Thursday, July 29

Mempunyai Ruangan Sempit? Yuk Intip Desain Kamar Tidur Untuk Tempat Terbatas

Kamar tidur menjadi salah satu ruangan yang paling privasi dalam sebuah hunian. Sehingga, dalam pendekorasian harus mengutamakan unsur kenyamanan. Namun, mempunyai ruang tidur yang sempit pasti akan membuat kebingungan dalam mendekor, karena tidak bisa bebas meletakkan semua barang. Berikut inspirasi desain kamar tidur untuk tempat terbatas.

Inspirasi Penataan Kamar Tidur Untuk Ruangan Sempit

  1. Gunakan Sedikit Varian Warna

Salah satu ruangan paling nyaman yang terdapat dalam hunian adalah kamar tidur. Semua pasti sependapat, jika lokasi tersebut menjadi tempat terbaik untuk melepas penat setelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu, sudah sepatutnya pada area tersebut dibuat senyaman mungkin. Dalam hal ini, biasanya dihadirkan beberapa dekorasi pendukung agar tampak fungsional.

Namun, terkadang mendekorasi kamar tidur agar terkesan nyaman sulit dilakukan, terutama pada ruangan terbatas. Pasalnya, di kamar yang berukuran sempit tidak bisa bebas mengisikan berbagai jenis barang atau perabotan. Namun, masih ada cara untuk menyiasati, agar kamar tidur yang sempit tampak nyaman dan fungsional.

Langkah yang tepat untuk mengatur desain kamar tidur sempit agar tampak lebih hidup adalah dengan menggunakan permainan dekorasi kreatif, baik pada bagian dinding maupun komponen lainnya. Untuk bagian dinding, disarankan untuk menghadirkan sedikit varian warna. Dengan demikian, akan membuat tampilan kamar anda tampak lebih lapang.

Dalam hal ini, anda dapat menggunakan perpaduan warna yang netral, misalnya saja biru dengan putih. Usahakan jika kedua warna tersebut mempunyai komposisi yang seimbang serta tidak berlebihan. Anda juga dapat menggunakan satu jenis warna saja, seperti putih. Warna ini sangat cocok digunakan pada ruangan dengan ukuran terbatas.

  1. Menghadirkan Ruang Penyimpanan Yang Serba Guna

Agar kamar yang berukuran sempit tampak luas, maka anda perlu menambahkan ruangan penyimpanan. Hal ini diperlukan, supaya perabotan dalam kamar anda dapat tersusun dengan rapi. Anda dapat memanfaatkan ruangan kosong yang terdapat di bawah tempat tidur. Tambahkan beberapa kardus, keranjang, atau kotak lainnya sebagai tempat penyimpanan.

Selain itu, anda juga dapat menghadirkan perabotan multifungsi, misalnya saja tempat tidur yang lengkap dengan laci. Disamping menjadi tempat tidur, pada bagian lacinya dapat anda gunakan untuk menyimpan perabotan kamar lainnya. Agar semakin banyak tempat penyimpanan, anda bisa menambahkan rak tempel di salah satu bagian dinding kamar.

Jika memungkinkan, tak ada salahnya juga menambahkan kabin pada dinding kamar tidur. Pilih kabin dengan ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil, sehingga lebih fungsional. Adanya kabin atau lemari tempel bisa anda gunakan untuk menyimpan barang penting. Untuk contohnya, bisa anda lihat di gabdearq.com.

Apabila di dalam kamar tidur sempit terdapat lemari besar, anda dapat memanfaatkan setiap bagiannya sebagai rak buku. Tak hanya itu, membuat lemari tanam dengan pintu kayu juga menjadi pilihan tepat untuk menyiasati desain kamar tidur sempit. Dengan begitu, tempat penyimpanan akan semakin maksimal, sehingga membuat ruangan anda terlihat luas.

