Thursday, October 22

Interior Ruang Makan Low Budget Untuk Generasi Milenial

 

Sejak jaman dahulu, ruang makan merupakan tempat untuk mempererat hubungan keluarga. Ketika seluruh keluarga berkumpul dalam satu meja, mereka bisa saling bertukar cerita satu sama lain. Karenanya meja makan sering juga disebut sebagai saksi hidup cerita sebuah keluarga, terutama ketika meja makan tersebut diturunkan ke anak-anaknya.

Namun seiring berjalannya waktu ruang makan menjadi ruangan yang kerap dilupakan. Lebih banyak yang memilih untuk makan di sofa depan TV karena bisa makan sambil menonton TV. Akan tetapi bila seperti itu, esensi dari sebuah ruang makan akan hilang. Oleh sebab itulah lebih baik menyediakan ruang makan dengan suasana yang nyaman, mendekorasinya agar seluruh anggota keluarga betah berlama-lama di meja makan.

Berbagai Macam Desain Ruang Makan

Untuk menarik perhatian seluruh anggota keluarga agar mau makan di meja makan bersama-sama, tentu lebih baik membuat ruang makan menjadi lebih menarik dan lebih nyaman. Karena ketika makan bersama menjadi momen berkumpul yang tidak bisa anda dapatkan kembali.

Untuk mewujudkan ruang makan impian anda, anda pasti berpikir bahwa biayanya sangat mahal. Padahal dengan memilih perabotan dan juga desain yang tepat anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Kalau anda memiliki budget terbatas pun anda tidak perlu menggunakan furniture Jepara yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Berikut adalah beberapa desain ruang makan dengan biaya rendah yang bisa anda coba sendiri di rumah.

  • Menggunakan pencahayaan alami

Dalam beberapa situasi, penampilan sebuah ruangan bisa didapatkan dari sebuah kesederhanaan. Karenanya anda bisa berkreasi dengan budget minimal. Anda tidak perlu khawatir ruangan akan terasa membosankan. Salah satunya adalah dengan menggunakan pencahayaan alami dan memilih perpaduan warna interior yang senada untuk memaksimalkan dekorasi ruangan. Dengan memberikan pencahayaan alami sebanyak mungkin, anda tidak hanya mendapatkan suasana nyaman namun juga menghemat listrik pada siang hari.

  • Sederhana dengan gaya monokrom

Banyak yang merasa khawatir dengan harga furniture yang tersedia. Kalau anda mau mencari informasi sebanyak mungkin, anda bisa mengkombinasikan furniture dengan harga yang murah namun tidak terlihat murahan. Kuncinya adalah membuat segalanya secara sederhana, tidak perlu menggunakan furniture terlalu banyak, tidak perlu menggunakan furniture dengan detail yang terlalu berat dan lain sebagainya. Gunakan desain sederhana atau minimalis dalam memilih furniture ruang makan.

  • Natural

Solusi lainnya untuk memotong biaya yang tidak diperlukan dalam mendesain ruang makan adalah dengan menggunakan barang-barang berbahan kayu alami, tidak perlu dicat warna-warni atau diberi dekorasi tambahan. Seperti pada kursi, meja makan, rak dan lain sebagainya. Namun pastikan anda melapisinya dengan cat anti rayap untuk mencegah rayap merusak furniture anda.

  • Vintage

Kalau anda memiliki barang-barang lama yang tidak anda gunakan lagi, cobalah periksa lagi. Siapa tau barang-barang tersebut cocok untuk anda gunakan sebagai pemanis ruang makan. Misalnya saja kursi lama yang sudah terlihat usang, apabila anda membersihkan dan mengecat ulang, maka akan terlihat seperti baru. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah daripada membeli kursi baru.

Memaksimalkan Ruang Makan

Untuk membuat ruang makan terasa lebih nyaman, tentu ruang makan tidak boleh terasa sempit. Bagaimana caranya membuat ruang makan terasa lebih luas daripada kelihatannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda coba untuk memaksimalkan ruang makan agar seluruh keluarga juga bisa duduk bersama dan mengobrol bersama.

  • Pintu geser

Menggunakan pintu geser akan menghemat banyak tempat, bahkan anda bisa menggunakan tempat kosong tersebut dengan meletakkan tanaman indoor yang dapat mempercantik ruangan. Tapi pastikan anda menggunakan kusen dan rel pintu yang kuat agar tidak mudah rusak, karena seperti yang anda ketahui yang namanya pintu ruang makan pasti akan sering dibuka-tutup terutama ketika jam makan telah tiba.

  • Menggabungkan 2 ruangan

Untuk melakukan efisiensi ruangan, anda bisa menggabungkan 2 buah ruangan menjadi satu. Misalnya saja dengan menggabungkan ruang makan dan dapur, dengan konsep ini anda pun bisa mendapatkan ruangan yang lebih luas. Atau anda bisa menggabungkan ruang makan dengan ruang keluarga. Untuk pencahayaan, lebih baik bergantung terhadap pencahayaan alami, jadi lebih banyak memasang jendela atau menggunakan pintu berukuran besar yang menghubungkan ruangan dalam rumah dengan halaman di belakang rumah.

  • Ruang di bawah tangga

Jika anda bosan dengan desain ruang makan yang itu-itu saja, anda bisa mencoba desain satu ini, yaitu mendesain ruang makan di bawah tangga. Jadi anda bisa menggunakan papan kayu sebagai pembagi ruangan antara 2 lantai yang mana kayu tersebut juga akan terhubung langsung dengan lantai 2 dan lemari kabinet dan juga island tablet pada dapur di lantai 1.

  • Sebelah taman

Opsi lainnya yang bisa anda pilih dengan luas hunian terbatas adalah membuat konsep open space dan minimalis yang mana bisa membuat ruang makan terasa jauh lebih luas karena anda menyediakan bukaan lebar yang akan menghubungkan ruang dalam rumah dengan halaman bagian belakang. Selagi makan anda bisa menikmati halaman belakang rumah anda dan merasakan sepoi-sepoi angin yang masuk ke dalam rumah.