Monday, September 28

Ibu Harus Tau, Ini Dia Tahap Perkembangan Motorik Halus Anak Pada Usia 0 Sampai 12 Bulan

Keterampilan morotik halus merupakan tindakan anak menggunakan otot-otot kecilnya, contohnya seperti otot tangan dan jari-jarinya untuk mengontrol benda dengan berbagai ukuran maupun bentuk. Keterampilan motorik halus anak dipraktekan ketika memegang suatu benda menggunakan jari telunjuk dan jempolnya. Saat anak menggunakan mulutnya untuk mencicipi rasa makanan juga merupakan bentuk keterampilan motorik halus. Ketika bayi baru lahir, otaknya belum cukup berkembang untuk mengendalikan gerakan pada tangan dan jarinya. Perkembangan keterampilan motorik ini terus berlajut siring dengan berjalannya waktu. Secara umum perkembangan motorik halus mulai dari kepala kemudian bertahap ke bagian otot lainnya. Ini berarti anak memperloleh kontrol terhadap wajah, mulut, bibir dan lidah terlebih dahulu.

Perkembangan keterampilan motorik halus ini biasanya awali dengan meningkatnya kestabilan tubuh anak seiring dengan berjalannya waktu. Selain kestabilan tubuh kognitif dan sosiologisnya juga ikut berkembang. Masa ini merupakan masa yang sangat penting pada tahap bertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini karena ia harus belajar menggunakan tangan dengan baik untuk mengontrol objek dan memperoleh kemandirian seperti makan dan berpakian sendiri.

Ketika anak masih bayi merah baru sudah memilki refleks untuk menggenggam. Seiring berjalanya waktu reflek ini akan menghilang dan tanganya akan selalu terbuka. Jangkauan pandanganya sangat dekat yaitu 20 sampai 25 cm, hanya mampu membedakan gelap dan terang serta mampu mengikuti gerak arah tangan. Di usia 2 bulan bayi dusah mampu bereaksi terhadap bunyi. Ketika sudah memasuki usia 3 sampai 5 bulan bayi mulai suka memasukan jarinya kedalam mulut, menggenggam mainan dan suka menarik rambut, pakaian atau selimut. Berlajut ke usia 6 sampai 7 bulan perkembangan motorik halus bayi sudah mulai meningkat seperti sudah mampu memindahkan mainan, memegang benda dengan tangan dan menerima benda yang diberikan kepadanya. Pada usia 8 samapi 9 bulan bayi sudah mampu membuka-buka halaman buku dan memegang benda dengan jempol dan jarinya. Ketika sudah menginjak usia 10 sampai 12 bulan bayi sudah bisa mengarahkan telunjuknya pada benda yang mereka kehendaki. Kemampuan bayi untuk memegang sesuatu juga sumakin mahir dan kuat bahkan bisa melemparkan sesuatu.