  1. Tambahkan Cermin Pada Kamar Tidur

Terdapat berbagai elemen dekoratif yang dapat dihadirkan, salah satunya cermin. Adanya cermin, akan semakin memberikan fungsi estetik dalam kamar tidur. Karena, elemen dekoratif tersebut mampu menghadirkan kesan lapang pada ruangan. Oleh karena itu, jika anda mempunyai kamar dengan ukuran terbatas, sebaiknya menambahkan cermin agar terlihat luas.

Disamping kesan lapang, hadirnya cermin akan membuat ruangan tampak lebih terang. Hal ini dikarenakan, pantulan cermin yang mempunyai sifat reflektif, mampu membantu penyebaran cahaya di seluruh sudut ruangan menjadi lebih maksimal. Mengingat banyaknya fungsi dari cermin, ada baiknya jika anda menghadirkan elemen dekoratif ini dalam kamar.

Agar efek yang ditimbulkan semakin efisien, maka tempatkan cermin dengan ukuran besar. Anda bisa menempelkan elemen ini pada dinding kamar ataupun meletakkan di pintu lemari pakaian. Namun, pastikan jika anda menempatkan cermin di area dinding yang sesuai, supaya manfaat dari elemen dekoratif tersebut dapat terlihat.

  1. Gunakan Konsep Kamar Mezzanine

Menyiasati desain kamar tidur sempit juga dapat dilakukan dengan menggunakan konsep mezzanine. Konsep ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai kamar sempit, namun ingin menghadirkan ruangan lain di dalamnya, misalnya tempat kerja. Dengan mengusung konsep mezzanine, anda dapat membuat lantai tambahan di dalam sebuah ruangan.

Untuk kamar yang sempit, mezzanine biasa digunakan sebagai area meletakkan tempat tidur. Sedangkan, pada bagian kosong di bawah mezzanine, anda bisa menggunakannya sebagai tempat belajar, bekerja, maupun area bersantai. Adanya mezzanine, akan membuat kamar anda terlihat lapang, sehingga dapat mengisikan berbagai perabot dekorasi yang dibutuhkan.

Namun, sebelum membuat mezzanine, anda harus memperhatikan dahulu area ruangan yang tersedia. Pastikan jika konsep ini tidak memakan banyak area dalam ruangan. Apabila area yang tersedia terbatas, maka gunakan mezzanine untuk hal tertentu saja. Selain itu, usahakan juga untuk memilih tangga yang simpel dan tidak terlalu makan tempat.

  1. Manfaatkan Bagian Dinding Dekat Jendela

Apabila ruangan anda terdapat tampilan jendela, maka untuk mengatur dekorasi kamar tidur yang sempit dapat dilakukan dengan memanfaatkan dinding pada area tersebut. Namun, usahakan setiap penempatan elemen dekorasi tidak menutupi jendela, sehingga cahaya dan sirkulasi udara dalam ruangan tidak terhalang.

Dalam hal ini, anda bisa meletakkan kasur di dekat jendela kamar. Sehingga, tempat tidur tersebut tidak berada di tengah ruangan. Sementara sisi di seberang kasur, dapat anda tempatkan meja belajar maupun rak buku. Pengaturan posisi tersebut sangat bagus untuk mendapatkan cahaya serta sirkulasi udara yang cukup saat pagi hari.

  1. Tambahkan Wallpaper Dinding

Untuk menghidupkan suasana di ruangan sempit, maka lakukan permainan dekoratif pada bagian dindingnya dengan menggunakan wallpaper dinding. Pastikan untuk memilih tema dinding dengan tampilan yang sederhana, sehingga ruangan tidak terlihat semakin sempit. Dalam hal ini, anda dapat memasang wallpaper di salah satu bagian dinding saja, misalnya dekat headboard.

Mempunyai kamar tidur dengan ukuran terbatas akan membuat siapa saja tidak dapat mendekor dengan maksimal. Namun, hal tersebut bukan menjadi halangan untuk menghadirkan kesan nyaman dalam kamar. Beberapa inspirasi penataan ruang tidur tersebut, dapat dijadikan pedoman untuk mengatur kamar dengan ukuran terbatas.