda bangun belum tentu seperti rumah Jepang yang ada. Jika anda merasa kesulitan dalam membangun rumah Jepang sesuai dengan prinsip yang ada maka anda bisa memanfaatkan home decor interior yang ada. Atau jika tidak anda juga bisa memperhatikan beberapa desain rumah Jepang yang sudah ada. Hanya mempunyai lahan yang kecil tidak lantas membuat anda tidak biasa membangun rumah Jepang ini.

Kini anda juga bisa membuat rumah Jepang yang minimalis namun berkesan mewah. Pakailah beberapa barang yang modern agar bisa menunjukan kesan mewah. Namun pada dasarnya rumah Jepang terkenal dengan prinsipnya yang sederhana. Jadi rumah Jepang memang cocok dibangun bagi anda yang ingin rumah sederhana tapi nyaman.