Wednesday, January 19

Inilah Rumah Adat Sulawesi Utara

Seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki ragam kebudayaan yang terkenal sampai ke mancanegara. Ragam kebudayaan tersebut tak lepas dari kepulauan Indonesia yang memiliki berbagai macam suku yang berbeda. Adanya keanekaragaman suku tersebut menjadikan rumah adat yang dimiliki ada banyak sekali. Seperti halnya rumah adat di Sulawesi Utara.

Di Sulawesi Utara juga ada beberapa rumah adat yang unik. Secara spesifik terdapat dua rumah adat yang mempunyai ciri khas masing-masing.  Dua rumah adat tersebut berasal dari suku yang berbeda yang ada di Sulawesi Utara, yaitu rumah adat Bolaang Wongondow dan rumah adat Walewangko.

Rumah Adat Walewangko

Rumah adat ini disebut juga dengan rumah pewaris. Walewangko berasal dari salah satu desa yang ada di Minahasa. Walewangko mempunyai asal kata dari Wale dan bale, yang artinya tempat untuk melakukan aktivitas bersama keluarga.

Rumah adat ini mempunyai ciri khas yang ada di didepannya yaitu mempunyai  sebuah tangga. Tangga ini dipercaya untuk mengusir roh jahat. Jika roh itu akan naik masuk kedalam rumah, maka roh tersebut juga akan langsung pergi dengan menuruni anak tangga yang lain. Itulah sebabnya ada dua anak tangga yang saling berlawanan di depan rumah adat ini.

Rumah adat ini bentuknya seperti panggung,hampir sama dengan rumah adat lain. Dulunya rumah adat Walewlangko beratapkan daun rumbia, tetapi sekarang banyak yang sudah diganti dengan menggunakan seng dan tanah liat.

Rumah adat Walewlangko juga terbagi menjadi bagian depan, belakang dan kolong.  Bagian depan terdiri dari Lesar, sekay dan poles. Untuk lesar merupakan bagian depan rumah yang tidak berdinding atau bagian beranda. Sekay adalah bagian serambi rumah yang berdinding, sedangkan poles letaknya disebelah sekay yaitu tempat penerima tamu.

Bagian belakang rumah Adat Walewangko ini digunakan untuk menyimpan alat masak serta peralatan makan. Disamping itu juga terdapat loteng yang disebut dengan sodor berfungsi untuk menyimpan bahan hasil panen ataupun makanan.

Sedangkan bagian ketiga dari rumah adat ini adakah bagian Kolong. Bagian kolong digunakan sebagai tempat untuk menyimpan alat-alat pertanian.

Rumah Adat Bolaang Mongondow

Rumah adat ini mempunyai ciri khas pada bagian atap rumahnya yaitu mempunyai bentuk yang melintang dengan bubungan yang curam. Bagian rumah adat ini juga terdiri dari tiga bagian yaitu atas, bawah dan tengah. Rumah ini juga terdapat beberapa macam jenis, setiap jenis rumah mencerminkan pemilik rumah yang berasal  dari golongan bangsawan ataupun rakyat biasa.